Mobile Suit Gundam SEED

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gundam Seed)
Mobile Suit Gundam SEED
Logo pada Lagu tema pembuka "Mobile Suit Gundam SEED" dengan "ZGMF-X10A Freedom Gundam" sebagai latar belakangnya
機動戦士ガンダムシード
(Kidou Senshi Gandamu Shiido)
GenreCinta, Drama, Fiksi ilmiah, Perang, Politik
Seri anime
Mobile Suit Gundam SEED [1]
機動戦士ガンダムSEED [2]
SutradaraFukuda Mitsuo
ProduserYatate Hajime, Tomino Yoshiyuki
SkenarioMorosawa Chiaki
MusikSahashi Toshihiko
StudioSunrise (perusahaan)
Saluran
asli
Tayang 05 Oktober 2002 27 September 2003
Episode50 (Daftar episode)
Video animasi orisinal
After Phase : In the Valley of Stars [3]
AFTER-PHASE「星のはざまで」
SutradaraFukuda Mitsuo
SkenarioMorosawa Chiaki
MusikSahashi Toshihiko
StudioSunrise
Tayang26 Maret 2004
Durasi5 minutes
EpisodeDaftar episode Mobile Suit Gundam SEED
Animasi DVD orisinal
Mobile Suit Gundam SEED Special Edition [4]
機動戦士ガンダムSEED スペシャルエディション
SutradaraFukuda Mitsuo
SkenarioMorosawa Chiaki
MusikSahashi Toshihiko
StudioSunrise
Tayang 27 Agustus 2004 22 Oktober 2004
Durasi100 minutes
Episode3 (Daftar episode)
Seri anime
Mobile Suit Gundam SEED HD Remaster [5]
機動戦士ガンダムSEED HDリマスター [6]
SutradaraFukuda Mitsuo
SkenarioMorosawa Chiaki
MusikSahashi Toshihiko
StudioSunrise
Saluran
asli
Jepang Bs11, Tokyo MX
Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara Gundaminfo
Tayang 22 Desember 2011[7] 15 November 2012[8]
Episode48 (Daftar episode)
Permainan
Mobile Suit Gundam SEED Never Ending Tomorrow [9]
機動戦士ガンダムSEED 終わらない明日へ
PenerbitBandai Namco Entertainment Incorporated
GenrePermainan video tembak-menembak
PlatformPlayStation 2
Rilis07 Oktober 2004
Seri novel
Mobile Suit Gundam SEED [10]
機動戦士ガンダムSEED
Pengarang後藤 リウ Goto Riu
Ilustrator小笠原 智史 Ogasawara Tomofumi
PenerbitKadokawa Shoten
ImprintKadokawa Sneaker Bunko
Terbit28 Maret 200330 Januari 2004
Volume5
Manga
Mobile Suit Gundam SEED Re:[11]
機動戦士ガンダムSEED Re:
Pengarang両澤千晶 Morosawa Chiaki
Ilustrator石口十 Ishiguchi Juu
PenerbitKadokawa Shoten
MajalahGundam Ace
DemografiShounen
Terbit26 September 201210 Maret 2014
Volume3+1
Anime Cosmic Era
 Portal anime dan manga

Mobile Suit Gundam SEED atau Mobile Suit Gundam Seed (Bahasa Jepang : 機動戦士ガンダムシード ; dibaca : Kidou Senshi Gundam Shiido ; disingkat menjadi : "Gundam SEED" atau "Gundam Seed") adalah sebuah anime dari tahun 2002 yang bersetting di dalam dunia fiksi pada era kalender "Cosmic Era".

Anime ini dicipta oleh Morosawa Chiaki, dibuat oleh Sunrise (perusahaan) dan ditayangkan di Jepang oleh MBS dan TBS pada hari Sabtu, jam 18:00, dimulai pada tanggal 05 Oktober 2002 hingga selesai pada hari Sabtu tanggal 27 September 2003.

