Grand Prix F1 Eropa 1999

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Grand Prix Eropa 1999
Lomba ke-14 dari 16 dalam Formula Satu musim 1999
Detail perlombaan
Tanggal 26 September 1999
Nama resmi Warsteiner Grand Prix of Europe
Lokasi Nürburgring
Nürburg, Jerman
Sirkuit Fasilitas balapan permanen
Panjang sirkuit 4.556 km (2.831 mi)
Jarak tempuh 66 putaran, 300.696 km (186.852 mi)
Rencana jarak tempuh 67 putaran, 305.252 km (189.684 mi)
Cuaca Basah/kering
Posisi pole
Pembalap Jordan-Mugen-Honda
Waktu 1:19.910
Putaran tercepat
Pembalap Finlandia Mika Häkkinen McLaren-Mercedes
Waktu 1:21.282 putaran ke-64
Podium
Pertama Stewart-Ford
Kedua Prost-Peugeot
Ketiga Stewart-Ford
Pemimpin perlombaan

Grand Prix Eropa 1999 (secara resmi Warsteiner Grand Prix of Europe[1][2]) adalah sebuah acara balapan mobil Formula Satu yang diadakan pada tanggal 26 September 1999 di Nürburgring di Nürburg, Jerman. Lomba ini adalah balapan yang keempat belas dari Formula Satu musim 1999. Perlombaan yang berjalan sebanyak 66 putaran ini berhasil dimenangkan oleh Johnny Herbert yang mengendarai mobil tim Stewart-Ford, dengan Jarno Trulli yang menempati posisi kedua dengan mobil tim Prost-Peugeot dan rekan setim Herbert, yaitu Rubens Barrichello, yang berhasil finis di posisi ketiga.

Lomba ini dianggap sebagai salah satu balapan yang paling menarik di musim 1999. Sebelum perlombaan ini, Mika Häkkinen, Eddie Irvine, Heinz-Harald Frentzen, dan David Coulthard, semuanya memiliki peluang untuk merebut gelar juara dunia pembalap. Häkkinen dan Irvine memiliki poin klasemen yang sama dengan Frentzen 10 poin di belakang mereka dan Coulthard dua poin di belakang mereka bertiga. Di babak sebelumnya di Monza, Häkkinen melakukan kesalahan sendiri pada saat sedang memimpin jalannya balapan tersebut, Coulthard dan Irvine hanya finis di urutan ke-5 dan ke-6, dan Frentzen meraih kemenangan balapan keduanya di musim ini.

Dalam perlombaan ini, sejumlah besar rentetan insiden membuat Marc Gené berhasil mengambil tempat ke-6 untuk tim Minardi, poin pertama mereka sejak Pedro Lamy di Grand Prix Australia 1995. Mobil Stewart berhasil menempati urutan pertama dan ketiga, dengan mobil Prost yang dikendarai oleh Jarno Trulli yang berhasil finis di urutan kedua. Sebagai konsekuensi dari perlombaan tersebut, Häkkinen pindah ke memimpin di dalam klasemen sementara Kejuaraan Dunia Pembalap, dua poin di depan Irvine, dengan Frentzen dua belas di belakang. Di dalam klasemen sementara Kejuaraan Dunia Konstruktor, tim McLaren menambah keunggulan mereka menjadi dua belas poin atas tim Ferrari.

Lomba ini menjadi yang terakhir sampai dengan Grand Prix Brasil 2003, di mana kedua pembalap Ferrari gagal mencetak poin di dalam sebuah balapan, dan juga terakhir kali hingga Grand Prix Australia 2003, di mana kedua pembalap Ferrari gagal finis di atas podium.

