Grand Prix F1 Spanyol 2010

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Prix Spanyol 2010
Lomba ke-5 dari 19 dalam Formula Satu musim 2010
← Lomba sebelumnyaLomba berikutnya →
Sirkuit Catalunya
Sirkuit Catalunya
Detail perlombaan
Tanggal 9 Mei 2010
Nama resmi Formula 1 Gran Premio de España Telefónica 2010
Lokasi Sirkuit Catalunya, Montmeló, Catalonia, Spanyol[1]
Sirkuit Fasilitas balapan permanen
Panjang sirkuit 4.655 km (2.892 mi)
Jarak tempuh 66 putaran, 307.104 km (190.826 mi)
Cuaca Umumnya berawan dan kering
Penonton 98,200
Posisi pole
Pembalap Red Bull-Renault
Waktu 1:19.995
Putaran tercepat
Pembalap Britania Raya Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
Waktu 1:24.357 putaran ke-59
Podium
Pertama Red Bull-Renault
Kedua Ferrari
Ketiga Red Bull-Renault
Pemimpin perlombaan

Grand Prix Spanyol 2010 (dengan nama resmi: Formula 1 Gran Premio de España Telefónica 2010)[2] merupakan seri kelima dari rangkaian 19 seri balapan mobil Formula 1 musim 2010. Balapan ini digelar di sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, pada tanggal 9 Mei 2010.[3] Balapan ini adalah balapan yang pertama di benua Eropa pada musim 2010, dan pada akhirnya berhasil dimenangkan oleh Mark Webber dari tim Red Bull,[4] setelah pembalap asal Australia itu start dari posisi terdepan, dan memimpin jalannya balapan ini di setiap putaran balapan.

Laporan[sunting | sunting sumber]

Latar belakang sebelum lomba[sunting | sunting sumber]

Tim Ferrari mengganti corak pada penutup mesin mobil F10 setelah tim tersebut dituduh telah mempromosikan Rokok Marlboro dengan desain sebelumnya.

Menjelang sesi latihan bebas pertama, media fokus pada beberapa peningkatan besar yang telah diperkenalkan oleh berbagai tim pada awal musim di benua Eropa. Tim Mercedes meninggalkan penggunaan kotak udara yang dipasang di atas penutup mesin, dan memilih rollbar vertikal yang kaku dan dua saluran masuk udara tepat di belakang kokpit pembalap. Solusi dari tim Virgin untuk menyelesaikan masalah tangki bahan bakar yang terlalu kecil adalah dengan membawa sasis yang lebih panjang untuk menampung tangki bahan bakar yang lebih besar dan sistem pasokan bahan bakar baru yang memungkinkan mereka berjalan dengan seringan mungkin selama sesi kualifikasi. Mobil VR-01 juga diberi penutup mesin "sirip hiu". Namun, karena letusan gunung berapi di Islandia yang mengganggu perjalanan udara melintasi benua Eropa pada saat balapan sebelumnya, maka hanya satu sasis saja yang mampu mencapai Barcelona, ​​untuk digunakan oleh Timo Glock. Menyusul beberapa masalah mesin dramatis yang mempengaruhi mereka dan tim pelanggannya, maka tim Ferrari diberikan izin oleh FIA untuk memodifikasi mesin mereka. Di tengah kontroversi yang timbul dari tuduhan bahwa stiker "barcode" generik Marlboro mereka berisi iklan subliminal, tim Ferrari menghapus semua jejaknya dari mobil mereka pada akhir pekan. Di tempat yang lain, tim Hispania mengontrak mantan pembalap Jaguar, yaitu Christian Klien, sebagai pembalap tes, menggantikan posisi Karun Chandhok untuk sesi latihan bebas pertama. Lisensi Super FIA Klien – lisensi yang memperbolehkan seorang pembalap untuk balapan di dalam ajang Formula Satu – dilaporkan telah habis masa berlakunya karena dia tidak turun balapan selama lebih dari tiga tahun (penampilan terakhirnya adalah di Grand Prix Italia 2006), yang akan mencegahnya untuk meninggalkan jalur pit dan turun ke sirkuit. Klien mengambil bagian di dalam sesi tersebut, dengan laporan yang mengklaim bahwa lisensi balapannya telah diperbarui hanya sepuluh menit saja sebelum sesi ini dimulai.

