Grimpoteuthis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grimpoteuthis
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Grimpoteuthis

Robson, 1932

Grimpoteuthis adalah genus dari gurita cirrata yang tinggal di zona pelagik, yang juga dikenal sebagai Gurita Dumbo.[1] Nama 'Dumbo' diambil berdasarkan kemiripan mereka dengan karakter Film Disney Dumbo yang dirilis pada tahun 1941, memiliki sirip yang terlihat seperti telinga Dumbo yang menonjol di mantel yang terletak di atas kedua bawah mata mereka. Ada 13 spesies yang telah terdaftar sebagai genus Grimpoteuthis.[2] Mereka biasanya memangsa Krustasea, Bivalvia, Cacing dan Copepoda.[1] Rata-rata spesies Grimpoteuthis memiliki jangka hidup 3 sampai 5 tahun.

Semua spesies Grimpoteuthis hidup pada kedalaman 3,000 sampai 4,000 meter, beberapa ada yang hidup pada kedalaman lebih dari 7,000 meter dibawah permukaan laut.[3] Meskipun ia berada diseluruh perairan dunia yang termasuk Selandia Baru, Australia, Monterey Bay, Oregon, Filipina, Martha's Vineyard, Papua Nugini, dan Azores, mereka sebenarnya salah satu spesies gurita langka. Gurita Dumbo terbesar yang pernah tercatat memiliki panjang tubuh sepanjang 1,8 meter dan berat tubuh seberat 5,9 kilogram.[4] Ukuran rata-rata panjang tubuh dari sebagian besar spesies adalah diantara 20–30 cm (7,9–12 inci). Berat rata-rata masih belum ditentukan.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Gurita Grimpoteuthis diperkirakan berada di seluruh perairan dunia, hidup di suhu yang sangat dingin, dikedalaman abisal tepat pada awal jarak 1,000 hingga 4,800 meter. Spesimen mereka ditemukan di lautan Oregon, Flipina, Martha's Vineyard, Azores, Selandia Baru, Australia, California, dan Papua Nugini. Gurita Dumbo termasuk diantara gurita yang dapat tinggal di kedalaman yang sangat dalam.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Gurita Grimpoteuthis tidak punya kantung tinta seperti gurita pada umumnya. Hal ini dikarenakan gurita Grimpoteuthis tinggal di zona abisal yang minim pencahayaan matahari, menjadikan kantung tinta itu tidak terlalu berguna. Ada beberapa peneliti yang mengatakan bahwa gurita Grimpoteuthis menggunakan strategi kabur dengan meluncurkan tubuhnya dengan secepat yang ia biasa, menutup dan membuka tentakelnya sehingga membuatnya dapat kabur seperti roket, namun ini masih diperdebatkan benar atau tidaknya sampai sekarang. Sampai saat ini, tidak banyak yang tahu bagaimana caranya gurita Grimpoteuthis dapat kabur dan melindungi diri dari predator.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Finned Deep-sea Octopuses, Grimpoteuthis spp". MarineBio.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-09-13. Diakses tanggal 2018-07-18. 
  2. ^ "Grimpoteuthis". tolweb.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-18. Diakses tanggal 2018-07-18. 
  3. ^ Pacific, Aquarium of the. "Aquarium of the Pacific | Online Learning Center | Dumbo Octopus". www.aquariumofpacific.org (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-07. Diakses tanggal 2018-07-18.  horizontal tab character di |title= pada posisi 53 (bantuan)
  4. ^ "MA09.08 Cenus of Marine Life Results". www.nefsc.noaa.gov. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-01. Diakses tanggal 2018-07-18.