Grand Prix sepeda motor Amerika Serikat 2005

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Amerika Serikat  Grand Prix Amerika Serikat 2005
Detail lomba
Lomba ke 8 dari 17
Grand Prix Sepeda Motor musim 2005
Tanggal10 Juli 2005
Nama resmiRed Bull U.S. Grand Prix[1][2][3]
LokasiWeatherTech Raceway Laguna Seca
Sirkuit
  • Fasilitas balapan permanen
  • 3.610 km (2.240 mi)
MotoGP
Pole position
Pembalap Amerika Serikat Nicky Hayden
Catatan waktu 1:22.670
Putaran tercepat
Pembalap Amerika Serikat Colin Edwards
Catatan waktu 1:23.915 di lap 5
Podium
Pertama Amerika Serikat Nicky Hayden
Kedua Amerika Serikat Colin Edwards
Ketiga Italia Valentino Rossi

Grand Prix Sepeda Motor Amerika Serikat 2005 adalah seri kedelapan MotoGP musim 2005. Itu terjadi pada akhir pekan 8-10 Juli 2005 di WeatherTech Raceway Laguna Seca. Hanya kelas MotoGP yang berpacu di sini karena undang-undang California tentang polusi udara, yang melarang mesin 2-tak di negara bagian itu. Seri ini adalah Grand Prix Sepeda Motor pertama yang diselenggarakan oleh Amerika Serikat sejak Grand Prix Amerika Serikat 1994.

Lomba ini dimenangkan oleh pembalap tuan rumah sendiri, Nicky Hayden dari Repsol Honda Team.

Laporan Balapan MotoGP[sunting | sunting sumber]

Perlombaan ini paling menonjol karena kemenangan dominan di kandang oleh pembalap Amerika Nicky Hayden, serta tempat kedua dari pembalap Amerika lainnya Colin Edwards, diikuti oleh juara dunia enam kali Valentino Rossi di tempat ketiga.

Valentino Rossi memimpin klasemen dengan 170 poin, disusul Marco Melandri dengan 107 dan Max Biaggi dengan 87 poin.

Pada hari Sabtu, pembalap Amerika Serikat Nicky Hayden mencetak pole position pertamanya pada hari Sabtu dengan catatan waktu 1:22,670.[4] Valentino Rossi berada di urutan kedua, +0,354 detik di belakang pembalap veteran Brasil Alex Barros memenuhi syarat ketiga dengan defisit +0,642. Baris kedua dari grid terdiri dari Troy Bayliss, dan dua pembalap Amerika lainnya Colin Edwards dan John Hopkins.[5][6]

Untuk balapan ini, dua tim memilih corak khusus untuk balapan ini - Suzuki dan Yamaha. Tim Pabrikan Yamaha memilih balapan dengan kombinasi asli kuning-putih untuk memperingati ulang tahun kelima puluh Yamaha dalam olahraga ini.[7][8] Tim Pabrik Suzuki memilih untuk menampilkan corak satu-satunya setelah bermitra dengan perusahaan minuman energi Austria Red Bull, setelah meluncurkannya dua minggu sebelumnya pada balapan Belanda.[9][10][11]

Sebelum lomba dimulai, diheningkan cipta selama satu menit untuk mengenang para korban yang tewas dalam pengeboman 7/7 di London baru-baru ini.[12][13]

Semua pembalap lepas landas dan melakukan lap pemanasan seperti biasa sebelum berbaris di slot grid masing-masing. Lampu padam dan Hayden-lah yang memiliki awal yang fantastis dan mempertahankan keunggulan di lap pembuka. Di belakangnya adalah Honda Pons dari Bayliss dan Yamaha milik Rossi saat mereka melewati Tikungan 1 yang cepat dan memasuki Tikungan 2 - The Andretti Hairpin. Setengah lap telah berlalu dan enam besar terdiri dari Hayden, Rossi - yang baru saja melewati Bayliss antara Tikungan 3 dan 4 -, Bayliss, Max Biaggi, John Hopkins dan Carlos Checa. Saat mereka tiba di tikungan Corkscrew, Hayden sudah memiliki jarak yang signifikan dengan Rossi, pembalap Amerika itu dibantu oleh pengalaman sebelumnya di venue ini dari hari-harinya di AMA Superbike.[6][13] Di belakang enam besar, Colin Edwards kalah ketujuh dari Sete Gibernau.