Sesi latihan bebas dan kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Michael Schumacher start di depan rekan setimnya di tim Mercedes, yaitu Nico Rosberg, untuk yang pertama kalinya di musim ini.

Sesi latihan bebas pertama bebas dari insiden, kecuali Pedro de la Rosa dari tim Sauber yang menjadi korban dari kegagalan girboks di mobilnya. Lewis Hamilton dan Jenson Button menduduki puncak catatan waktu untuk tim McLaren, dengan Michael Schumacher yang mengalami kebangkitan untuk finis di posisi ketiga setelah pembukaan musim 2010 yang buruk. Pria asal Jerman itu kemudian mengakui bahwa pembaruan tim pada mobil W01 telah menambah kepercayaan dirinya. Pembalap favorit lokal, yaitu Fernando Alonso, berada di urutan kedelapan untuk tim Ferrari, diapit di antara duet pembalap Renault, yaitu Robert Kubica dan Vitaly Petrov. Heikki Kovalainen sekali lagi menjadi yang tercepat di antara para pembalap yang memperkuat tim-tim yang baru, di mana mobil Lotus T127 miliknya menyelesaikan sesi I I dengan jarak empat detik lebih lambat dari Hamilton dan kurang dari dua detik di belakang pembalap Williams, yaitu Nico Hülkenberg.

Hülkenberg kemudian memberikan drama di sesi latihan bebas kedua, ketika perjalanan keluar dari trek di pintu keluar Campsa mengakibatkan benturan dengan dinding yang merobek sayap depan. Pembalap Toro Rosso, yaitu Jaime Alguersuari, berhenti di sirkuit dengan hanya beberapa menit lagi yang masih tersisa di dalam sesi tersebut, dengan truk pemulihan yang menabrak jembatan pada saat mengembalikan mobil yang terkena dampak ke pit. Sesi ini diakhiri oleh Sebastian Vettel, diikuti oleh rekan setimnya, yaitu Mark Webber, dan Schumacher sekali lagi mencatatkan waktu tercepat ketiga. Alonso naik ke posisi keempat, sementara duet pembalap McLaren, yaitu Hamilton dan Button, tergelincir ke belakang; Hamilton finis di posisi kelima dan Button finis di posisi kesembilan. Jarno Trulli menggantikan posisi rekan setimnya, yaitu Kovalainen, sebagai pembalap yang tercepat di antara para pembalap di tim yang baru.

Sesi latihan bebas ketiga ditandai dengan dua insiden yang terpisah yang dilakukan Petrov dan Kamui Kobayashi, keduanya menemukan genangan air di tengah tikungan Repsol hanya berselang beberapa menit. Mobil Kobayashi berhasil selamat tanpa cedera, tetapi mobil Petrov berputar dan menghantam tembok. Kerusakan pada mobil R30 miliknya cukup parah, sehingga mengharuskan tim untuk mengganti girboksnya, sehingga membuat dirinya mendapatkan penalti turun lima tempat di grid. Hukuman yang serupa diterapkan pada kedua mobil Virgin Racing setelah tim gagal memberi tahu FIA tentang perubahan rasio gigi mereka sebelum batas waktu, dan kepada Karun Chandhok dari tim Hispania, yang telah mengganti girboks pada mobilnya.

Sesi kualifikasi adalah sebuah perlombaan untuk melihat siapa yang akan menempati posisi ketiga di grid, karena duet pembalap Red Bull, yaitu Webber dan Vettel, telah berhasil mencatatkan waktu tercepat di masing-masing dari tiga bagian sesi kualifikasi. Webber kemudian berhasil mengambil posisi terdepan. Sesi Q1 menyaksikan tersingkirnya enam pembalap dari tiga tim pendatang baru – tema yang sedang berjalan di sepanjang musim ini – serta pembalap Williams, yaitu Rubens Barrichello. Barrichello mengaku bahwa dia tidak dapat memahami insinyur balapannya pada saat sedang berada di sirkuit. Sirkuit Catalunya memiliki sejarah masalah terkait radio; selama sesi latihan bebas untuk Grand Prix Spanyol 2009, Mark Webber melaporkan bahwa dia dapat mendengar pengemudi truk asal Spanyol berbicara satu sama lain melalui radio CB. Tim Lotus sekali lagi menjadi yang tercepat di antara para pembalap dari tim pendatang baru, dengan Trulli dan Kovalainen yang masing-masing lolos ke posisi kesembilan belas dan kedua puluh, di depan dua pembalap Virgin dan dua pembalap Hispania.

