Gunung Karisimbi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gunung Karisimbi merupakan gunung api tidur atau tidak aktif berbentuk stratovulkan yang berada di Pegunungan Virunga, perbatasan antara negara Rwanda dengan Republik Demokratik Kongo. Di sebelah utara dari Gunung Karisimbi terdapat Gunung Mikeno, sebelah timur adalah Gunung Bisoke, serta Gunung Nyiragongo di barat. Ketinggian gunung mencapai 4.507 meter.[1] Karisimbi merupakan gunung tertinggi di pegunungan dan gunung tertinggi kesebelas di Afrika.

Nama Karisimbi berasal dari kata amisimbi dalam dialek lokal bahasa Kinyarwanda yang berarti salju.[2] Salju dapat ditemukan di puncak gunung dalam musim kering di bulan Juni, Juli, dan Agustus.

Di antara Gunung Karisimbi dengan Gunung Bisoke, terdapat Pusat Penelitian Karisoke yang didirikan oleh Dian Fossey untuk meneliti gorila yang tinggal di sana.

Catatan Erupsi dan Bencana[sunting | sunting sumber]

Belum diketahui dalam sejarah kapan erupsi terjadi.[3] Pada 16 Mei 2010 terjadi tanah longsor yang menewaskan 50 warga setempat.[4]

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Africa Ultra-Prominences". www.peaklist.org. Diakses tanggal 2021-04-22. 
  2. ^ "Karisimbi". www.volcanodiscovery.com. Diakses tanggal 2021-04-22. 
  3. ^ "Karisimbi". www.volcanodiscovery.com. Diakses tanggal 2021-04-22. 
  4. ^ "Global Volcanism Program | Karisimbi". Smithsonian Institution | Global Volcanism Program (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-04-22.