Di Indonesia, ia ditayangkan oleh Indosiar pada sekitar tahun 2004-an mulai tanggal 4 September 2004 hingga 13 Agustus 2005, dan diputar lagi pada stasiun televisi yang sama pada hari Minggu jam 6:00, dimulai pada tanggal 11 Juni 2006 hingga selesai pada hari minggu tanggal 20 Mei 2007.

Pada 2011, MNCTV akan menayangkan ulang anime tersebut. Sejak tahun 2016, NET. dan WakuWaku Japan akan menayangkan anime tersebut.

Plot cerita[sunting | sunting sumber]

Alur cerita Gundam SEED adalah alur cerita yang sebenarnya cukup sederhana, tetapi karena banyak karakter yang terlibat, menjadi cukup rumit untuk diikuti. Cerita dimulai pada tahun Cosmic Era 70, di saat perang antara pihak Earth Alliance dengan PLANT memuncak akibat serangan yang dilakukan pasukan Bumi terhadap sebuah PLANT, Junius Seven dengan menggunakan misil berhulu ledak nuklir. Bumi merupakan tempat hidup manusia yang dilahirkan tanpa modifikasi genetika, yang disebut dengan "Natural", sementara PLANT merupakan tempat hidup manusia yang dilahirkan dengan modifikasi genetika, yang disebut dengan "Coordinator". Sehingga, sebenarnya perang yang disebut sebagai "Bloody Valentine War (Perang Valentine Berdarah Pertama)", ini adalah perang antara "Natural" dengan "Coordinator".

Seperti halnya serial Gundam lainnya, terdapat beberapa robot yang menjadi "karakter utama" (selain tentunya manusia), yang dapat dipiloti oleh manusia (Natural ataupun Coordinator dapat mengendarainya), yang disebut sebagai "Mobile Suit". Pihak ZAFT (organisasi militer koloni luar angkasa/PLANT), yang terdiri atas orang-orang yang memiliki gen yang dimodifikasi sehingga memiliki otak yang lebih cerdas, fisik yang lebih kuat, serta tidak memiliki penyakit bawaan, memiliki banyak mobile suit. Sementara, pasukan Bumi hanya memiliki pesawat tempur saja, yang disebut sebagai "Mobile Armour".

Cerita diawali dengan pencurian beberapa prototipe dari mobile suit yang dikembangkan oleh prajurit Bumi oleh pasukan ZAFT, yang secara diam-diam dilakukan di dalam Koloni Angkasa Heliopolis yang dimiliki oleh sebuah negara netral bernama Orb Union. Heliopolis memiliki sebuah pabrik yang disebut dengan Morganraete Inc., yang mampu memproduksi banyak perangkat tempur serta perangkat berat, meski tidak digunakan untuk bertempur. Mobile Suit yang diproduksi oleh pasukan Bumi itu, disebut juga dengan "G"-Armament: "G", singkatan dari "Genesis" atau juga dapat berarti "Genocide",[12] karena memang semua mobile suit (berjumlah 5 buah prototipe) tersebut dimulai dengan kode G, yakni GAT-X102 Duel Gundam, GAT-X103 Buster Gundam, GAT-X105 Strike Gundam, GAT-X207 Blitz Gundam, serta GAT-X303 Aegis Gundam. Semua prototipe mobile suit tersebut menggunakan sistem operasi yang disebut dengan "General Unilateral Neuro-link Dispersive Autonomic Maneuver Synthesis System", disingkat menjadi "Gundam" oleh Kira Yamato. Fisik "mobile suit" memang telah jadi dan sempurna, tetapi tidak dengan sistem operasinya yang masih dalam tahap pengembangan. Dari sinilah cerita bermula.

Episode[sunting | sunting sumber]

"Episode" di anime ini dikenal sebagai "Phase".