Laporan[sunting | sunting sumber]

Latar belakang sebelum lomba[sunting | sunting sumber]

Menjelang balapan, pembalap McLaren, yaitu Mika Häkkinen, dan pembalap Ferrari, yaitu Eddie Irvine, sama-sama memimpin klasemen sementara Kejuaraan Dunia Pembalap dengan masing-masing 60 poin. Pembalap Jordan, yaitu Heinz-Harald Frentzen, berada di urutan ketiga dengan 50 poin, diikuti oleh rekan setim Häkkinen, yaitu David Coulthard, dengan 48 poin. Di dalam klasemen sementara Kejuaraan Dunia Konstruktor, tim McLaren memimpin atas tim Ferrari dengan selisih enam poin, 108 berbanding 102, dengan tim Jordan yang menempati peringkat ketiga dengan 57.

Setelah Grand Prix Italia pada tanggal 12 September, empat tim (McLaren, Williams, Jordan, Stewart) melakukan sesi pengujian di sirkuit Magny-Cours pada tanggal 14–16 September. Coulthard berhasil menetapkan waktu tercepat dalam tiga hari pengujian. Tim Williams, Jordan, dan Stewart hanya melaju selama dua hari saja di Magny-Cours. Tim Ferrari menjalankan pasangan pembalap mereka, yaitu Irvine dan Mika Salo, di sirkuit uji tim di Mugello. Pembalap penguji Ferrari dan pembalap Minardi, yaitu Luca Badoer, melakukan pekerjaan pengembangan mesin di sirkuit pengujian mereka di Fiorano, dengan Irvine yang melakukan penggeledahan (shakedown). Tim Benetton melakukan tes pemetaan aerodinamis di RAF Kemble dengan tim Arrows dan Minardi lebih memilih untuk tidak mengujinya.[3]

Sesi latihan bebas dan kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Dua sesi latihan bebas diadakan sebelum perlombaan ini digelar pada hari Minggu—satu pada hari Jumat mulai pukul 11:00 hingga 14:00 waktu setempat, dan yang kedua pada hari Sabtu pagi antara pukul 09:00 hingga 11:00. Sesi latihan bebas pertama berlangsung dalam kondisi kering. Suhu sekitar adalah 19 °C (66 °F) dan suhu lintasan adalah 25 °C (77 °F) selama jangka waktu satu jam.[4]

Sesi kualifikasi pada hari Sabtu sore digelar mulai pukul 13.00 hingga 14.00 waktu setempat. Setiap pembalap dibatasi hingga dua belas lap dengan penerapan aturan 107% untuk mengecualikan pembalap yang lambat dari berkompetisi di balapan hari Minggu. Sesi ini diadakan di trek basah – hasil dari curah hujan sebelumnya dengan hujan terisolasi beberapa jam sebelum sesi kualifikasi dimulai. Suhu sekitar berkisar antara 14 dan 15 °C (57 dan 59 °F), sedangkan suhu lintasan berkisar antara 15 dan 18 °C (59 dan 64 °F).[5] Frentzen berhasil meraih posisi terdepan yang kedua di dalam kariernya, dalam mobil Jordan 199 miliknya, dengan catatan waktu 1:19.910. Meskipun dia merasa tidak puas dengan masalah sebelumnya dalam menemukan pengaturan yang ideal selama sesi latihan bebas—dia mengatakan bahwa dia merasa luar biasa bisa berada di posisi terdepan—dia yakin bahwa dia bisa membuat putaran yang lebih cepat, karena dia membawa bahan bakar untuk lima putaran.[6] Frentzen bergabung di barisan depan bersama dengan Coulthard yang lebih lambat dua persepuluh detik.

