Gunung Kōya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gunung Koya)
Situs Suci dan Rute Ziarah di Barisan Pegunungan Kii
Situs Warisan Dunia UNESCO
Danjogaran, titik pusat Gunung Kōya.
KriteriaBudaya, Agama: ii, iii, iv, vi
Nomor identifikasi1142
Pengukuhan2004 (Sesi ke-28)

Gunung Kōya (高野山, Kōya-san) adalah sebutan untuk gunung-gunung yang tingginya sekitar 1.000 m di Prefektur Wakayama, Jepang. Sebutan Kōya-san juga merupakan sebutan lain untuk kuil Buddha bernama Kongōbuji yang terletak di gunung ini. Meskipun demikian, tidak ada gunung di Jepang yang secara resmi bernama Gunung Kōya.

Pembangunan kuil di Gunung Kōya pertama kali dirintis oleh Kūkai pada tahun 819. Gunung Kōya terutama dikenal sebagai markas internasional Buddhisme Jepang sekte Koyasan Shingon. Meskipun di sekelilingnya terdapat 8 puncak-puncak gunung, tempat yang dijadikan lokasi kuil Gunung Kōya adalah lembah yang berketinggian 800 m. Kompleks kuil berkembang menjadi Kota Koya yang dijadikan lokasi bagi sebuah universitas kajian agama. Selain itu, di Gunung Kōya terdapat lebih dari 120 kuil yang sebagian di antaranya menyediakan penginapan bagi para peziarah.

Di Gunung Kōya terdapat berbagai situs bersejarah, di antaranya:

  • Okunoin (奥の院), makam Kūkai yang dikelilingi kompleks pekuburan yang luas
  • Danjogaran (壇上伽藍), bangunan utama Gunung Kōya
    • Konpon Daitō (根本大塔), pagoda yang menurut kepercayaan doktrin Shingon melambangkan titik pusat mandala yang tidak hanya meliputi Gunung Kōya, melainkan juga seluruh Jepang
  • Kongōbu-ji (金剛峯寺), kuil utama Buddhisme Koyasan Shingon

Pada tahun 2004, UNESCO menetapkan Gunung Kōya bersama-sama dengan dua lokasi lainnya di Semenanjung Kii sebagai Situs Warisan Dunia.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 34°12′45″N 135°35′11″E / 34.21250°N 135.58639°E / 34.21250; 135.58639