Batu rumput

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Grass block)

Grass Block atau batu rumput adalah bahan bangunan untuk perkerasan jalan, area parkir, taman, dan sebagainya. Hampir sama fungsinya dengan batu ampar. Hanya bedanya, ia memiliki rongga yang dapat ditanami rumput. Kelebihan lainnya, hujan dengan mudah dapat terserap ke dalam tanah. Batu rumput dikenal juga dengan nama batu ampar rumput.

Rongga-rongga ini memungkinkan air dapat meresap kedalam tanah menjadi lebih banyak, dibandingkan Paving Block. Umumnya penggunaannya untuk lahan pedestrian, jalan pada taman, atau carport rumah, halaman restoran atau perkantoran hingga jalan areal jalan lingkungan perumahan.

Rumput yang tumbuh pada rongga-rongga akan menambah estetika dan keindahan halaman atau jalan. Dan dapat dibuat dengan berbagai design/pola pemasangan dan dapat dikombinasikan dengan Paving Block. Menggunakan Grass Block adalah cara yang bagus untuk perkerasan jalan, halaman/taman sekaligus memiliki hamparan rumput yang hijau dan tentunya membuat lahan resapan air bertambah luas.

Klasifikasi Grass Block[sunting | sunting sumber]

Berdasarkan cara pembuatannya Grass Block dapat digolongkan dalam beberapa jenis yaitu:

  • Grass Block Manual. Grass Block Manual diproduksi secara manual dengan tangan. Grass Block manual umumnya digunakan untuk perkerasaan non struktural, seperti halaman rumah dengan daya beban rendah. Umumnya ketebalannya hanya 6 cm.
  • Grass Block Press Mesin. Grass Block jenis ini diproduksi dengan mesin press dan umumnya memiliki mutu beton di atas K 250. Dalam pemakaiannya Grass Block ini banyak digunakan sebagai alternatif perkerasan di pelataran lahan parkiran hingga areal jalan. Dan ketebalannya pun tersedia dengan ukuran tebal 60 mm dan 80 mm, tergantung dengan fungsi penggunaan Grass Block tersebut. Semakin tebal semakin baik kekuatannya.

Berdasarkan ukuran dan modelnya, Grass Block tersedia dengan model lubang 1, lubang 2, lubang 5 dan lubang 8.

Cara Memasang Grass Block[sunting | sunting sumber]

Perlu diketahui bahwa grass block mudah dipasang, berikut ini cara memasang grass block:

  1. Pilih jenis grass block sesuai dengan kebutuhan
  2. Ratakan tanah dengan teknik leveling
  3. Jangan lupa pasang kanstin beton
  4. Pasang sesuai pola grass block yang sudah ada
  5. Terakhir, tanami rongga dengan tanaman supaya rapi

Referensi[sunting | sunting sumber]