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu-lagu yang telah digunakan dalam dunia fiksi "Cosmic Era" termasuk anime ini.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Beberapa karakter fiksi yang telah muncul di anime ini dikelompokkan bersama menurut pihak :

Earth Alliance[sunting | sunting sumber]

Omni[sunting | sunting sumber]

Kira Yamato[sunting | sunting sumber]

Kira Yamato adalah seorang Coordinator pemurung dan pendiam, sejak peristiwa serangan ZAFT di Heliopolis. Baginya bertempur adalah melindungi teman, tidak peduli siapapun musuhnya. Dan bila gagal, dia akan menangis sejadi-jadinya. Awalnya, Kira yang Coordinator tidak begitu diterima di Archangel (karena memang kondisi perang antara Natural dan Coordinator tidak memungkinkan), tetapi kemampuannya menggunakan GAT-X105 Strike Gundam mungkin salah-satu alasan dia dibiarkan ikut dengan pesawat tempur OMNI itu. Dia bersahabat baik dengan Athrun Zala, tetapi menjadi musuh saat mereka bertemu sebagai pilot GAT-X303 Aegis Gundam dan Strike. Pertengkaran semakin memanas ketika Kira tak sengaja membunuh Nicol Amalfi, sahabat Athrun sekaligus juniornya.

Ketika Strike Gundam dihancurkan oleh Aegis Gundam, dia diselamatkan oleh Lacus Clyne dan dirawat di koloni luar angkasa (PLANT) setelah dibawa oleh Pendeta Malchio. Kira memiliki hubungan khusus dengan Fllay Alster, tanpa tahu kalau dia hanya dimanfaatkan untuk membunuh semua musuhnya yang berupa Coordinator.

Murrue Ramius[sunting | sunting sumber]

Kapten kapal "LCAM-01XA Archangel" yang sangat disiplin dan sigap dalam kondisi bahaya, tetapi sangat baik hati dan ramah di luar kondisi itu. Murrue lebih terlihat seperti ibu bagi kru Archangel yang mayoritas masih remaja. Murrue punya hubungan khusus dengan Mu La Flaga, tetapi hanya beberapa waktu saja hubungan mereka jelas terlihat.

Peristiwa Josh-A telah membuka matanya, dia memutuskan bahwa Archangel akan mundur dari medan tempur dan selanjutnya bergabung dengan Orb Union. Agaknya ada sedikit persaingan dalam beberapa hal dengan Natarle Badrgiruel.

Arnold Neumann[sunting | sunting sumber]

Merupakan orang yang bertanggung jawab dalam mempiloti Archangel. Pada saat perang kedua berlangsung, ia kembali lagi menjadi pilot Archangel.

Dalida Lolaha Chandra II[sunting | sunting sumber]

Chandra bekerja sama dengan Ssigh Argyle di dalam Archangel menjadi Combat Information Center (CIC), untuk mengatur salah satu workstation di dalamnya. Selain itu, ia juga bertanggung jawab untuk mengatur para sukarelawan yang mau membantu Archangel.

Flay Allster[sunting | sunting sumber]

Gadis penakut ini menaruh dendam pada Coordinator, karena mereka menyerang kapal sipil yang menyebabkan ayahnya, George Allster, tewas. Awalnya, baginya Kira hanya 'mainan' atau bodyguard baginya. Namun seiring berjalannya waktu, dia malah semakin terikat dengan Kira.

Mantan pacar Sai Argyle ini sebenarnya hanya takut, takut akan kematian. Dia selalu merindukan orang yang bisa melindunginya, salah-satunya mungkin Kira. Pada akhirnya, dia bisa membulatkan tekadnya sendiri sebelum saat kematiannya.

Jacky Tonomura[sunting | sunting sumber]

Kru LCAM-01XA Archangel, membelot ke Orb Union, Natural

Kojiro Murdoch[sunting | sunting sumber]

Kojiro Murdoch adalah seorang mekanik yang sangat ahli, dan bertindak sebagai kepala engineer di dalam Archangel yang bertugas untuk menyuplai baterai untuk mobile suit dan tentu saja kerusakan Archangel akibat serangan musuh. Orang ini, karena sudah berumur tua, memiliki figur kebapakan. Dia juga sering bercanda untuk mengurangi ketegangan yang terjadi akibat perang yang berlangsung, apalagi ketika Archangel diserang musuh. Ia juga terkesan protektif terhadap perangkat perang yang terdapat di dalam Archangel (khususnya FX-550 Skygrasper), dan sering memarahi orang yang belum berpengalaman yang mengendarainya (seperti Tolle Koenig atau Cagalli Yula Athha).

