HMS Ark Royal (R07)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
HMS Ark Royal (R07).jpg

HMS Ark Royal adalah kapal induk ringan dan mantan unggulan dari Royal Navy. Dia adalah kapal ketiga dan terakhir dari kelas Invincible. Dia dibangun oleh Swan Hunters di Sungai Tyne dan diluncurkan oleh mereka pada tahun 1981. Ark Royal disebut oleh Elizabeth Bowes-Lyon. Dia mengikuti kapal HMS Invincible dan HMS Illustrious ke layanan pada tahun 1985.

Yang dikenal sebagai The Mighty Ark, dia adalah kelima kapal Royal Navy telah menggunakan nama 1.587 kapal yang mengalahkan Armada Spanyol di 1588. Awalnya ditujukan untuk diberi nama Indomitable untuk mencocokkan sisa kelas, ini berubah karena reaksi publik terhadap hilangnya nama Ark Royal setelah scrapping dari sebelumnya Ark Royal pada tahun 1980, setelah layanan 30 tahun '.

Sedikit lebih besar dari kapal kakaknya, dan dengan ski-jump ramp curam, Ark Royal membawa pesawat Harrier Jump Jet STOVL (Short Take Off dan Landing Vertikal), serta berbagai helikopter. Dengan pelengkap awak lebih dari 1.000 pelaut dan penerbang, ia melihat layanan aktif pada 1990-an Perang Bosnia dan 2003 Invasi Irak.

Awalnya dijadwalkan akan pensiun pada 2016, Ark Royal malah dinonaktifkan pada Jumat 11 Maret 2011, sebagai bagian dari bagian restrukturisasi Angkatan Laut dari 2010 Strategis Pertahanan dan Keamanan. Setelah Ark Royal ini dekomisioning HMS Albion diganti sebagai Royal Navy unggulan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Hobbs, David; Smith, David (1986). Ark Royal – The Name Lives On. Liskeard, Cornwall: Maritime Books. ISBN 0 907771 28 9.