Guo Shengtong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Guo Shengtong
Permaisuri Dinasti Han Timur
Berkuasa26–41
AyahGuo Chang, Markis Si dari Yin'an
PasanganKaisar Guangwu dari Han (m. 24)
AnakLiu Qiang, Pangeran Gong dari Donghai
Liu Fu, Pangeran Pei
Liu Kang, Pangeran An dari Jinan
Liu Yan, Pangeran Ji dari Fuling
Liu Yan, Pangeran Jian dari Zhongshan

Guo Shengtong (郭聖通; †52 M) merupakan seorang permaisuri pada masa Dinasti Han Timur. Dia adalah permaisuri pertama Kaisar Guangwu (Liu Xiu), pendiri Han Timur. Dia kehilangan dukungan suaminya dan digulingkan pada tahun 41. Namun, dia dan keluarganya terus dihormati bahkan setelah dia digulingkan.

Latar belakang keluarga dan pernikahan ke Liu Xiu[sunting | sunting sumber]

Guo Shengtong berasal dari keluarga yang kaya raya. Ayahandanya Guo Chang (郭昌) adalah pemilik tanah utama di Komanderi Zhending (真定, kira-kira modern Shijiazhuang, Hebei). Ibundanya adalah seorang putri Liu Pu (劉普), Pangeran Gong dari Zhending—seorang pangeran keturunan dari wangsa kekaisaran Han Barat, sebagai keturunan generasi keenam Kaisar Jing, dan dia membawa gelar kehormatan Lady. Setelah kematian kakek maternal Guo pada tahun 7 SM, pamandanya Liu Yang (劉楊) mewarisi kerajaan. Ketika Wang Mang merebut takhta Han, ia diturunkan pangkatnya menjadi adipati, dan tahun berikutnya diturunkan menjadi orang biasa.

Pada sekitar tahun 23, Dinasti Xin Wang Mang runtuh, Liu Yang bangkit dalam pemberontakan dan, karena keluarganya memiliki otoritas turun-temurun di Zhending, orang-orang mengikutinya, dan ia merebut kembali gelar Pangeran Zhending. Dia menjadi kekuatan regional di kerajaannya dan komandan dekatnya. Dia secara nominal dikirim ke Kaisar Gengshi. Ketika pretender Wang Lang, mengaku sebagai putra Kaisar Cheng (dengan nama Liu Ziyu (劉子輿)) bangkit melawan Kaisar Gengshi pada akhir tahun 23, Pangeran Yang mendukung tuntutannya. Namun, pada tahun 24, ketika Liu Xiu, masih seorang pejabat di bawah Kaisar Gengshi, berusaha menenangkan wilayah itu, ia terlibat dalam pembicaraan dengan Liu Yang, dan mereka mencapai aliansi, di mana Liu Xiu mengambil keponakan Liu Yang dalam pernikahan. (Liu Xiu telah menikah dengan Yin Lihua pada saat itu, dan tidak jelas apakah status Guo vis-à-vis Yin, meskipun Yin kemungkinan di Liu dan wilayah rumahnya Nanyang (Nanyang, Henan) pada saat itu, dengan demikian menghindari situasi yang sulit langsung.)

Pada tahun 25, setelah Liu Xiu memproklamirkan dirinya sebagai kaisar dari Dinasti Han yang dipulihkan (sebagai Kaisar Guangwu), Guo telah menciptakan permaisuri kekaisaran. Tahun itu, ia melahirkan putra sulungnya, Liu Jiang (劉 疆). Posisinya tidak akan berubah, meskipun pamannya Liu Yang diduga merencanakan pemberontakan dan terbunuh pada tahun 26. (Meskipun kejadian itu, Kaisar Guangwu mengizinkan putra Liu Yang dan sepupu permaisuri Guo Liu De (劉 得) untuk mewarisi Kerajaan Zhending, meskipun ia akan diturunkan ke markis pada tahun 37 sebagai bagian dari re-organisasi besar dari gelar bangsawan.)

Juga pada tahun 26, Kaisar Guangwu dianggap menciptakan permaisuri. Dia menyukai cinta pertamanya, Permaisuri Yin. Namun, Permaisuri Yin belum memiliki seorang putra pada saat itu, dan dia menolak posisi permaisuri dan mendukung Permaisuri Guo. Oleh karena itu, Kaisar Guangwu menciptakan permaisuri Guo dan putranya Pangeran Jiang putra mahkota.

Sebagai permaisuri[sunting | sunting sumber]

Permaisuri Guo akan menjadi salah satu permaisuri yang akan melahirkan sebagian besar pangeran dalam sejarah Han (status yang pada akhirnya ia akan bagikan dengan Yin), saat ia melahirkan lima orang putra. Namun, ketika tahun demi tahun berlalu, Kaisar Guangwu terus mendukung Permaisuri cinta pertamanya Yin dan bukan Permaisuri Guo. Ini bahkan saat ia disukai saudara laki-lakinya Guo Kuang (郭 況) sebagai seorang pejabat dan mempromosikannya pada beberapa kesempatan. Dia terus mengeluh tentang kekurangannya, yang membuat Kaisar Guangwu marah. Pada tahun 41, ia menggulingkannya dari posisi permaisuri dan menjadikan kaisar Yin menggantikannya.

Permaisuri Guo tidak menderita nasib permaisuri lain yang terdampar dalam sejarah, namun—penjara atau kematian. Sebaliknya, Kaisar Guangwu, yang pada saat itu telah menciptakan putra-putranya hanya sebagai bangsawan, mempromosikan putranya Liu Fu (劉輔) ke Pangeran Zhongshan dan membuatnya menjadi Janda Putri dari Zhongshan—gelar yang sebelumnya tidak pernah dan tidak akan kemudian digunakan untuk ibunda seorang pangeran kekaisaran yang suaminya masih hidup.

Sebagai putri janda[sunting | sunting sumber]

Setelah permaisuri Guo digulingkan, Kaisar Guangwu terus menganugerahkan kehormatan keluarganya yang sesuai dengan keluarga permaisuri. Saudaranya, Guo Kuang, sudah menjadi seorang markis, dianugerahi pawai besar, dan diberi kekayaan sebesar itu sehingga rumah besarnya dijuluki "tambang emas" oleh warga di ibu kota Luoyang. Sepupunya, Guo Jing (郭 竟) dan Guo Kuang (郭 匡, bukan saudara laki-lakinya), atas prestasi mereka dalam pemerintahan Kaisar Guangwu, juga diciptakan markis, seperti juga suami sepupunya Chen Mao (陳茂).

Pada tahun 44, kerajaan Pangeran Fu dipindahkan ke Pei, dan Putri Janda Guo pergi bersamanya.

Pada tahun 50, ibunda Janda Putri Guo meninggal, dan Kaisar Guangwu secara pribadi menghadiri upacara dan pemakamannya. Dia juga secara anumerta menjadikan Guo Chang, ayahanda Janda Putri Guo, seorang markis dan jenazahnya dimakamkan dengan hormat bersama istrinya.

Pada tahun 52, Putri Janda Guo meninggal dan dimakamkan dengan kehormatan, tetapi bukan kehormatan seorang permaisuri, atau dia dimakamkan di makam Kaisar Guangwu akhirnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Keluarga Aisin Gioro
Dinasti baru Permaisuri Dinasti Han Timur
26–41
Diteruskan oleh:
Yin Lihua
Didahului oleh:
Permaisuri Shi dari Dinasti Xin
Permaisuri Tiongkok
26–41