Sesi kualifikasi bagian yang kedua bertemakan hal yang serupa, di mana Sutil, de la Rosa, Hülkenberg, Petrov, Buemi, Alguersuari, dan Liuzzi, semuanya tereliminasi. Hanya selisih empat persepuluh detik saja yang memisahkan semuanya, kecuali Aluguersuari dan Liuzzi, untuk mencapai sesi Q3. Di tempat yang lain, tim Mercedes lebih memilih untuk tidak mengirimkan Michael Schumacher untuk bergabung bersama dengan pembalap yang lain di akhir sesi karena mereka yakin bahwa catatan waktunya akan cukup untuk membawanya ke sesi kualifikasi bagian yang terakhir. Tim Ferrari telah berkomitmen untuk melakukan tindakan yang serupa pada tahun 2009, dengan hasil akhirnya adalah Kimi Räikkönen yang tersingkir sejak dini.

Periode sepuluh menit terakhir sekali lagi didominasi oleh tim Red Bull, dengan Webber sebagai yang terdepan. Hamilton menyisihkan pahlawan lokal, yaitu Alonso, untuk merebut posisi ketiga di grid, sementara Button nyaris saja berhasil menempatkan mobil MP4-25 miliknya bersama dengan rekan setimnya. Schumacher menempati posisi keenam, diikuti oleh Kubica, Nico Rosberg, Felipe Massa, dan Kobayashi. Tim Ferrari kemudian diberikan denda sebesar US$20.000 (sesuai dengan aturan sanksi finansial yang ketat di dalam olahraga bermotor tersebut) karena pelepasan yang tidak aman yang membuat Alonso dikerahkan langsung ke arah jalur Rosberg; pembalap asal Jerman itu terpaksa membelok ke arah dinding pit – dan hampir saja bersentuhan dengannya – untuk menghindari terjadinya tabrakan.[5]

Balapan[sunting | sunting sumber]

Sebastian Vettel menempati posisi kedua, tetapi turun ke posisi ketiga di dalam balapan ini karena mobilnya mengalami masalah rem.

Start dari barisan depan, duet pembalap Red Bull, yaitu Mark Webber dan Sebastian Vettel, memulai jalannya balapan ini dengan baik, dan meskipun mereka ditantang oleh Lewis Hamilton dan pahlawan lokal, yaitu Fernando Alonso, di dalam balapan yang panjang menuju tikungan pertama, namun mereka tetap berhasil mempertahankan posisi mereka dengan polesitter Webber sebagai pemimpin jalannya balapan ini. Juara dunia pembalap bertahan, yaitu Jenson Button, dan juara dunia pembalap sebanyak tujuh kali, yaitu Michael Schumacher, masing-masing tetap berada di posisi kelima dan keenam, namun terjadi kontak ringan antara Robert Kubica dan Kamui Kobayashi yang membuat keduanya terjatuh ke barisan belakang. Nico Rosberg di dalam mobil Mercedes yang kedua terpaksa melakukan tindakan mengelak dan melebar ke rumput. Rekan setim Kobayashi di tim BMW Sauber, yaitu Pedro de la Rosa, mengalami insiden yang serupa dengan Sébastien Buemi, yang mengakibatkan pembalap asal Spanyol itu mengalami kebocoran ban, sementara Buemi sementara Buemi diturunkan menjadi pembalap yang terakhir di trek. Insiden tersebut kemudian berubah menjadi masalah yang lebih besar bagi de la Rosa, yang memaksanya untuk tersingkir dari balapan ini karena mobilnya mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Insiden di putaran pertama yang lainnya menyebabkan Bruno Senna terpaksa harus rela keluar dari balapan ini lebih awal, di mana mobil Hispania miliknya menabrak penghalang di tikungan yang sama dengan insiden Buemi-de la Rosa. Pembalap Lotus, yaitu Heikki Kovalainen, adalah satu-satunya pembalap yang gagal memulai balapan ini, setelah perangkat lunak girboksnya mencoba untuk memilih dua gigi pada saat yang bersamaan.

