Group of Thirty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Group of Thirty
G30-logo.PNG
Consultative Group on International Economic and Monetary Affairs, Inc.
Didirikan 1978
Ketua Jean-Claude Trichet
Direktur Eksekutif Stuart P. M. Mackintosh
Staf 4
Biaya $448k (FY07)
Anggota 30
Lokasi Washington, D.C.
Alamat

1726 M Street, NW, Suite 200

Washington, DC 20036 USA
Situs web www.group30.org

Group of Thirty, biasa disingkat G30, adalah organisasi pegiat keuangan dan akademisi internasional yang bertujuan memahami isu-isu ekonomi dan keuangan serta mempelajari dampak keputusan sektor publik dan swasta terkait dengan isu tersebut. Grup ini melakukan penelitian tentang pasar valuta asing, pasar modal internasional, bank sentral dan pengawasan jasa dan pasar keuangan, dan isu ekonomi makro seperti pasar produk dan tenaga kerja.

Grup ini dikenal sebagai pendukung perubahan kliring dan penyelesaian transaksi global.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Group of Thirty didirikan tahun 1978 oleh Geoffrey Bell atas inisiatif Rockefeller Foundation,[1] pemasok dana awal organisasi ini. Ketua pertamanya dijabat oleh Johannes Witteveen, mantan direktur pelaksana Dana Moneter Internasional. Ketua G30 saat ini adalah Jean-Claude Trichet.[2] Ketua Dewan Pengawasnya saat ini adalah Jacob Frenkel, sedangkan Ketua Emeritusnya adalah Paul Volcker.

The Bellagio Group, dibentuk oleh ekonom Austria Fritz Machlup, merupakan pendahulu Group of Thirty.[3] Grup ini pertama kali bertemu tahun 1963 untuk mempelajari masalah mata uang internasional, terutama krisis neraca pembayaran yang dihadapi Amerika Serikat pada awal 1960-an.

Pada Juni 2011, grup ini merilis laporan perkembangan terkini mengenai krisis keuangan 2008, termasuk penyebab, tanggapan, dan bayangan masa depan Amerika Serikat dan negara lainnya.[4]

Anggota[sunting | sunting sumber]

Grup ini terdiri dari tiga puluh anggota dan kepala bank swasta dan bank sentral besar. Grup ini juga beranggotakan akademisi dan lembaga internasional. Anggotanya saat ini mencakup kepala dan mantan kepala bank sentral Argentina, Brasil, Britania Raya, Kanada, Cina, Perancis, Jerman, India, Israel, Italia, Jepang, Meksiko, Polandia, Singapura, Spanyol, dan Swiss, dua ketua Federal Reserve Bank of New York, dua presiden Bank Sentral Eropa, ketua Basel Committee on Banking Supervision, dua ketua Bank for International Settlements, dua kepala ekonom Danna Moneter Internasional, kepala ekonom Bank Dunia, dan mantan Presiden Meksiko. Grup ini mengadakan pertemuan setiap tahun dan menyelenggarakan seminar, simposium, dan kajian. Kantornya terletak di Washington, D.C.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Karen Epper Hoffman (March 25, 2005). "G30 Members Discuss Critical Concerns For American Corporations". AFP Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 27, 2007. 
  2. ^ "G30 November 22 11 Press Release FINAL" (PDF). Group of Thirty. Diakses tanggal October 13, 2013. 
  3. ^ Gottfried Haberler. "Fritz Machlup: In Memoriam" (PDF). Cato Journal. Cato Institute. 
  4. ^ Russo, Thomas A.; Katzel, Aaron J. "The 2008 Financial Crisis and Its Aftermath: Addressing the Next Debt Challenge" (PDF). Group of Thirty. Diakses tanggal April 8, 2014.