Gua Passohara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gua Passohara terletak di sekitar kawasan Pantai Mandala Ria, terletak di Desa Ara, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan. Medan perjalanannya cukup terjal dengan bebatuan licin sedalam 30 meter. Di ujung gua Diperlukan sumber mata air yang diperkirakan dikunjungi tahun dan sering digunakan oleh warga sekitar. Objek wisata ini cukup minim untuk urusan pencahayaan. Jika anda berkunjung kesini jangan lupa membawa senter


Letaknya hanya sekira seratus meter dari bibir pantai. Danau bisa diakses dengan memasuki rongga bawah tanah berbentuk gua yang kokoh. Bentuknya sangat mengagumkan, lantaran panjangnya tidak kurang dari seratus meter. Pengunjung berjiwa petualang merasa belum lengkap bila belum mampir di tempat ini. Memang, cukup terjal untuk mencapai rongga dan masuk ke aliran danau.

Konon katanya sumber mata air ini berusia ribuan tahun, yang di peruntukan bagi masyarakat sekitar. Untuk menuju ke sumber mata airnya, kita harus menuruni bebatuan licin sedalam kurang lebih 30 meter. Karena celah nya yang sempit makanya sinar matahari kurang dapat masuk ke dalam goa ini. Sebaiknya anda membawa senter untuk bisa menuju ke bawah. Konon katanya, aliran air dari Goa Passohara tembus sampai dengan Pantai Mandala Ria, yang berjarak kira – kira 2 km dari Goa Passohara. Jadi apabila air di Pantai Mandala Ria surut, maka air di kolam Goa Passohara pun ikut surut. Begitu pula pada saat air di Pantai Mandala Ria pasang, maka air di kolam Goa Passohara pun ikut pasang.

[1]

  1. ^ Saenong, Muhammad Arif.2017."Ragam Budaya Ara".Bulukumba:Cahaya patra