Duet pembalap Red Bull, terutama Webber, perlahan-lahan mulai menjauh dari Hamilton, namun kecepatan dia menarik diri tidak secepat yang diperkirakan. Kesenjangan dengan Hamilton bertambah dua atau tiga persepuluh detik per putaran, bukan satu detik penuh seperti yang telah diperkirakan di dalam sesi latihan bebas dan kualifikasi. Pit stop putaran pertama dan satu-satunya terjadi tidak lama setelah putaran kelima belas, dan kesalahan yang dilakukan oleh tim Red Bull membuat Vettel kehilangan empat detik, dan satu tempat bagi Hamilton. Tim McLaren juga tidak melakukan pit stop yang sempurna dengan Button, dan akibatnya dia tertinggal di belakang Schumacher pada akhir tikungan 1. Button kemudian mengkritik tindakan pembalap asal Jerman itu yang melintasi sirkuit untuk merebut posisi tersebut. Dia menghabiskan sisa balapan ini dengan memandangi sayap belakang mobil Mercedes tersebut.

Satu-satunya pembalap Hispania yang masih tetap bertahan, yaitu Karun Chandhok, terjebak di dalam dua insiden yang terpisah di sektor terakhir di sirkuit ink. Insiden yang pertama melihat kontak antara mobilnya dan mobil Ferrari milik Felipe Massa ketika pembalap yang terakhir disebutkan berusaha untuk menyalipnya pada saat mereka melewati tikungan sebelum tikungan terakhir; Massa, yang kurang kecepatan sepanjang akhir pekan, merasakan penanganan mobil yang lebih baik dengan sayap depan yang rusak. Sebuah pit stop berarti turunnya setidaknya dua atau tiga tempat bagi Massa, dan karena pengendalian mobil tidak terlalu terhambat akibat kerusakan tersebut, maka tim mengambil keputusan untuk tidak membawa Massa untuk melakukan pergantian sayap depan. Insiden yang kedua bagi Chandhok menyebabkan Jaime Alguersuari memotong bagian depan mobilnya di tikungan yang sama, dan membuat sayap depan mobilnya terlepas. Chandhok terpaksa masuk ke dalam pit, tetapi dia kemudian mundur dari balapan ini satu putaran kemudian karena mobilnya mengalami kerusakan suspensi akibat tabrakan tersebut; Alguersuari diberikan penalti drive through atas usahanya. Rekan setimnya, yaitu Buemi, telah dihukum sebelumnya setelah bergabung kembali dengan trek dengan cara yang tidak aman, tepat di depan Jarno Trulli.

Tim Williams bertaruh pada strategi dua kali pit-stop untuk Nico Hülkenberg, sebuah kesalahan yang membuat pembalap asal Jerman itu turun urutan, dan terjebak dalam sebuah duel dengan Rosberg yang juga sedang mengalami kesulitan. Sébastien Buemi adalah satu-satunya pembalap yang lainnya yang tersingkir dari balapan ini, di mana dia terpaksa harus rela berhenti dari balapan ini pada putaran keempat puluh empat karena mobilnya mengalami masalah hidrolik.

Lewis Hamilton mengalami kerusakan pada pelek roda mobilnya pada putaran kedua dari terakhir, dan terpaksa harus rela tersingkir dari balapan ini pada saat dirinya sedang berada di posisi posisi kedua.
Pembalap favorit lokal, yaitu Fernando Alonso, berhasil menempati posisi kedua karena masalah yang telah menimpa Hamilton.