Kuzzey Buskirk[sunting | sunting sumber]

Salah satu orang sipil Heliopolis (dan teman Kira Yamato) yang mendaftarkan dirinya ke Archangel, sebagai Combat Information Center (CIC). Pada saat awal-awal cerita Gundam SEED, Kuzzey hidup secara damai di Heliopolis dengan semua keluarganya, dan teman-temannya (Kira, Tolle, Miriallia, dan Ssigh). Tapi, kehidupannya yang tenang tersebut terganggu saat koloni tempatnya berdiam diserang oleh pasukan ZAFT untuk mencuri mobile suit milik Earth Alliance yang secara diam-diam dikembangkan di sana.

Ketika Kira menjadi pilot GAT-X105 Strike Gundam, Kuzzey dan teman-temannya pun membantu Archangel menjadi operator "workstation" di situ. Ia adalah orang yang kurang percaya diri dan kadang terkesan penakut, apalagi ketika terjadi serangan terhadap Archangel. Akhirnya, setelah Archangel keluar dari Earth Alliance, ia pun keluar dari Archangel, meskipun Orb Union, negaranya sendiri, diserang oleh tentara Earth Alliance.

  • Kru LCAM-01XA Archangel, Natural, mengundurkan diri dari Archangel saat Orb Union diserang oleh Earth Alliance
Miriallia Haw[sunting | sunting sumber]

Kru LCAM-01XA Archangel, Warga Heliopolis/Orb Union, sebagai "CIC (Combat Information Center)", Natural.

Mu La Flaga[sunting | sunting sumber]

Komandan yang 'Easy going' dan ceria ini sudah seperti kakak senior bagi Kira, tetapi lupakan kalau dia sudah ada di dalam kokpit kendaraaan tempur. Mu memiliki kemampuan hebat yang menurut para Coordinator, terlalu hebat untuk Natural. Mu punya hubungan khusus dengan atasannya, Murrue Ramius. Mu mungkin adalah pembawa keceriaan bagi Murrue, yang kadang stress dalam menjalankan tugasnya. Mu tewas ketika menahan Lohengrin dari Dominion yang ditembakan Azrael untuk melindungi Archangel dengan Strike Gundam yang dalam keadaan kritis setelah berduel dengan Le Creuset yang menggunakan ZGMF-X13A Providence Gundam.

Natarle Badgiruel[sunting | sunting sumber]

Wakil kapten "LCAM-01XA Archangel" ini kadang malah terlihat lebih tegas dan keras dibanding Murrue sendiri, tak peduli hal itu salah secara nurani, dia tetap menjalankan tugas yang diembannya.

Setelah Archangel dikabarkan hilang dalam peristiwa penghancuran pangkalan militer Josh-A di Alaska, Natarle berangkat bersama Multa Azrael menuju pangkalan militer di bulan dan bergabung dengan kapal kembaran Archangel, "LCAM-01XB Dominion".

Natarle terjebak dalam keputusan sulit saat menemukan Archangel adalah sekutu Orb Union, musuh Earth Alliance. Dalam situasi seperti itu dia sering beradu mulut dengan Azrael yang dalam statusnya adalah atasan Natarle. Natarle agaknya cemburu dengan hubungan antara Mu dan Murrue, tetapi sikapnya sendiri membuatnya sulit manunjukkan perasaannya.

Sai Argyle[sunting | sunting sumber]

Kru LCAM-01XA Archangel, Warga Helopolis/Orb Union, Natural. Pacar Flay Allster, agaknya ia shock saat mengetahui bahwa Flay menyukai Kira.

Tolle Koenig[sunting | sunting sumber]

Kru LCAM-01XA Archangel, Natural, Warga Heliopolis/Orb Union, meninggal akibat terkena perisai GAT-X303 Aegis Gundam milik Athrun Zala saat menaiki pesawat tempur FX-550 Sky Grasper.