Balapan[sunting | sunting sumber]

Pada hari perlombaan, treknya kering, tetapi startnya ditunda setelah Alessandro Zanardi dan Marc Gené berbaris di luar urutan di grid, sehingga memerlukan putaran formasi lagi. Karena start dibatalkan selama rangkaian lampu start, maka lima pembalap teratas di sesi kualifikasi dan Jean Alesi benar-benar melompati start, tetapi tidak mendapat penalti karena pembatalan start. Pada saat balapan ini pada akhirnya dimulai, Frentzen memimpin jalannya balapan ini dari Häkkinen, namun jauh di belakang, terjadi masalah di tikungan pertama. Pembalap Jordan, yaitu Damon Hill, mengalami gangguan listrik di tengah-tengah pembalap yang lain, yang menyebabkan Alexander Wurz membelokkan mobilnya ke arah Pedro Diniz, dan mengirim pembalap Sauber tersebut ke dalam gulungan barel. Mobil keselamatan dikerahkan, sementara Diniz berhasil keluar dari mobilnya tanpa cedera – hasil akhir yang menguntungkan karena kemudian terungkap bahwa rollbar mobil Sauber telah rusak pada saat menyentuh tanah.

Perlombaan ini diselesaikan dengan enam pembalap teratas terdiri dari Frentzen, Häkkinen, Coulthard, Ralf Schumacher, Giancarlo Fisichella, dan Irvine. Pada putaran ke-17, Irvine melewati Fisichella setelah menekan pembalap asal Italia itu agar melebar di tikungan ke-8. Sementara Zanardi yang berada jauh di belakang menjadi korban malang tabrakan antara Diniz dan Wurz karena mobilnya rusak akibat kejadian tersebut sebelumnya, dan pada akhirnya mundur dari balapan ini pada putaran ke-11, setelah mesin Supertec di mobil-nya mati. Beberapa saat kemudian, hujan mulai turun, dan Ralf Schumacher memanfaatkan lintasan basah untuk melewati Coulthard. Di akhir putaran ke-20, Häkkinen masuk ke dalam pit karena ban basah, yang terbukti terlalu dini karena hujan deras turun dan lintasan mengering. Pada putaran berikutnya, Irvine masuk ke dalam pit untuk menggunakan ban kering, tetapi penghentian tersebut berlangsung selama 28 detik, dengan mekanik kanan-belakang yang tampak bingung mengenai perubahan pilihan ban pada menit-menit terakhir. Rekan setimnya, yaitu Mika Salo, mengalami kerusakan sayap pada putaran sebelumnya, sehingga kru pit tim Ferrari tidak siap untuk menghadapi Irvine. Pada putaran ke-24, Häkkinen dengan ban basah mencatatkan waktu sekitar tujuh detik lebih lambat dari pemimpin jalannya balapan ini, dan disusul oleh Irvine pada start-finish langsung dan turun ke posisi ke-13. Segera setelah itu, dengan ban mobilnya yang jelas-jelas kepanasan, Häkkinen masuk ke dalam pit lagi untuk mengganti ban kering yang muncul tepat di depan Fisichella, yang berada satu putaran penuh di depannya.

Ralf Schumacher masuk ke dalam pit dari posisi kedua pada akhir putaran ke-27 untuk pemberhentian pertamanya yang dijadwalkan meninggalkan Frentzen dan Coulthard bertarung di depan, diikuti oleh Fisichella dua belas detik di belakang pemimpin jalannya balapan ini di tempat ketiga. Pada akhir putaran ke-32, baik Frentzen dan Coulthard masuk ke dalam pit untuk pemberhentian terjadwal pertama mereka, dengan mekanik tim Jordan dan McLaren yang dengan sempurna memutar mobil mereka dalam tujuh detik, dan keduanya kembali dengan nyaman di depan Schumacher. Pada titik balapan ini, baik Irvine dan Häkkinen sama-sama kehilangan poin, yang artinya, jika urutannya tetap sama, maka Frentzen, Irvine, dan Häkkinen, semuanya akan sama-sama memimpin poin dengan dua balapan yang masih tersisa, dengan Coulthard yang tertinggal enam poin di belakang mereka.