Urutan balapan diselesaikan dengan Webber yang memimpin jalannya balapan ini dari Hamilton dan Vettel. Alonso berada di urutan keempat, di depan Schumacher-Button yang juga diikuti oleh Massa, dengan Sutil, Kubica, dan Rubens Barrichello, yang sedang memulihkan diri di dalam mobil Williams, melengkapi posisi sepuluh besar. Pada putaran kelima puluh empat, Vettel melebar di tikungan keenam, diduga karena rem depan mobilnya mengalami kerusaku dan tersandung kerikil. Hal ini menyebabkan ban mobilnya mengalami kerusakan, dan dia masuk ke dalam pit untuk diperiksa dan juga untuk membeli satu set ban yang baru, yang membuatnya tertinggal di belakang Alonso. Segera terlihat bahwa dia mengalami masalah rem, dan oleh karena itu, Vettel harus melambat selama sisa balapan ini untuk merawat rem di mobilnya dan menyelesaikan balapan ini. Pada putaran ke enam puluh lima – putaran kedua dari terakhir di balapan ini – Hamilton terpaksa harus rela kehilangan posisi kedua setelah dia mengalami kebocoran ban kiri depan yang diikuti dengan ledakan di tikungan ketiga, yang membuatnya membentur tembok, meski tidak sekeras saat balapan yang serupa dengan kecelakaan menimpa rekan setimnya di tim McLaren, yaitu Heikki Kovalainen, di Grand Prix Spanyol 2008. Dia diklasifikasikan sebagai seorang pembalap yang finis di posisi keempat belas karena dia telah menyelesaikan 90% jarak balapan pemenang balapan ini, dan kecelakaan yang telah menimpa dirinya memberi tempat kedua kepada Alonso, dan memungkinkan Vettel yang tertinggal kembali ke posisi podium untuk posisi ketiga. Vitantonio Liuzzi mengalami nasib yang serupa dengan Hamilton, di mana mesinnya mati di putaran yang sama, di mana pembalap asal Italia itu terhenti di sirkuit.

Mark Webber berhasil memenangkan balapan untuk yang pertama kalinya musim ini dari posisi terdepan.

Mark Webber melewati garis finis terlebih dahulu, dan menjadi pembalap yang kesepuluh di dalam sepuluh gelaran Grand Prix Spanyol yang meraih posisi terdepan. Alonso finis di urutan kedua, dengan Vettel yang finis di posisi ketiga dan masalah Schumacher-Button yang belum terselesaikan membuat mantan Juara Dunia Pembalap itu finis duluan sebelum juara bertahan. Massa finis di urutan keenam, disusul Sutil, Kubica, dan Barrichello, serta Alguersuari yang tertinggal satu putaran. Pembalap Lotus, yaitu Jarno Trulli, adalah pembalap dari tim baru yang pertama yang berhasil menyelesaikan balapan ini, sementara tim Virgin Racing berhasil mencatatkan finis-ganda untuk yang pertama kalinya bagi mereka di musim ini, meskipun Timo Glock dan Lucas di Grassi mengendarai versi yang berbeda dari mobil VR-01. Hasil akhir tersebut membuat Button mempertahankan keunggulannya di dalam klasemen sementara kejuaraan dunia pembalap menuju babak berikutnya hanya dengan selisih tiga poin saja, sementara jumlah yang sama memisahkan tim McLaren dari tim Ferrari di klasemen sementara kejuaraan dunia konstruktor, dengan tim Red Bull yang hanya tertinggal sebanyak tiga poin saja.

Pasca-balapan[sunting | sunting sumber]

Tiga pembalap di tiga posisi teratas muncul di atas podium untuk mengumpulkan trofi mereka, dan berbicara kepada media pada konferensi pers selanjutnya. Mekanik tim Red Bull, yaitu Kenny Handkammer, tampil di atas podium untuk menerima penghargaan pabrikan pemenang balapan ini.[6]

Rekapitulasi balapan[sunting | sunting sumber]