Blue Cosmos[sunting | sunting sumber]

Multa Azrael[sunting | sunting sumber]

Pemimpin Blue Cosmos, politikus, kru LCAM-01XB Dominion, Natural dari kelompok anti-coordinator, Blue Cosmos. Tewas terbunuh bersama Natarle Badgiruel di kapal perang "LCAM-01XB Dominion".

Clotho Buer[sunting | sunting sumber]

Kru "LCAM-01XB Dominion", pilot GAT-X370 Raider Gundam, Natural/Extended.

Orga Sabnak[sunting | sunting sumber]

Kru "LCAM-01XB Dominion", pilot GAT-X131 Calamity Gundam, Natural/Extended.

Shani Andras[sunting | sunting sumber]

Kru "LCAM-01XB Dominion", pilot GAT-X252 Forbidden Gundam, Natural/Extended.

Orb Union[sunting | sunting sumber]

Pemerintah[sunting | sunting sumber]

Cagalli Yula Athha[sunting | sunting sumber]

Gadis tomboi dan keras ini memiliki harapan yang besar dalam mengakhiri peperangan dengan caranya sendiri, dia selalu ingin bisa merasa berguna dan bisa membantu orang lain, sekalipun dia tak akan mampu melakukannya. Memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan keberanian yang luar biasa untuk seorang gadis seusianya, kurang peduli pada penampilan. Sempat menaruh perhatian pada Kira, tetapi mungkin berakhir ketika dia mengetahui kebenaran bahwa dia bukan anak Uzumi dan dia adalah kembaran Kira.

Selanjutnya, Seiring perkembangan hubungan antar tokoh, Cagalli terlihat lebih pendiam dan bijak, tetapi percaya diri dan kecerobohannya tidak ada yang berubah. Selanjutnya, dia menyukai Athrun Zala.

Uzumi Nara Athha[sunting | sunting sumber]

Uzumi Nara Athha (Katakana : ウズミ・ナラ・アスハ) adalah seorang politikus, idealis dan kepala negara untuk Negara Orb Union dan juga ayah asuh Cagalli Yula Athha.[13][14] "Kita tidak akan menyerang negara lain, tidak membiarkan negara lain menyerang kita, dan tidak intervensi dalam konflik negara lain," itu adalah cita-citanya untuk negaranya.[15]

Pengisi suara dalam bahasa Jepang adalah Okawa Toru (Bahasa Jepang: 大川透)[13] dan dalam bahasa Inggris oleh John Novak.[16]

Untuk mencegah para pasukan tentara Earth Alliance memperoleh Mass Driver milik Orb Union, orang ini rela mengorbankan nyawanya dengan menghancurkan Mass Driver (ia takut, jika Mass Driver tersebut diambil alih oleh musuh dan digunakan untuk mengirimkan pasukan besar-besaran untuk menyerang PLANT).

Setelah menghancurkan mass driver Orb Union, pasukan Earth Alliance pun tidak menyerang Orb Union lagi, karena memang pasukan Earth Alliance menghendaki untuk memiliki Mass Driver, dan sebagai alternatifnya, mereka pun menyerang pangkalan militer Victoria yang juga memiliki Mass Driver.

Militer[sunting | sunting sumber]

Ledonir Kisaka[sunting | sunting sumber]

Adalah seorang perwira militer Orb Union, yang merupakan orang dari suku Tatsil yang dibantu oleh Archangel saat bertempur di padang gurun pasir dalam memerangi Andrew Waltfeld yang masih merupakan kapten ZAFT.

Asagi Caldwell[sunting | sunting sumber]

Pilot MBF-M1 M1 Astray, Natural, warga Orb Union, pemimpin dari skuadron "M1 Astray" di dalam kapal perang luar angkasa "Izumo Class Kusanagi". Ia juga salah satu pilot penguji "M1 Astray", yang menggunakan sistem operasi natural yang oleh Kira dikembangkan menjadi lebih baik. Kru kapal perang "Izumo Class Kusanagi". Pada saat akhir perang Valentine Berdarah pertama, 26 September 71 CE, ia terbunuh oleh GAT-01 Strike Dagger di Jachin Due.

