Gustáv Husák

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gustav Husák)


Gustáv Husák
Husák pada 1980an
Sekretaris Pertama Partai Komunis Cekoslovakia
Masa jabatan
17 April 1969 – 17 Desember 1987
Presiden Cekoslowakia
Masa jabatan
29 Mei 1975 – 10 Desember 1989
Sebelum
Pengganti
Václav Havel
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir(1913-01-10)10 Januari 1913
Dúbravka, Hungaria, Austria-Hungaria
Meninggal18 November 1991(1991-11-18) (umur 78)
Bratislava, Cekoslowakia[1]
MakamCimetière de Dúbravka, Bratislava
Partai politikPartai Komunis Cekoslowakia
Suami/istri
Magda Husáková-Lokvencová
(m. 1938; c. 1967)
Viera Husáková-Čáslavská
(m. 1975; meninggal 1977)
Anak2, Vladimír (*1944) and Ján (1946 - 2004)
Alma materUniversitas Comenius
Tanda tangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Gustáv Husák (pengucapan bahasa Slowakia: [ɡustaːu̯ ɦusaːk]; 10 Januari 1913 - 18 November 1991) adalah seorang politikus Slowakia, Sekretaris Jenderal Komite Sentral Partai Komunis Cekoslowakia (1969-1987) dan Presiden Republik Sosialis Cekoslowakia (1975 - 1989). pemerintahannya dikenal sebagai periode yang disebut "Normalisasi" setelah Musim Semi Praha.

Masa muda[sunting | sunting sumber]

Gustáv Husák lahir sebagai anak dari seorang pekerja menganggur di Pozsonyhidegkút, Pozsony County, Kerajaan Austria-Hungaria (sekarang bagian dari Bratislava, Slowakia sebagai Dubravka). Ia bergabung dengan Pemuda Uni Komunis pada usia enam belas sementara belajar di sekolah dasar di Bratislava. Pada tahun 1933, ketika ia mulai studinya di Fakultas Hukum Universitas Comenius di Bratislava, ia bergabung dengan Partai Komunis Cekoslowakia (KSC) yang dilarang dari 1938 ke 1945. Selama Perang Dunia II ia berkala dipenjara oleh pemerintah fasis Slowakia, Jozef Tiso untuk kegiatan komunis ilegal, dan dia adalah salah satu pemimpin dari Perlawanan Nasional Slowakia 1944 melawan Nazi Jerman dan rezim Tiso. Husák adalah anggota Presidium Dewan Nasional Slovak dari 1 September 5 September 1944.

Setelah perang, ia memulai karier sebagai seorang pejabat pemerintah di Slowakia dan fungsionaris partai di Cekoslovakia. Dari tahun 1946 sampai 1950, ia bertindak sebagai Perdana Menteri Slowakia, dan karena itu ia sangat berkontribusi pada likuidasi Partai Demokrat Slowakia. pihak yang telah mengambil 62% pada tahun 1946 pemilu di Slowakia, sehingga menunda pengambilalihan Komunis Cekoslowakia oleh dua tahun.

Pada tahun 1950, ia menjadi korban pembersihan pimpinan partai Stalinis, dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, menghabiskan tahun-tahun 1954-1960 di Penjara Leopoldov. Sebuah Komunis yakin, dia selalu melihat penjara sebagai kesalahpahaman kotor, yang secara berkala menekankan di beberapa surat banding yang ditujukan kepada pimpinan partai. Hal ini juga diketahui bahwa pemimpin partai dan presiden Antonin Novotny berulang kali menolak untuk mengampuni Husák, meyakinkan teman-temannya bahwa "Anda tidak tahu apa yang dia mampu jika ia datang ke kekuasaan".

Sebagai bagian dari periode De-Stalinisasi di Cekoslowakia, keyakinan Husák ini terbalik dan keanggotaan partainya dipulihkan pada tahun 1963. Pada tahun 1967 ia telah menjadi seorang kritikus Novotný dan kepemimpinan neo-Stalinis KSC ini. Pada bulan April 1968, selama musim semi Praha di bawah pemimpin partai baru dan rekan Slowakia Alexander Dubček, Husák menjadi wakil perdana menteri dari Cekoslowakia, yang bertanggung jawab untuk mengawasi reformasi di Slowakia.