Lap 2 dimulai, dua pembalap melewati gravel di Tikungan 11. Mereka adalah Barros dan Marco Melandri, yang berselisih satu sama lain saat Melandri mencoba melewati Barros tetapi gagal, menyentuhnya dan menyebabkan keduanya gagal dan mundur.[13] Di Tikungan 5, Biaggi meluncur melewati Bayliss dengan Repsol Honda-nya dan menempati posisi ketiga. Namun dia berlari sedikit keluar dari tikungan cepat, memungkinkan pembalap Australia itu membalasnya dan mempertahankan tempatnya.[13]

Lap 3 dan Rossi telah menarik celah besar untuk Bayliss, yang mulai membentuk kereta kecil pembalap di belakangnya. Hayden masih memimpin di depan. Edwards telah berhasil mendapatkan dua tempat dari putaran terakhir shunt dan juga melewati Gibernau untuk menempatkan dirinya di belakang Hopkins di urutan keenam. Dia juga berhasil menyalip Hopkins untuk posisi kelima dan berada di belakang Biaggi setengah putaran.

Lap 4, Hayden berhasil menarik selisih +1.794 detik ke posisi kedua Rossi. Di belakang mereka, Bayliss kini mendapat tekanan dari Biaggi, yang dirinya diburu oleh Edwards yang lebih berpengalaman. Biaggi bergerak di Tikungan 5, menyelam ke bagian dalam Bayliss tetapi sekali lagi melebar saat keluar, memungkinkan pembalap Honda Pons untuk kembali ke arahnya dan melawannya di garis lurus. Mereka berjalan berdampingan, tetapi harus menyerahkan posisi kepada pembalap Italia itu sebelum dimulainya Tikungan 6. Namun, Bayliss berhasil mengambil garis yang lebih ketat dan membalas serangan Biaggi di Rahal Straight, dengan Edwards melakukan umpan ganda yang berani dengan pergi ke kiri luar, hampir menuju kerikil, berhasil menyalip kedua pengendara sebelum mereka memasuki urutan Corkscrew.[13] Gibernau sementara itu berhasil mengejar ketinggalan karena perkelahian dan melakukan sepak terjang terlambat bagian dalam Biaggi, mendorongnya keluar dari jalan dan mengambil tempat kelima dengan paksa. Biaggi telah kehilangan tiga posisi dalam satu tikungan.

Lap 5 dan Gibernau berhasil mengambil posisi keempat dari Bayliss yang kesulitan di Tikungan 1. Keluar dari Andretti Hairpin, Checa mencoba mengambil posisi ketujuh dengan menyalip Red Bull Suzuki di luar sebelum Tikungan 3, gagal dan harus masuk di belakang. Di depan, semuanya stabil - Hayden memimpin Rossi dengan +2,1 detik sementara Edwards telah menarik jarak ke Gibernau dan sekarang perlahan mengejar rekan setimnya di Yamaha. Antara Turn 3 dan 4, Biaggi mengambil posisi kelima dari Bayliss, seperti halnya Checa dari Hopkins. Sementara itu, selisih jarak Hayden dengan Rossi - +1.666 detik - meningkat menjadi +1.836 detik.

Lap 6, jarak tempuh Rossi berkurang tipis menjadi +1.781 detik. Tempat ketiga Edwards mencetak lap tercepat dan masih perlahan memburu Rossi.[13] Gibernau juga berhasil melewati Biaggi untuk posisi keempat selama lap ini.

Lap 7 duo Gibernau dan Biaggi mulai membuat celah kecil ke posisi enam Bayliss. Biaggi ada di belakang pembalap Spanyol itu selama satu putaran, tetapi tidak bisa bergerak. Selisih Hayden dengan Rossi meningkat lagi, dari +1.712 menjadi +2.003 detik.

Lap 8, Edwards masih perlahan mengejar Rossi. Jarak yang dia miliki dengan Edwards adalah +1,5 detik pada lap sebelumnya tetapi itu sekarang berkurang menjadi +1,4 detik.

Lap 9 dan Biaggi masih berada di belakang Gibernau, mencoba menempati posisi keempat. Checa turun di Andretti Hairpin, pembalap dengan putus asa melihat-lihat sepedanya saat balapannya sudah berakhir. Dia kehilangan bagian depan sepedanya saat keluar tikungan, akibatnya meluncur keluar dari persaingan.

Lap 10, jarak Rossi dengan Edwards menyusut lagi - dari +1,4 menjadi +1,1 detik. Biaggi, masih tepat di belakang Gibernau, akhirnya bergerak ke posisi keempat setelah pembalap Spanyol itu berlari sedikit melebar di Tikungan 3, melewati tikungan berdampingan dengan 'Roman Emperor' keluar di atasnya.

