Gusli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gusli

Gusli adalah sebuah alat musik dawai tertua dari Slavia Timur, milik keluarga sitar, karena senar-senarnya sejajar dengan papan resonansi. Akarnya terletak di Veliky Novgorod di Novgorodian Rus '. Ini mungkin memiliki hubungan dengan bentuk Bizantium dari kythare Yunani, yang pada gilirannya berasal dari kecapi kuno, atau mungkin telah diimpor dari Eropa Barat dan Tengah selama Abad Pertengahan, ketika sitar memiliki popularitas yang sangat besar.

Gusli adalah salah satu alat musik tertua yang memainkan peran penting dalam budaya musik Rusia. Vertkov menyatakan bahwa yang pertama menyebutkan tanggal Gusli kembali ke 591 M untuk risalah oleh sejarawan Yunani Theophylact Simocatta yang menggambarkan instrumen yang digunakan oleh Slavs dari daerah kerajaan Kievan Rus kemudian. Namun, tidak jelas instrumen apa yang dimaksud dengan kata itu, karena di Slavik Lama atau Rusia Lama "gusli" digunakan untuk merujuk pada instrumen dawai. Gusli yang terdokumentasi pertama tercatat pada tahun 1170 di Veliky Novgorod di Novgorodian Rus '.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Findeizen, Nikolai (2008-02-07). History of Music in Russia from Antiquity to 1800 (dalam bahasa Inggris). Indiana University Press. ISBN 9780253026378. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]