Gruppenführer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
SS-Gruppenführer Heinz Reinefarth mengenakan tanda pangkat pasca-April-1942
SS-Gruppenführer Collar Rank.svg

Gruppenführer ([ˈɡʀʊpn̩.fyːʀɐ], "pemimpin kelompok") adalah pangkat paramiliter awal dari Partai Nazi (NSDAP), pertama kali diciptakan pada tahun 1925 sebagai pangkat senior SA.[1] Sejak itu, istilah Gruppenführer juga digunakan untuk para pemimpin kelompok/tim polisi, departemen pemadam kebakaran, militer dan beberapa organisasi lain.

Pada tahun 1930, Gruppenführer menjadi SS peringkat dan pada awalnya diberikan kepada para petugas yang memerintahkan SS-Gruppen dan juga pada pejabat senior dari staf perintah SS. Pada tahun 1932, SS direorganisasi dan SS-Gruppen telah direformasi ke SS-Abschnitte. Sebuah Gruppenführer memerintahkan sebuah SS-Abschnitt sementara peringkat baru, yaitu Obergruppenführer, mengawasi SS-Oberabschnitte yang SS unit terbesar di Jerman.

Seperti dalam SA, pangkat SS Gruppenführer dianggap setara dengan jenderal penuh, tetapi menjadi dianggap sebagai setara dengan letnan jenderal setelah 1934. Selama Perang Dunia II, ketika Waffen-SS mulai menggunakan peringkat, sebuah SS-Gruppenführer dianggap sama dengan letnan jenderal di yang Wehrmacht dan biasanya disebut sebagai SS-Gruppenführer und der GeneralleutnantWaffen-SS.

Lambang untuk SS-Gruppenführer terdiri dari tiga daun ek berpusat pada kedua kerah sebuah seragam SS. Dari 1930 sampai 1942, lambang SS sama dengan lencana SA peringkat, namun SS dimodifikasi yang Gruppenführer lambang sedikit, untuk menyertakan sebuah pip kerah tambahan, pada penciptaan peringkat Oberstgruppenführer.

Waffen-SS Gruppenführer juga ditampilkan papan bahu dari sebuah Wehrmacht Letnan Jenderal. Perhatikan bahwa Wehrmacht dan SS peringkat letnan jenderal setara dengan pangkat Mayor Jenderal di tentara AS dan Inggris, serta militer Barat lainnya.

Pangkat SA[sunting | sunting sumber]

Sebuah Gruppenführer ini biasanya bertanggung jawab atas sejumlah besar unit SA (dikenal sebagai Standarten) yang dibentuk menjadi SA-Gruppen. Setelah konsepsi aslinya, Gruppenführer dianggap setara dengan jenderal penuh.

Kegunaan lain[sunting | sunting sumber]

Pangkat Gruppenführer'juga digunakan dalam beberapa kelompok lain paramiliter Nazi, di antaranya adalah Nasional Sosialis Motor Corps (NSKK) dan Sosialis Nasional Flyers Corps (NSFK). Pada tahun 1944, pangkat'Gruppenführer diadopsi olehVolkssturmsebagai tingkat rendah non-perwira posisi yang bertanggung jawab atas formasi skuat berukuran (Gruppe') dari Volkssturm'tentara.

Istilah ini juga merupakan istilah generik untuk fungsi dari seorang pemimpin regu dari infanteri (9 atau 10 orang -Gruppe) di Angkatan Darat Jerman,'Waffen SS, atau Luftwaffe tanah pasukan.

Dalam korps api Jerman pertempuran, istilah'Gruppenführer mengacu pada komandan kelompok delapan pemadam kebakaran. Sebuah'Gruppe adalah unit taktis terkecil dalam api Jerman pertempuran korps. Sama seperti dalam penggunaan militer, istilah tersebut tidak merujuk kepada peringkat tetapi menjelaskan fungsi. Istilah ini masih digunakan sampai sekarang.

Gruppe juga digunakan dalam berbagai cara-cara lain. Dalam Luftwaffe sebagai pengelompokan Staffel'(skuatron) baik independen sebagai sub-divisi dari Geschwader'- lihat dalam Organisasi Luftwaffe. Ini juga digunakan untuk iklan Army formasi hoc.

  • Kampfgruppe- sebuah kelompok tempur dibuat untuk tujuan tertentu atau dalam keadaan darurat - ukuran bervariasi.
  • 'Regimentsgruppe,'Divisionsgruppe,'Korpsgruppe - ad hoc formasi ukuran yang ditunjukkan oleh judul.
  • 'Panzergruppe - satu atau lebih'Armeekorps bawahan Angkatan Darat Infanteri; kemudian menjadi independen sebagai Panzerarmee'
  • 'Armeegruppe - kadang-kadang Angkatan Darat berukuran Grup Combat biasanya jauh seperti Korpsgruppe dan juga pengelompokan sementara dua semesta alam biasanya satu Jerman dan satu sekutu Angkatan Darat. Hal ini tidak boleh disamakan dengan'Heeresgruppe, yang merupakan perintah dari beberapa tentara.
Junior Rank
Brigadeführer
Pangkat SS and Pangkat SA
Gruppenführer
Senior Rank
Obergruppenführer
  1. ^ McNab (II) 2009, hlm. 15.