Lap 11 dan Edwards sekarang semakin dekat dengan rekan setimnya dari Italia. Biaggi di belakang mereka telah membuka sedikit celah ke Gibernau.

Lap 12, Hayden kini memiliki selisih +2,775 detik dari Rossi, yang secara perlahan kalah dari Hayden.[13] Tidak ada overtake yang terjadi.

Lap 13 dan Edwards masih perlahan mengimbangi Rossi. Jarak Rossi dengan Edwards kini menyusut menjadi hanya +0,3 detik.[13] Tidak ada overtake yang terjadi.

Lap 14, Edwards hampir berada di belakang Rossi. Masih belum ada kesalahan yang terjadi.

Lap 15 dan jarak Hayden dengan Rossi sedikit berkurang menjadi +2,5 detik. Edwards masih berusaha mendekati Rossi tapi belum bisa.

Lap 16 - titik tengah -, Edwards kini berhasil menutup sepenuhnya jarak dengan Rossi. Dia dengan sabar menunggu di belakang 'The Doctor', lalu menerkam di Corkscrew, naik ke dalam dan berhasil melewati Rossi untuk posisi kedua di bawah sorakan keras dari penonton yang didominasi orang Amerika.[6][13]

Lap 17 dan Rossi tidak menyerah, tetap tepat di belakang Edwards. Namun, memasuki Andretti Hairpin, Rossi melebar dan memungkinkan pembalap Amerika itu dengan mudah pergi.

Lap 18, jarak Hayden dengan Edwards adalah +2,424 detik. Di belakang mereka, Biaggi masih di depan Gibernau yang membayangi langkah Biaggi.

Dengan penonton Amerika yang gembira bersorak pada Edwards saat dia melewati garis di awal lap 19, dia sekarang ingin mengejar pemimpin Hayden. Dia mengambil +0,2 detik dari Hayden dan mengurangi jarak menjadi +2,1 detik. Gap semakin berkurang di sektor 1 - dari +2.163 menjadi +2.045 detik karena Hayden harus menyalip backmarker dalam bentuk James Ellison. Di sektor 2, jarak tersebut berkurang lagi, dari +2.045 menjadi +1.905 detik.[6]

Lap 20 dan Rossi juga melewati backmarker Ellison sebelum Tikungan 1. Jarak yang harus dimiliki Edwards dengan Rossi adalah +1,8 detik. Di jalur lurus sebelum Tikungan 4, Ellison membiarkan Biaggi dan Gibernau lewat juga. Jarak tersebut meningkat menjadi +2.071 detik, kemudian berkurang lagi menjadi +2.001 detik.

Lap 21, Hayden mulai menambah jarak dengan Edwards lagi.[6]

Lap 22 dan enam besar adalah sebagai berikut: Hayden, Edwards, Rossi, Biaggi, Gibernau dan Bayliss. Di belakang mereka, Shinya Nakano dan Makoto Tamada berjuang untuk tempat kedelapan. Pembalap Konica Minolta berada tepat di belakang Kawasaki tetapi tidak dapat bergerak sejauh ini.

Lap 23, bagian depan masih sangat stabil dengan Hayden yang memimpin. Sementara Biaggi telah menarik diri dari Gibernau dan sekarang berusaha untuk menutup jarak dengan Rossi.

Lap 24 dan Tamada telah melewati Nakano untuk posisi kedelapan di lap sebelumnya. Tidak ada serangan balik yang terjadi di depan.

Penonton Amerika bersorak pada Hayden saat dia melewati garis untuk memulai lap 25. Jarak ke Edwards sekarang +2,202 detik.

Lap 26, selisih Hayden dengan Edwards turun menjadi +1.997, kemudian turun lagi menjadi +1.927 detik di sektor 1. Di sektor 2, selisih sedikit meningkat menjadi +1.988 detik.

Lap 27, Tamada menyalip Hopkins di Tikungan 1, pembalap Jepang itu memanfaatkan kecepatan top-end Honda yang superior untuk melesat melewati bagian dalam.

Lap 28, jarak Hayden ke Edwards meningkat dari +2.182 menjadi +2.397 detik.

Penggemar Amerika menjadi lebih gembira saat mereka melihat Hayden melewati garis untuk memulai lap 29. Jauh di belakang, Loris Capirossi di Ducati di tempat kesepuluh telah mendekati Kawasaki Shinya Nakano dan tepat di belakangnya. Tamada kini menyalip Honda Pons Bayliss untuk posisi keenam.

