Greenfields

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 8°00′00″S 112°30′05″E / 8.000023°S 112.501287°E / -8.000023; 112.501287

PT Greenfields
Perusahaan swasta
IndustriSusu kemasan
Didirikan14 Maret 1997; 26 tahun lalu (1997-03-14)
Kantor
pusat
Malang, Indonesia
Wilayah operasi
Seluruh dunia
ProdukProduk berbahan susu
Merek
  • Greenfields Fresh Milk
  • Greenfields UHT
  • Greenfields Fresh Cheese
  • Greenfields Fresh Stirred Yogurt
  • Greenfields Yogurt Drink
  • Greenfields Whipping Cream
IndukJapfa
Situs webwww.greenfieldsdairy.com

Greenfields adalah perusahaan susu kemasan yang berpusat di Malang, Indonesia dan merupakan produsen susu terbesar di Asia Tenggara.[1] Greenfields memiliki pabrik dan 2 peternakan di lereng Gunung Kawi di Malang dan Blitar.[1] Perusahaan ini didirikan pada 14 Maret 1997. Greenfields merupakan produk susu populer di Indonesia, Singapura, Malaysia, Hong Kong, Brunei, dan Filipina.[2][3]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Di awal 1990-an, negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mengalami perkembangan ekonomi yang sangat pesat. Seiring dengan meningkatnya daya beli masyarakat, kebutuhan akan gaya hidup sehat dan bahan makanan berkualitas tinggi juga meningkat. Sayangnya kebutuhan untuk hal tersebut kebanyakan dipenuhi dengan produk-produk impor dan produk lokal, salah satunya susu yang menggunakan susu bubuk impor. Melihat tidak adanya perusahaan peternakan penghasil susu berskala besar, tidak adanya angkatan kerja yang cukup untuk menunjang, dan tidak adanya tanah subur, sumber air serta sumber bahan dasar lainnya. Ini menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh sebuah perusahaan susu murni yang bermaksud melayani pasaran domestik Indonesia dan kawasan di sekitarnya dengan memberikan susu murni berkualitas tinggi. Peluang dan berbagai tantangan ini menjadi awal dari terbentuknya PT Greenfields Indonesia.

Pada tanggal 14 Maret 1997, PT Greenfields Indonesia dilahirkan oleh sekelompok usahawan Australia dan Indonesia yang memiliki latar belakang, keahlian dan pengalaman kuat di bidang agrobisnis. Perusahaan dimulai dengan mengembangkan tanah peternakan di Desa Babadan, Gunung Kawi, Jawa Timur, suatu tempat dengan lingkungan yang sangat ideal untuk sapi-sapi perah khusus. Di bulan April 1999 dimulailah konstruksi fasilitas pengolahan susu yang kemudian mulai beroperasi pada bulan Juni 2000. Susu yang dihasilkan oleh peternakan ini merupakan susu dengan mutu tinggi serta memenuhi syarat terketat dunia dalam mikrobiologi. PT Greenfields Indonesia memproduksi susu pasteurisasi dan susu UHT dalam beberapa jenis, rasa, dan ukuran kemasan yang berbeda. Saat ini, peternakan Greenfields memiliki lebih dari 19.000 ekor sapi Holstein dan Jersey. Di samping melayani pasar domestik, lebih dari 50% hasil produksi PT Greenfields Indonesia dipasarkan di Singapura, Malaysia, Hong Kong, Phillipina dan negara-negara lain di kawasan ini.Saat ini Grenefields telah berkembang dari perusahaan susu menjadi perusahaan dairy yang tidak hanya memproduksi susu namun produk turunan susu lainnya seperti yoghurt, keju dan whipping cream.

Produk utama[sunting | sunting sumber]

  • Greenfields Fresh Milk (pasteurisasi) tersedia dalam ukuran 200 ml, 500 ml, 1 liter dan 1,89 liter dengan rasa fresh milk, rendah lemak, skimmed, choco malt, stroberi dan kopi moka.
  • Greenfields UHT hadir dalam kemasan 1 liter untuk konsumsi rumah varian UHT Full Cream, UHT Skimmed Milk, UHT Lowfat dan UHT Chocomalt. Sedangkan UHT kemasn kecil untuk berpergian tersedia dalam kemasan 125 ml, 200 ml dan 250 ml (rasa coklat malt, stroberi, dan full cream)
  • Greenfields Fresh Cheese tersedia dalam mozzarella shredded cheese dan mozzarella cheese (block), bocconcini cheese, ricotta cheese serta camembert cheese.
  • Greenfields Fresh Stirred Yogurt dengan rasa mixed berry, bluberi, stroberi, mangga dan orisinal dalam ukuran 1 kg, 500 g dan 125 g.
  • Greenfields Yoghurt Drink tersedia dalam rasa soursop, original, mixed fruit, bluberi, pisang, mangga, stroberi, persik, rasbesi-leci dan leci.
  • Greenfields Whipping cream tersedia dalam ukuran 1 liter.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ a b "Our Farms – Greenfields Dairy". Greenfields. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Februari 2019. Diakses tanggal 17 Februari 2019. 
  2. ^ Purwanto, Didik. Wedhaswary, Inggried Dwi, ed. "Greenfields, Susu dari Malang untuk Dunia". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 Februari 2018. Diakses tanggal 17 Februari 2019. 
  3. ^ "PT. Greenfield Indonesia". Pemerintah Kabupaten Malang. 18 Desember 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Juni 2018. Diakses tanggal 2 Oktober 2022.