Gunung Korbu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gunung Korbu ( bahasa Melayu: Gunung Korbu) adalah sebuah gunung di Hulu Kinta, Perak, Malaysia, sekitar 25 km dari Ipoh. Ini adalah puncak tertinggi Pegunungan Titiwangsa, bagian paling selatan dari Perbukitan Tenasserim.

Gunung Korbu juga merupakan gunung tertinggi kedua di Semenanjung Malaysia, dengan ketinggian 2.183 meter (4 meter lebih rendah dari puncak tertingginya, Gunung Tahan yang memiliki ketinggian 2.187 meter di negara bagian Pahang ). Tingkat kebugaran fisik yang wajar diperlukan untuk mendaki / mendaki Gunung Korbu. Biasanya pendaki membutuhkan waktu empat hari tiga malam untuk perjalanan pulang-pergi, tetapi durasinya dipotong pendek dalam beberapa tahun terakhir dan beberapa bahkan berhasil dalam 12 jam. Sebagian besar pendaki sekarang melakukannya tanpa pemandu karena jejaknya telah menjadi sangat jelas (pada beberapa peregangan bahkan memburuk parah karena terlalu banyak trekking), tetapi, seperti untuk pegunungan lokal lainnya, terkadang ada laporan pendaki tersesat. Gunung Gayong (2.173 m), gunung tertinggi keempat di Semenanjung Malaysia, dapat dicapai dalam waktu sekitar 90 menit (sekali jalan) dari puncak Gunung Korbu.

Antara 23 dan 26 Mei 2013, 65 relawan mengambil bagian dalam pemeliharaan jalan setapak dan proyek pembersihan di Gunung Korbu melalui Sungai Termin Trail. Ini adalah proyek konservasi kedua dari organisasi nirlaba Adopt A Mountain (AdAM). [1]

Di utara Sungai Termin Trail adalah Jalur Sungai Seno'oi (atau Senoi) yang jauh lebih jarang dilalui. Itu mendaki ke puncak melalui punggungan yang berbeda dan, pada 2018, tidak mengalami pendakian yang berlebihan. Namun, bentangan bawah tertutup rapat di beberapa lokasi.

Geografi[sunting | sunting sumber]

8 km dari Gunung Korbu, melintasi perbatasan Perak- Kelantan adalah Gunung Yong Belar, gunung tertinggi ketiga di Semenanjung Malaysia, berdiri di ketinggian 2.181 meter (7.156 kaki) di atas permukaan laut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ AdAM Project. Wild Junction.