Lap 30 dan posisinya masih stabil. Jarak Rossi ke Biaggi adalah +1.558 detik, meningkat menjadi +1.732 detik di sektor 2.

Lap 31, lap kedua dari belakang, Rossi sudah mulai menutup jarak dengan rekan setimnya lagi. Hayden masih memimpin di depan dan tidak ada serangan balik yang terjadi.

Lap terakhir - lap 32 - telah dimulai dan penonton Amerika menjadi liar karena masih ada dua orang Amerika di depan. Hayden memimpin Edwards dengan dominan +2.6 detik sementara pembalap Amerika lainnya sekarang harus melakukan segalanya untuk mencegah Rossi saat ia mulai mendekat. Rossi mencoba sepanjang lap untuk cukup dekat untuk bergerak, tetapi Edwards dengan berani bertahan. Gibernau sementara itu mendekati Biaggi dan mencoba melakukan sepak terjang di Tikungan 12 tetapi gagal. Hayden melewati garis dalam perayaan untuk memenangkan perlombaan - kemenangan pertamanya di kandang, serta kemenangan pertamanya secara total - dengan Edwards melewati garis di urutan kedua, tepat di depan Rossi yang menyelesaikan podium.[6][13] Biaggi melewati garis di urutan keempat, Gibernau di urutan kelima dan Bayliss berhasil menahan Tamada untuk keenam.[13]

Di pangkuan parade kembali ke parc fermé, Hayden dengan gembira merayakan kemenangannya, melambai ke kerumunan saat para marshall mengucapkan selamat kepadanya dengan mengibarkan bendera mereka. Dia mengangkat tangannya dengan sangat gembira juga.

Saat para pembalap naik ke podium, Nicky Hayden mendapat sorakan kebahagiaan yang nyaring dari penonton saat dia dengan gembira mengangkat lengannya untuk menunjukkan kemenangannya. Dia melakukan tarian lucu, lalu melangkah ke tangga teratas saat Rossi dan Edwards berjabat tangan dengan sang pemenang.

Juara dunia 500cc 1993 Kevin Schwantz menyerahkan Rossi piala tempat ketiga, Edwards piala tempat kedua dan empat kali juara dunia 500cc Eddie Lawson menyerahkan Hayden piala pemenang, yang sangat menerimanya dan memegangnya di atas miliknya kepala dengan gembira. Lawson juga menyerahkan Pete Benson - kepala mekanik tim Repsol Honda - piala konstruktor.

Lagu kebangsaan AS diputar untuk Hayden, yang mulai menangis setelah penonton bersorak saat lagu tersebut berhenti. Para fans meneriakkan nama Hayden saat dia menyeka air mata kegembiraan, sampanye diberikan dan ketiganya mulai menyemprotkannya satu sama lain, para fans dan gadis grid yang tidak beruntung yang berdiri di dekat mereka.[14]

Kemenangan 'The Kentucky Kid' tidak mempengaruhi perburuan kejuaraan Rossi. 'The Doctor' sekarang unggul 186 poin, memperpanjang keunggulannya menjadi 79 poin ke tempat kedua Marco Melandri dengan 107 dan tempat ketiga Max Biaggi dengan 100 poin.[13]

MotoGP[sunting | sunting sumber]