Hasil lengkap kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Pos No Pembalap Konstruktor Bagian 1 Bagian 2 Bagian 3 Grid
1 6 Australia Mark Webber Red Bull-Renault 1:21.412 1:20.655 1:19.995 1
2 5 Jerman Sebastian Vettel Red Bull-Renault 1:21.680 1:20.772 1:20.101 2
3 2 Britania Raya Lewis Hamilton McLaren-Mercedes 1:21.723 1:21.415 1:20.829 3
4 8 Spanyol Fernando Alonso Ferrari 1:21.957 1:21.549 1:20.937 4
5 1 Britania Raya Jenson Button McLaren-Mercedes 1:21.915 1:21.168 1:20.991 5
6 3 Jerman Michael Schumacher Mercedes 1:22.528 1:21.557 1:21.294 6
7 11 Polandia Robert Kubica Renault 1:22.488 1:21.599 1:21.353 7
8 4 Jerman Nico Rosberg Mercedes 1:22.419 1:21.867 1:21.408 8
9 7 Brasil Felipe Massa Ferrari 1:22.564 1:21.841 1:21.585 9
10 23 Jepang Kamui Kobayashi BMW Sauber-Ferrari 1:22.577 1:21.725 1:21.984 10
11 14 Jerman Adrian Sutil Force India-Mercedes 1:22.628 1:21.985 11
12 22 Spanyol Pedro de la Rosa BMW Sauber-Ferrari 1:22.211 1:22.026 12
13 10 Jerman Nico Hülkenberg Williams-Cosworth 1:22.857 1:22.131 13
14 12 Rusia Vitaly Petrov Renault 1:22.976 1:22.139 191
15 16 Swiss Sébastien Buemi Toro Rosso-Ferrari 1:22.699 1:22.191 14
16 17 Spanyol Jaime Alguersuari Toro Rosso-Ferrari 1:22.593 1:22.207 15
17 15 Italia Vitantonio Liuzzi Force India-Mercedes 1:23.084 1:22.854 16
18 9 Brasil Rubens Barrichello Williams-Cosworth 1:23.125 17
19 18 Italia Jarno Trulli Lotus-Cosworth 1:24.674 18
20 19 Finlandia Heikki Kovalainen Lotus-Cosworth 1:24.748 20
21 24 Jerman Timo Glock Virgin-Cosworth 1:25.475 222
22 25 Brasil Lucas di Grassi Virgin-Cosworth 1:25.556 232
23 20 India Karun Chandhok HRT-Cosworth 1:26.750 243
24 21 Brasil Bruno Senna HRT-Cosworth 1:27.122 21
Sumber:[7]

Catatan:

1.^Vitaly Petrov diberikan penalti turun lima tempat di grid karena penggantian girboks setelah pembalap asal Rusia itu mengalami kecelakaan pada saat sesi latihan bebas, dan merusak bagian belakang mobilnya.
2.^Duet pembalap Virgin, yaitu Timo Glock dan Lucas di Grassi, sama-sama diberi penalti turun lima tempat di grid setelah tim gagal memberi tahu FIA tentang perubahan rasio girboks mereka sebelum batas waktu pelaksanaan untuk melakukan hal tersebut.
3.^Karun Chandhok dari tim Hispania juga dikenakan penalti turun lima tempat di grid untuk pelanggaran yang serupa terkait girboks.

Hasil lengkap balapan[sunting | sunting sumber]

