Gubukklakah, Poncokusumo, Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gubukklakah
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenMalang
KecamatanPoncokusumo
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Gubukklakah adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur[1]. Desa Gubukklakah memiliki tempat wisata air terjun (Coban) yaitu Coban Pelangi dan Coban Trisula. Desa Gubukklakah adalah jalur utama menuju pariwisata Pegunungan Bromo Tengger. Di Desa Gubukklakah ini juga sebagai penghasil buah apel Malang setelah Kota Batu, serta penghasil sayur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah Desa Gubukklakah pada jaman dahulu ada seorang pengembara berasal dari Mataram yang bernama Radjiman. Beliau menginjakkan kakinya kedaerah ini dengan membawa 2 ekor kerbau. Lalu membuat gubug dari batang pisang ( debog ). Oleh karena itu daerah yang ditempatinya dinamakan BOKLAKAH. Dari waktu ke waktu batang pisang itu menjadi layu, akhirnya diganti dengan batang bambu. Atap yang tadinya terbuat dari batang pisang diganti dengan batang bambu yang dibelah menjadi 2 bagian yang sama. Kemudian para pengikutnya meniru membuat gubug yang menggunakan atap dari belahan batang bambu, lalu mereka bersepakat bahwa kelak kalau ada ramainya jaman, daerah ini dinamakan Desa Gubukklakah.

Mula-mula Desa Gubukklakah terdiri dari 2 Perdukuhan yaitu Dukuh Kerto Ayu dan Dukuh Kerto Sari. Karena beberapa sebab pedukuhan itu ditiadakan, lalu dibagi beberapa RW ( Rukun Warga ) dan sekarang menjadi 7 RW. Bahasa sehari-hari yang digunakan oleh warga desa adalah bahasa jawa Tengger. Pada mulanya penduduk desa mayoritas menganut agama Hindu dan Budha. Karena perkembangan jaman dan banyak pendatang dari daerah lain, lama kelamaan penduduk desa menganut agama Islam hingga sekarang.

Batas Wilayah Desa[sunting | sunting sumber]

Secara administratif, Desa Gubukklakah terletak di Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang yang dibatasi oleh:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan (Permendagri No.56-2015)". www.kemendagri.go.id (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2019-01-01.