Memimpin Cekoslowakia[sunting | sunting sumber]

Saat Uni Soviet semakin khawatir dengan reformasi liberal Dubček pada tahun 1968 (Musim Semi Praha), Husák, awalnya sekutu Dubček dan pendukung program reformasi yang moderat, mulai menyerukan kehati-hatian. Setelah Soviet menginvasi Cekoslowakia pada bulan Agustus, Husák berpartisipasi dalam negosiasi Cekoslowakia-Soviet antara Dubček yang diculik dan Leonid Brezhnev di Moskow. Husák mengubah arah dan menjadi pemimpin di antara anggota partai yang menyerukan pembalikan reformasi Dubček. Akun untuk pragmatisme nya diberikan dalam salah satu pidato resminya di Slovakia setelah peristiwa 1968, di mana dia mengajukan pertanyaan retoris, menanyakan di mana lawan Uni Soviet ingin menemukan sekutu Cekoslowakia yang mungkin datang untuk mendukung negara itu. pasukan Soviet.

Didukung oleh Moskwa, ia diangkat sebagai pemimpin Partai Komunis Slowakia pada awal Agustus 1968, dan ia menggantikan Dubček sebagai sekretaris pertama (gelar diubah menjadi sekretaris jenderal pada tahun 1971) Partai Komunis Cekoslowakia pada April 1969. Ia membalikkan jabatan Dubček reformasi dan membersihkan partai dari anggota liberalnya pada tahun 1969–1971. Pada tahun 1975, Husák terpilih sebagai Presiden Cekoslowakia. Selama dua dekade kepemimpinan Husák, Cekoslowakia menjadi salah satu sekutu Moskow yang paling setia.

Pada tahun-tahun pertama setelah invasi, Husák berhasil menenangkan penduduk sipil yang marah dengan memberikan standar hidup yang relatif memuaskan dan menghindari pembalasan terbuka seperti yang terjadi pada tahun 1950-an. Rezimnya tidak sepenuhnya kembali ke Stalinisme tangan besi yang berlaku selama 20 tahun pertama pemerintahan Komunis di negara itu. Pada saat yang sama, hak-hak rakyat agak lebih dibatasi daripada kasus di Hungaria era János Kádár dan Yugoslavia era Josip Broz Tito. Memang, pada tingkat budaya tingkat represi mendekati yang terlihat di Jerman Timur era Erich Honecker dan bahkan Rumania Nicolae Ceauşescu. Ada kampanye represi oleh polisi rahasia (StB) yang menargetkan para pembangkang yang kemudian diwakili oleh Piagam 77 serta ratusan orang tak dikenal yang kebetulan menjadi sasaran serangan pre-emptive StB. Penindasan meningkat selama bertahun-tahun karena Husák menjadi lebih konservatif.

Mulai awal 1970-an, Husák mengizinkan mereka yang telah disingkirkan setelah Musim Semi Praha untuk bergabung kembali dengan partai. Namun, mereka diminta untuk secara terbuka menjauhkan diri dari dukungan reformasi mereka di masa lalu.

Bagian terakhir dari masa jabatan Husák melihat perjuangan di dalam Politbiro tentang apakah akan mengadopsi reformasi gaya Gorbachev. Sementara kelompok garis keras, yang dipimpin oleh Vasiľ Biľak, menentang restrukturisasi apapun, kelompok moderat yang dipimpin oleh Perdana Menteri Lubomir Strougal sangat mendukung reformasi. Husák sendiri tetap netral sampai April 1987, ketika dia mengumumkan program reformasi yang agak setengah hati yang dijadwalkan dimulai pada tahun 1991.

Belakangan tahun itu, bagaimanapun, Husák menyerahkan jabatannya sebagai sekretaris jenderal kepada Miloš Jakeš sebagai tanggapan atas keinginan para pemimpin yang lebih muda (Jakeš dan Ladislav Adamec) untuk berbagi kekuasaan.

Pada 24 November 1989, seluruh Presidium Partai Komunis, termasuk Husák, mengundurkan diri setelah Revolusi Beludru. Partai tersebut secara resmi melepaskan kekuasaan empat hari kemudian. Pada 10 Desember, Husák mengambil sumpah pemerintahan baru. Meskipun dipimpin oleh seorang komunis, Marián Čalfa, ia memiliki mayoritas non-komunis—yang pertama dalam 41 tahun yang tidak didominasi oleh komunis dan/atau sesama pelancong. Dia mengundurkan diri hari itu juga, hanya beberapa jam setelah memimpin akhir resmi dari rezim yang sebagian besar telah dia ciptakan. Dalam upaya putus asa untuk merehabilitasi citranya menjelang pemilu bebas pertama dalam 44 tahun, Partai Komunis memecatnya pada Februari 1990.