Pos. No. Pembalap Tim Pabrikan Lap Waktu/Mundur Grid Poin
1 69 Amerika Serikat Nicky Hayden Repsol Honda Team Honda 32 45:15.374 1 25
2 5 Amerika Serikat Colin Edwards Yamaha Factory Racing Yamaha 32 +1.941 5 20
3 46 Italia Valentino Rossi Yamaha Factory Racing Yamaha 32 +2.312 2 16
4 3 Italia Max Biaggi Repsol Honda Team Honda 32 +4.216 7 13
5 15 Spanyol Sete Gibernau Movistar Honda MotoGP Honda 32 +4.478 13 11
6 12 Australia Troy Bayliss Honda Pons Honda 32 +22.381 4 10
7 6 Jepang Makoto Tamada Konica Minolta Honda Honda 32 +22.493 9 9
8 21 Amerika Serikat John Hopkins Red Bull Suzuki Suzuki 32 +23.148 6 8
9 56 Jepang Shinya Nakano Kawasaki Racing Team Kawasaki 32 +23.625 10 7
10 65 Italia Loris Capirossi Ducati Team Ducati 32 +26.123 14 6
11 11 Spanyol Rubén Xaus Fortuna Yamaha Team Yamaha 32 +43.512 16 5
12 66 Jerman Alex Hofmann Kawasaki Racing Team Kawasaki 32 +50.957 15 4
13 24 Spanyol Toni Elías Fortuna Yamaha Team Yamaha 32 +51.343 17 3
14 10 Amerika Serikat Kenny Roberts Jr. Red Bull Suzuki Suzuki 32 +1:13.749 12 2
15 67 Britania Raya Shane Byrne Team Roberts Proton KR 32 +1:24.256 19 1
16 77 Britania Raya James Ellison Blata WCM Blata 32 +1:24.524 20
17 27 Italia Franco Battaini Blata WCM Blata 31 +1 lap 21
Ret 44 Italia Roberto Rolfo Team d'Antin Pramac Ducati 30 Mundur 18
Ret 7 Spanyol Carlos Checa Ducati Team Ducati 8 Kecelakaan 8
Ret 33 Italia Marco Melandri Movistar Honda MotoGP Honda 0 Kecelakaan 11
Ret 4 Brasil Alex Barros Honda Pons Honda 0 Kecelakaan 3
Sumber:[15][16][17]

Klasemen Kejuaraan setelah Balapan (MotoGP)[sunting | sunting sumber]

Di bawah ini adalah klasemen untuk lima pembalap dan konstruktor teratas setelah ronde delapan selesai.[18]

  • Catatan: Hanya lima posisi teratas yang dimasukkan untuk kedua set klasemen.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2005 United States MotoGP". Motorsportmagazine.com. 13 Juni 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-01. Diakses tanggal 17 Mei 2018. 
  2. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 Agustus 2018. Diakses tanggal 27 Agustus 2018. 
  3. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 Mei 2018. Diakses tanggal 17 Mei 2018. 
  4. ^ "Hayden: Perasaan yang luar biasa setelah bertahun-tahun". Crash. 10 Juli 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-28. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  5. ^ "Hayden tak terkalahkan untuk pole pertama". Crash. 9 Juli 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-16. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  6. ^ a b c d e f "Laguna Seca 2005: Hari di mana Nicky Hayden "tidak terkalahkan"". www.motorsport.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-14. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  7. ^ "Yamaha mengonfirmasi livery 'retro' Valencia". Crash. 3 November 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-23. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  8. ^ "Tim Yamaha MotoGP Memperingati HUT ke-50 Dengan Skema Cat Khusus Di Laguna Seca". 7 Juli 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-14. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  9. ^ "Gambar: Suzuki memperkenalkan corak Red Bull". Crash. 25 Juni 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-18. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  10. ^ "Tim Suzuki Luncurkan Livery Red Bull Baru Di Assen". 25 Juni 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-10. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  11. ^ "Tim Suzuki MotoGP Akan Berlomba Seperti "Red Bull Suzuki" Di Laguna Seca". 10 Juni 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-25. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  12. ^ "MotoGP Akan Hormati Korban Bom London Dengan Momen Hening Jelang Grand Prix AS". 10 Juli 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-18. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  13. ^ a b c d e f g h i j k l "Faultless Hayden wins first GP, home GP!". Crash. 10 Juli 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-14. Diakses tanggal 2021-02-28. 
  14. ^ "MotoGP Classics - Laguna Seca 05'". YouTube. 28 Maret 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-03-30. Diakses tanggal 29 April 2020. 
  15. ^ "MotoGP Amerika Serikat 2005 - Database Majalah Motor Sport". Motorsportmagazine.com. 13 Juni 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-01. Diakses tanggal 27 Agustus 2018. 
  16. ^ "Red Bull U.S. Grand Prix – MotoGP – Klasifikasi Balapan" (PDF). MotoGP.com. Dorna Sports. 10 Juli 2005. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2019-07-15. Diakses tanggal 15 Juli 2019. 
  17. ^ "motogp.com · RED BULL U.S. GRAND PRIX · MotoGP Race Classification 2005". Motogp.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-09-27. Diakses tanggal 27 Agustus 2018. 
  18. ^ "Standings" (PDF). resources.motogp.com. 2005. Diakses tanggal 22 Agustus 2019. 


Lomba sebelumnya:
Dutch TT 2005
Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM
musim 2005
Lomba sesudahnya:
Grand Prix Inggris 2005
Lomba sebelumnya:
Grand Prix Amerika Serikat 1994
Grand Prix Amerika Serikat Lomba sesudahnya:
Grand Prix Amerika Serikat 2006