Juri Wu Nien[sunting | sunting sumber]

Pilot MBF-M1 M1 Astray, Natural, warga Orb Union, salah satu pilot dan pilot penguji mobile suit "M1 Astray", kru kapal perang "Izumo Class Kusanagi". Pada saat akhir perang Valentine Berdarah pertama, 26 September 71 CE, ia terbunuh oleh GAT-01 Strike Dagger di Jachin Due.

Mayura Labatt[sunting | sunting sumber]

Pilot MBF-M1 M1 Astray, Natural, warga Orb Union, salah satu pilot dan pilot penguji mobile suit "M1 Astray", kru kapal perang "Izumo Class Kusanagi". Pada saat akhir perang Valentine Berdarah pertama, 26 September 71 CE, ia terbunuh oleh ZMGF-600 GuAIZ di Jachin Due.

Sipil[sunting | sunting sumber]

Erica Simmons[sunting | sunting sumber]

Erica Simmons (Katakana : エリカ・シモンズ) adalah seorang ibu, seorang insinyur dan juga seorang pemimpin "Divisi Senjata Bergerak" dalam "Morgenroete Incorporated (Bahasa Jepang: モルゲンレーテ社)", sebuah perusahaan Industri pertahanan dan dirgantara dari Orb Union.[13][15]

Pengisi suara dalam bahasa Jepang adalah Yanagisawa Michiyo (Bahasa Jepang: 柳沢三千代)[13] dan dalam bahasa Inggris oleh Sharon Alexander.[17]

Ia bertanggung jawab dalam mengembangkan beberapa "Senjata Bergerak", termasuk di antaranya adalah GAT-X102 Duel Gundam, GAT-X103 Buster Gundam, GAT-X105 Strike Gundam, GAT-X207 Blitz Gundam, GAT-X303 Aegis Gundam dan MBF-M1 M1 Astray. Meskipun ia seorang Coordinator, ia menyembunyikan hal ini.

Ia gagal dalam mengembangkan sistem operasi yang mengizinkan Natural untuk menggunakan mobile suit sebaik Coordinator, hingga kedatangan Kira Yamato dan Archangel yang membantunya meningkatkan kinerja sistem operasi tersebut, untuk M1 Astray.

Setelah Strike Gundam dihancurkan oleh fungsi self-destruct-nya Aegis Gundam, ia kemudian merekonstruksi ulang Strike Gundam tetapi menggunakan sistem operasi yang dibuat olehnya, hingga Strike Gundam pun dapat digunakan oleh Natural dan kemudian Mu La Fllaga pun terjun menjadi pilotnya.

Ia juga membuat MBF-02 Strike Rouge Gundam di atas Izumo Class Kusanagi sebelum perang berakhir, dengan menyatukan beberapa spare-part untuk kemudian digunakan oleh Cagalli Yula Athha. Ia adalah salah satu orang yang loyal terhadap Cagalli dan ayahnya, Uzumi Nara Athha.

Pendeta Malchio[sunting | sunting sumber]

Pendeta Malchio (Bahasa Jepang : マルキオ導師 ; Bahasa Inggris : Reverend Malchio) adalah seorang pria pendeta yang buta (盲目の導師) dari Faksi Clyne, Natural, pengurus panti asuhan di Pulau Akatsuki (アカツキ島).[18][19] Malchio menyelamatkan Kira setelah Strike Gundam dihancurkan oleh Aegis Gundam.

Kemudian Malchio membawa Kira ke rumah keluarga Clyne di koloni angkasa PLANT, sehingga Kira bisa pulih dari cedera yang diterimanya dari pertempuran.

Malchio kemudian bertemu dengan Athrun sebelum Earth Alliance menyerang Orb Union.

PLANT[sunting | sunting sumber]

Faksi Clyne[sunting | sunting sumber]

Lacus Clyne[sunting | sunting sumber]

Gadis ini adalah seorang penyanyi, putri Siegel Clyne, dan tunangan Athrun Zala. Selalu berjuang atas nama perdamaian dan berusaha mengajak agar peperangan ini diakhiri saja. Polos dan lugu, kadang tak bisa membedakan teman dan 'orang khusus'. Bisa dibilang, pengaruhnya sangat kuat bagi PLANT.