Pos No Pembalap Konstruktor Putaran Waktu/Tersingkir Grid Poin
1 6 Australia Mark Webber Red Bull-Renault 66 1:35:44.101 1 25
2 8 Spanyol Fernando Alonso Ferrari 66 +24.065 4 18
3 5 Jerman Sebastian Vettel Red Bull-Renault 66 +51.338 2 15
4 3 Jerman Michael Schumacher Mercedes 66 +1:02.195 6 12
5 1 Britania Raya Jenson Button McLaren-Mercedes 66 +1:03.728 5 10
6 7 Brasil Felipe Massa Ferrari 66 +1:05.767 9 8
7 14 Jerman Adrian Sutil Force India-Mercedes 66 +1:12.941 11 6
8 11 Polandia Robert Kubica Renault 66 +1:13.677 7 4
9 9 Brasil Rubens Barrichello Williams-Cosworth 65 +1 Lap 17 2
10 17 Spanyol Jaime Alguersuari Toro Rosso-Ferrari 65 +1 Lap 15 1
11 12 Rusia Vitaly Petrov Renault 65 +1 Lap 19
12 23 Jepang Kamui Kobayashi BMW Sauber-Ferrari 65 +1 Lap 10
13 4 Jerman Nico Rosberg Mercedes 65 +1 Lap 8
141 2 Britania Raya Lewis Hamilton McLaren-Mercedes 64 Kecelakaan2 3
151 15 Italia Vitantonio Liuzzi Force India-Mercedes 64 Mesin 16
16 10 Jerman Nico Hülkenberg Williams-Cosworth 64 +2 Laps 13
17 18 Italia Jarno Trulli Lotus-Cosworth 63 +3 Laps 18
18 24 Jerman Timo Glock Virgin-Cosworth 63 +3 Laps 22
19 25 Brasil Lucas di Grassi Virgin-Cosworth 62 +4 Laps 23
Ret 16 Swiss Sébastien Buemi Toro Rosso-Ferrari 42 Hidrolik 14
Ret 20 India Karun Chandhok HRT-Cosworth 27 Tabrakan kerusakan 24
Ret 22 Spanyol Pedro de la Rosa BMW Sauber-Ferrari 20 Tabrakan kerusakan 12
Ret 21 Brasil Bruno Senna HRT-Cosworth 0 Kecelakaan 21
DNS 19 Finlandia Heikki Kovalainen Lotus-Cosworth 0 Girboks 20
Sumber:[8]

Catatan:

1.^ – Baik Lewis Hamilton maupun Vitantonio Liuzzi tergolong telah menyelesaikan 90% jarak balapan pemenang balapan ini.
2.^ – Kecelakaan yang telah dialami oleh Lewis Hamilton disebabkan oleh rusaknya pelek roda hingga ban mobilnya mengalami kebocoran.[9]

Klasemen sementara Kejuaraan Dunia setelah perlombaan[sunting | sunting sumber]

  • Catatan: Hanya lima posisi teratas saja yang dimasukkan ke dalam tabel klasemen di atas ini.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "2010 Spanish Grand Prix". Motor Sport. Diakses tanggal 31 May 2022. 
  2. ^ "Spanish". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-28. Diakses tanggal 22 December 2020. 
  3. ^ Benson, Andrew; Holt, Sarah (2009-08-29). "Bahrain set to start 2010 season". BBC Sport. BBC. Diakses tanggal 2009-08-30. 
  4. ^ Benson, Andrew (2010-05-09). "Mark Webber wins in Spain but Lewis Hamilton crashes out". BBC Sport. Circuit de Catalunya, Montmeló: BBC. Diakses tanggal 2010-05-10. 
  5. ^ Benson, Andrew (2010-05-08). "Mark Webber beats Sebastian Vettel to pole for Red Bull". BBC Sport. Circuit de Catalunya, Montmeló: BBC. Diakses tanggal 2010-05-10. 
  6. ^ "Podium". Zimbio.com. Diakses tanggal 21 February 2022. 
  7. ^ "FORMULA 1 GRAN PREMIO DE ESPAÑA TELEFÓNICA 2010 – Qualifying Results". formula1.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 December 2014. Diakses tanggal 28 December 2015. 
  8. ^ "FORMULA 1 GRAN PREMIO DE ESPAÑA TELEFÓNICA 2010 – Race Results". formula1.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 January 2015. Diakses tanggal 28 December 2015. 
  9. ^ O'Leary, Jamie (2010-05-11). "Hamilton's wheel rim failure confirmed". autosport.com. Haymarket Publications. Diakses tanggal 2010-05-30. 
  10. ^ a b "Spain 2010 - Championship • STATS F1". www.statsf1.com. Diakses tanggal 20 March 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Seri sebelumnya:
Grand Prix Tiongkok 2010
Kejuaraan Dunia Formula Satu
musim 2010
Seri selanjutnya:
Grand Prix Monako 2010
Tahun sebelumnya:
Grand Prix Spanyol 2009
Grand Prix Spanyol Tahun selanjutnya:
Grand Prix Spanyol 2011