Muhammad Haris (dokter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gus dr. Haris)

dr. Muhammad Haris, M.Kes.
Gus dr. Haris.jpg
LahirMuhammad Haris
27 September 1974 (umur 48)
Indonesia Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
KebangsaanIndonesia
Nama lainGus dr. Haris
AlmamaterUniversitas Islam Sultan Agung
PekerjaanDokter, pengusaha
Tahun aktif2007 - sekarang
TelevisiTV9 Nusantara
Suami/istri
  • Ning Adelin (Istri Pertama)
  • Ning Marisa Juwita Sari (Istri Kedua)
  • Ning Manik Lingkar Katulistiwi (Istri Ketiga)
Kerabat

Gus H. dr. Muhammad Haris, M.Kes. atau yang dikenal Gus dr. Haris (lahir 27 September 1974) adalah dokter, aktor film dan pengusaha serta filantropis berkebangsaan Indonesia. Ia juga seorang tokoh pendakwah milenial[1] dan dikenal salah satu Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong, Probolinggo,[2] Jawa Timur.[3] Ia lahir dari keluarga Pesantren pasangan al-Mursyid KH. Mohammad Damanhuri bin K.H. Muhammad Romly bin KH. Tamim Irsyad Pondok Pesantren Darul 'Ulum (Rejoso) Jombang Jawa Timur dan Nyai Hj. Diana Susilowati binti K.H. Hasan Saifourridzal bin al-Arifbillah asy-Syaikh Haji al-Syarif Muhammad Hasan bin Syamsuddin bin Qoyiduddin Al Qodiri Al Hasani Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Pada Sabtu, 17 Desember 2022 Gus dr Haris mendapat "Anugerah NUConomic 2022" kategori Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren dari Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Jawa Timur (LPNU Jatim)[4]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Tahun Sinetron Peran Rumah Produksi
2016 Lima Titipan Ilahi Gus Nur Crazcomp Cinema Makmur

Citra Pribadi[sunting | sunting sumber]

Gus dr. Haris dengan Thanos Kuda Pacu miliknya

Selain dikenal sebagai ulama milenial, Dokter yang juga influencer ini sangat dikenal akibat postingan yang menggunakan kuda, motor gede, Dan Mobil Offroad. Penampilannya Yang nyentrik ini membuat ia banyak dibahas di media sosial.[5]

Foto Gus dr. Haris bersama Mobil Offroad Miliknya

Filantropi[sunting | sunting sumber]

Gus dr. Haris dianggap sebagai salahtu tokoh bisnis Dari kalangan Pesantren dengan kekayaan bersih Penurunan US$2,3 miliar (Januari 2022) Dengan kantor pusat Yang berkedudukan di Genggong, ia merupakan pemilik Damanhuri Group yang bergerak di bidang Property ,hospitals, Ritel. Dan kepemilikan saham Di Stasiun Televisi Sembilan Surabaya bersama pamannya KH. Hasan Mutawakkil 'Alallah. Ia dianggap sebagai salahsatu Kiai Terkaya. Ia juga terlibat Dalam kepemilikan saham Di PT. Exxon Mobil Indonesia dengan PT Indomobil Prima Energi Dalam pendirian SPBU (anak usaha Salim Grup).

Gus dr. Haris mulai menghargai harapan masyarakat terhadapnya ketika opini publik terus menyatakan bahwa Ia mampu menyumbangkan sebagian kekayaannya untuk amal. Gus dr. Haris mempelajari karya Andrew Carnegie dan John D. Rockefeller, dan sejak 1994 ia dan keluarganya menyumbangkan sebagian hartanya di yayasan bina asih anak yatim Arrahman atau Arrahman foundation yang berkedudukan di Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "radarbromo.jawapos.com: Cerita Gus Haris Berdakwah dengan Cara Bermusik: Sudah Ciptakan 25 Lagu". radarbromo.jawapos.com. Diakses tanggal 2022-20-03. 
  2. ^ "timesindonesia.co.id: Terpilih Aklamasi, Gus Haris Jadi Nakhoda Baru HKTI Kabupaten Probolinggo". timesindonesia.co.id. Diakses tanggal 2022-20-03. 
  3. ^ "Campusnesia.co.id: Gus Haris, Putra Pengasuh Pondok Genggong yang Berdakwah dengan Musik". surabaya.inews.id. Diakses tanggal 2022-20-03. 
  4. ^ "jatim.antaranews.com: Gus Haris raih penghargaan "Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren" dari LPNU Jatim". jatim.antaranews.com. Diakses tanggal 2022-17-12. 
  5. ^ "radarbromo.jawapos.com: gus haris dan hobi koleksi motor tua komunitas sebagai syiar agama". radarbromo.jawapos.com. Diakses tanggal 2023-26-01. 

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Yaqin, Ainul. dkk. (2005). Kiai Hasan Saifourridzall, Probolinggo: Genggong press

Pranala luar[sunting | sunting sumber]