Groupe d'Intervention de la Gendarmerie Nationale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Satuan Intervensi Gendarmerie Nasional, secara umum disingkat GIGN (bahasa Perancis: Groupe d'Intervention de la Gendarmerie Nationale) adalah satuan elit Paramiliter Gendarmerie Nasional Prancis.[1] Misinya mencakup anti-terror, penyelamatan sandera, pengawasan ancaman nasional, perlindungan pejabat pemerintah, dan penargetan kejahatan terorganisir.[2]

GIGN berpusat di Satory, barat Paris.[3] Bersama EPIGN dan GSPR mereka membentuk GSIGN (Groupement de Sécurité et d'Intervention de la Gendarmerie Nationale) bagian dari subdivisi Mobile Gendarmerie.

Presentasi [sunting | sunting sumber]

Dibuat pada awal 1970-an sebagai unit respon, GIGN, setelah mengakuisisi pengetahuan dan reputasi tak terbantahkan di bidangnya, telah menjadi di 1980 yang "intervensi" komponen Pengelompokan keamanan dan intervensi Nasional Gendarmerie (GSIGN) pelatihan juga terdiri dari unit gendarmerie khusus lainnya dalam keamanan perlindungan, pengumpulan dan pelatihan intelijen. The st  September 2007, reorganisasi besar terjadi dan "baru" GIGN menggantikan GSIGN 3. Lebih dari sekadar perubahan nama, reorganisasi bertujuan untuk memperkuat homogenitas unit, untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya, untuk meningkatkan kapasitas respon dalam kasus peristiwa besar ( termasuk penyanderaan massal diambil, "POM" untuk pendek) dan menciptakan sinergi yang lebih kuat antara personil dari perekrutan inti umum dan pelatihan.

Unit referensi Gendarmerie di bidang "khusus  intervensi" dari pengamatan, penelitian dan perlindungan keselamatan, GIGN dalam mengembangkan doktrin sebelum menjadi pemain utama. Aksinya selesai atau disampaikan oleh berbagai unit regional di Perancis sebagai luar negeri (terutama PI2G, PSPG dan GPI). GIGN terlibat sangat erat dalam perekrutan, pelatihan, penilaian dan pelatihan ulang personil dari unit-unit ini, kecuali urgensi absolut, yang bertindak di bawah kendali operasional.

Dalam Kementerian Dalam Negeri, koordinasi dan interoperabilitas antara GIGN dan RAID dari Angkatan Intervensi polisi nasional (FNIF) diasuransikan oleh Ucofi (Unit koordinasi pasukan intervensi), dibuat pada tahun 2010 4.

Sejarah [sunting | sunting sumber]

Dalam menanggapi perkembangan penyanderaan di awal 1970-an (termasuk pusat Clairvaux (10) pada tahun 1971 dan pada Olimpiade Munich pada tahun 1972), sebuah GIGN pertama dibentuk pada 11 Oktober 1973 di yang skuadron penerjun dari Mont-de-Marsan, sementara komando tim respon regional (ECRI) dibentuk pada st  Desember tahun yang sama kelompok regu I / 2 gendarmerie ponsel Maisons Alfort 5. Laporan perintah dipercayakan kepada Letnan Kristen Prouteau N 2 dan unit menjadi operasional pada st  Maret 1974 (yang menjadi ulang tahun GIGN). Operasi pertama berlangsung dari 10 Maret 1974 untuk melawan orang gila bercokol di apartemennya dengan dua sandera Ecquevilly 6.

Pada tanggal 16 April 1974, GIGN di Mont-de-Marsan menjadi GIGN o  4, sementara ECRI Maisons-Alfort menjadi GIGNo  1. Pada saat itu, GIGN o  1 beroperasi pada wilayah 1 st, 2 e, e dan th  daerah militer, sedangkan GIGN o  4 beroperasi pada 4 th, th dan th  wilayah militer. Unit penerjun payung, terletak pada fasad Atlantik yang GIGN 4 juga lebih fokus pada isu-isu maritim dan memiliki sekelompok penyelam, tetapi dikendalikan pada gilirannya oleh petugas dari skuadron, anggotanya tetap tunduk pada prioritas terakhir dan kurang stres bahwa kesatuan Maisons-Alfort N 3.

Pada tahun 1976, RCMP memutuskan untuk menggabungkan dua unit, terutama untuk biaya dan efisiensi alasan 7. PadaMei 31, 1976, dua GIGN 1 dan 4 dilarutkan dan berkumpul pada st  Juni tahun itu dalam satu unit berbasis di Maisons-Alfort, bernama GIGN, Unit penerjun payung itu, setelah pindah ke Satory (di Versailles) N 4 tahun 1982, bergabung pada tahun 1984 dalam formasi baru yang disebut Groupement keamanan dan intervensi dari Gendarmerie Nasional (GSIGN) (memantapkan dirinya pada tahun 1983), pertama oleh skuadron penerjun, yang menjadi pada kesempatan ini Squadron parasut intervensi dari Gendarmerie Nasional (EPIGN), kemudian pada tahun 1986 oleh presiden Kelompok Keamanan Republik (GSPR) pembentukan dibuat pada tahun 1983.

Pimpinan GIGN[sunting | sunting sumber]

  • Letnan Christian Prouteau : 1973-1982
  • Capitaine Paul Barril : 1982-1983 (Interim)
  • Capitaine Philippe Masselin : 1983-1985
  • Capitaine Philippe Legorjus : 1985-1989
  • Chef d'Escadron Lionel Chesneau : 1989-1992
  • Capitaine Denis Favier : 1992-1997
  • Chef d'Escadron Eric Gerard : 1997–2002
  • Letnan-Kolonel Frédéric Gallois : 2002-2007
  • Brigadir Jenderal Denis Favier : 2005-sekarang

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Satuan kontra-teroris Perancis lainnya

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The homeland maritime defence: an in-depth device". Ministry of Armies. 6 July 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 July 2017. 
  2. ^ Peachy, Paul. "Who are GIGN? Elite police force formed after 1972 Olympics attack on Israelis". The Independent. The Independent. Diakses tanggal 27 April 2016. 
  3. ^ SOC - France - GIGN SpecialOperations.com Retrieved 14 April 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]