HMS Formidable (R67)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Formidable pada 3 Agustus 1942

HMS Formidable adalah kapal induk kelas-Illustriousyang dipesan Angkatan Laut Britania Raya sebelum Perang Dunia Kedua dimulai. Setelah selesai dibuat pada penghujung tahun 1940, ia sempat ditugaskan Armada Rumah sebelum dipindahkan ke Armada Mediterania sebagai pengganti saudarinya yang sudah lumpuh, Illustrious. Pesawat Formidable memegang kunci penting dalam Pertempuran Tanjung Matapan pada awal tahun 1941, dan pesawat-pesawatnya kemudian menyediakan dukungan bagi kapal-kapal Sekutu serta menyerang pasukan Poros hingga kapal induk ini rusak parah oleh pesawat pengebom tukik Jerman pada bulan Mei.

Ditugaskan ke Armada Timur di Samudra Hindia pada awal 1942, Formidable terlibat invasi Diego Suarez di Vichy Madagaskar pada pertengahan 1942 untuk menghadang serangan mendadak oleh Jepang ke Samudera Hindia. Formidable pulang ke rumah untuk melakukan perbaikan singkat sebelum berpartisipasi dalam Operasi Torch, invasi ke Afrika Utara Prancis pada bulan November. Dia tetap di bertugas Mediterania dan mendukung invasi Sisilia serta daratan Italia pada tahun 1943 sebelum menjalani reparasi yang panjang.

Formidable melakukan beberapa serangan terhadap kapal tempur Jerman Tirpitz di Norwegia pada pertengahan 1944 sebagai bagian dari Armada Rumah. Dia kemudian ditugaskan ke Armada Pasifik Britania Raya pada tahun 1945, dimana dia memainkan peran pendukung selama Pertempuran Okinawa dan kemudian menyerang target di Kepulauan Jepang. Kapal ini digunakan untuk memulangkan tahanan perang dan tentara Sekutu yang dibebaskan setelah Jepang menyerah dan kemudian mengangkut personel Britania Raya di seluruh dunia hingga tahun 1946. Dia ditempatkan di Armada Cadangan pada tahun berikutnya dan dijual untuk dibongkar pada tahun 1953.


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]