Dia meninggal pada 18 November 1991, pada usia 78 tahun, dan dimakamkan di Cimetière de Dúbravka.

Warisan[sunting | sunting sumber]

Masih ada pertanyaan tentang tanggung jawab moral Husák selama dua dekade terakhir pemerintahan Komunis di Cekoslowakia. Setelah keruntuhannya, Husák terus mengatakan bahwa dia hanya mencoba untuk mengurangi akibat dari invasi Soviet dan harus terus menerus melawan tekanan dari garis keras Stalinis di partai seperti Biľak, Alois Indra dan sejenisnya. Memang benar bahwa pada awal 1970-an, dia secara pribadi mendorong penarikan awal pasukan Soviet dari wilayah Cekoslowakia, yang baru terjadi pada tahun 1991; ini mungkin berasal dari upaya pragmatisnya untuk meredakan situasi dan memberi kesan bahwa segala sesuatunya condong ke "normalitas".

Namun, ada banyak fakta tak terbantahkan yang menghukumnya atas kontribusi pribadinya yang besar terhadap sifat rezim. Sebagai Sekretaris Jenderal Partai, dia mampu dan mau mengendalikan aparatur negara yang represif. Ada banyak kasus banding yang terdokumentasi dari orang-orang yang dianiaya secara politik, tetapi hampir tidak ada yang mendapat perhatian Husák. Karena kerusakan keseluruhan masyarakat Cekoslowakia menjadi semakin jelas pada 1980-an, Husák menjadi boneka peristiwa yang impoten secara politik.

Namun, ada banyak fakta tak terbantahkan yang menghukumnya atas kontribusi pribadinya yang besar terhadap sifat rezim. Sebagai Sekretaris Jenderal Partai, dia mampu dan mau mengendalikan aparatur negara yang represif. Ada banyak kasus banding yang terdokumentasi dari orang-orang yang dianiaya secara politik, tetapi hampir tidak ada yang mendapat perhatian Husák. Karena kerusakan keseluruhan masyarakat Cekoslowakia menjadi semakin jelas pada 1980-an, Husák menjadi boneka peristiwa yang impoten secara politik.

Gustáv Husák menganugerahi dirinya sendiri gelar Pahlawan Republik Sosialis Cekoslowakia sebanyak 3 kali, pada tahun 1969, 1973, 1982. Pada tahun 1983 ia dianugerahi gelar Pahlawan Uni Soviet.[2]

Husák diduga mengaku kepada seorang pendeta Katolik sebelum kematiannya, yang sebelumnya adalah seorang ateis.[3] Di ranjang kematiannya pada tahun 1991, Husák kemudian menerima sakramen rekonsiliasi dari seorang uskup agung Katolik, Ján Sokol.[4][5] Namun, penulis Michal Macháček berpendapat bahwa kisah pengakuan itu salah, dan merupakan produk propaganda Katolik.[6]

Penghargaan dan kehormatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Saxon, Wolfgang (19 November 1991). "Gustav Husak, Czechoslovak Leader, Dies at 78". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-12. Diakses tanggal 2022-12-26. 
  2. ^ (dalam bahasa Rusia) Biography Diarsipkan 2012-02-07 di Wayback Machine. at the website on Heroes of the Soviet Union and Russia
  3. ^ "When Christianity becomes a crime". Catholic Herald. 9 June 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-09-22. Diakses tanggal 2022-12-26. 
  4. ^ "Former Soviet boss Gorbachev denies conversion to Christianity". 4 April 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-26. Diakses tanggal 2022-12-26. 
  5. ^ "EX-CZECH LEADER GUSTAV HUSAK DIES – The Washington Post". The Washington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-03-04. Diakses tanggal 2022-12-26. 
  6. ^ Fresh Services, s r o. "Gustáv Husák | iVyšehrad.cz". www.ivysehrad.cz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-29. Diakses tanggal 2022-12-26.