Meski merupakan tunangan Athrun Zala, Lacus malah menyukai Kira, dan selalu berusaha mengobati luka hati Kira akibat perang. Lacus juga yang secara tidak langsung memberitahu Kira siapa yang sebenarnya Musuh dan harus mereka perangi. Lacus berkhianat pada ZAFT dengan memberikan ZGMF-X10A Freedom Gundam pada Kira selepas ayahnya dibunuh oleh Patrick Zala dan mencuri dua buah Mobile suit Embedded Tactical EnfORcer dan menjadi kapten FFMH-Y101 Eternal .

Siegel Clyne[sunting | sunting sumber]

Pemimpin Negara PLANT, politikus, idealis, ayah Lacus Clyne dan ketua ZAFT, Coordinator. Dibunuh oleh Patrick Zala.

ZAFT[sunting | sunting sumber]

Athrun Zala[sunting | sunting sumber]

Athrun yang kelihatan lebih cool, malah lebih 'panas' dari Kira. Athrun berperang dengan tujuan mengabdi pada negara, dan mungkin membalas dendam atas kehancuran Junius Seven yang turut menewaskan ibunya, Lenora Zala. Sahabat Kira ini langsung marah ketika tahu Kira memihak pasukan bumi, dan saat setelah kematian Nicol Amalfi, dia membunuh Tolle Koenig dan membuat Kira marah.

Statusnya sendiri adalah tunangan Lacus Clyne, dan mereka merencanakan akan menikah. Tapi hubungan ini sepertinya terlihat casual dan lebih seperti sahabat, bahkan Athrun tidak cemburu melihat kedekatan Lacus dengan Kira. Athrun malah menyukai Cagalli Yula Attha sejak saat itu.

Aisha[sunting | sunting sumber]

Wakil kapten kapal Lesseps Class, pilot TMF/A-803 LaGOWE, pacar Andrew Waltfeld, Coordinator.

Andrew Waltfeld[sunting | sunting sumber]

Dijuluki sebagai "Harimau Padang Pasir "(砂漠の虎 Sabaku no Tora), karena keahliannya menggunakan mobile suit yang berbentuk harimau. Dikalahkan oleh Kira Yamato.

Kapten kapal Lesseps Class, pilot TMF/A-803 LaGOWE, menjadi wakil kapten FFMH-Y101 Eternal sertai Lacus Clyne, membelot ke Orb Union setelah merebut kapal Eternal, Coordinator.

Dearka Elsman[sunting | sunting sumber]

Pilot GAT-X103 Buster Gundam, membelot ke Orb, pasukan Jas Merah ZAFT, Coordinator.

Martin DaCosta[sunting | sunting sumber]

Pasukan kepercayaan Andrew Waltfeld, sertai Lacus Clyne, Andrew Waltfeld, pasukan jas hijau ZAFT, membelot ke Orb Union setelah merebut kapal Eternal, Coordinator

Miguel Aiman[sunting | sunting sumber]

Teman Athrun Zala, Dearka Elthman, Yzak Jule dan Nicol Amalfi, Coordinator, meninggal tertebas GAT-X105 Strike Gundam, Coordinator.

Nicol Amalfi[sunting | sunting sumber]

Pilot GAT-X207 Blitz Gundam, pasukan Jas Merah ZAFT, meninggal tertebas GAT-X105 Strike Gundam, Coordinator.

Patrick Zala[sunting | sunting sumber]

Politikus, ayah Athrun Zala, Coordinator, ia menjadi pemimpin negara PLANT dan ketua ZAFT yang baru selepas pembunuhan Siegel Clyne.

Rau Le Creuset[sunting | sunting sumber]

Kapten ZAFT, musuh utama, pilot ZGMF-515 CGUE dan ZGMF-X13A Providence Gundam, Kloning dari Al-Da Flaga (ayah dari Mu la Flaga).

Yzak Jule[sunting | sunting sumber]

Pilot GAT-X102 Duel Gundam, pasukan Jas Merah ZAFT, Coordinator.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]