Yang terjadi selanjutnya adalah serangkaian pembalap yang terpaksa harus tersingkir dari balapan ini. Yang pertama harus mundur dari balapan ini adalah Frentzen, yang terhenti di tikungan pertama setelah pit-stop karena lupa menonaktifkan sistem anti-macet mobil. Tim mengklaim bahwa itu adalah "masalah kelistrikan" untuk melindungi Frentzen.[7] Coulthard mewarisi keunggulan dan tetap berada di depan sampai hujan kembali turun dengan deras. Coulthard lebih memilih untuk tetap menggunakan ban kering, sementara sebagian besar pembalap yang lainnya masuk ke dalam pit untuk mengganti ban basah, yang pada akhirnya terbukti menjadi kesalahan yang merugikan, karena ia tergelincir keluar dari sirkuit, dan keluar dari balapan pada putaran ke-38 karena kondisinya semakin memburuk. Dalam beberapa putaran, harapan dua pesaing utama di Kejuaraan Dunia Pembalap musim ini untuk memenangkan gelar juara dunia telah pupus. Schumacher, yang masih menggunakan ban kering, kemudian mewarisi keunggulan yang ia pertahankan hingga pit-stop enam putaran kemudian. Hal ini memungkinkan Fisichella, juga dengan menggunakan ban kering, memimpin dengan Schumacher di posisi kedua, pada saat hujan berhenti. Sementara itu, Johnny Herbert diam-diam naik urutan setelah mengganti ban basah pada waktu yang tepat. Mika Salo kemudian segera terpaksa mundur dari balapan ini karena mobilnya mengalami masalah rem.

Patah hati kemudian mencapai tingkat yang baru. Pada putaran ke-49, Fisichella keluar dari posisi terdepan seperti Coulthard sebelumnya, memberikan keunggulan kembali kepada Schumacher. Akan tetapi, Schumacher kemudian juga kehilangan keunggulan setelah ban belakang kanan mobilnya bocor, sehingga Herbert bisa memimpin tanpa kehilangannya. Lebih jauh ke belakang, duet pembalap Minardi memanfaatkan sepenuhnya sifat balapan yang tidak dapat diprediksi, dengan Luca Badoer di posisi keempat dan Gené di posisi ketujuh. Namun, dengan hanya 13 putaran yang masih tersisa, girboks mobil Badoer rusak, sehingga pembalap tes tim Ferrari tersebut tidak mendapatkan poin pertamanya di dalam ajang Formula Satu, dan membuatnya menangis. Gené dipromosikan ke posisi keenam, yang menjadi posisi kelima ketika mobil Jacques Villeneuve mengalami kerusakan karena koplingnya mengalami kerusakan, merampas peluang tim BAR untuk mendapatkan poin pertama mereka sebelum musim 2000. Di belakangnya, Irvine dan Häkkinen berjuang untuk kembali memperebutkan poin, dengan Irvine yang berada di urutan keenam di depan Häkkinen. Setelah melaju di hampir sepanjang balapan, Häkkinen meningkatkan tekanan, dan pada akhirnya memaksa Irvine untuk melakukan kesalahan dan menempati posisi keenam. Di depan, Barrichello mencoba untuk menyalip Jarno Trulli untuk posisi kedua dan menjadikannya posisi finisy untuk tim Stewart, tetapi pada akhirnya harus puas finis di posisi ketiga. Sementara itu, Häkkinen mengejar dan melewati Gené di posisi kelima untuk mendapatkan dua poin yang sangat berharga, namun Gené bertahan di posisi keenam di depan Irvine untuk memberikan tim Minardi poin pertama mereka dalam empat musim.

Pasca-balapan[sunting | sunting sumber]

Balapan ini adalah satu-satunya balapan yang pernah dimenangkan oleh tim Stewart Grand Prix, dan juga satu-satunya saat di mana Stewart memiliki dua pembalap yang berhasil naik ke atas podium. Itu juga merupakan kemenangan Grand Prix yang pertama bagi sebuah mobil bertenaga mesin Ford sejak Grand Prix Eropa 1994, kemenangan Grand Prix yang terakhir untuk Johnny Herbert, podium yang terakhir untuk tim Prost Grand Prix, dan juga podium yang terakhir untuk mesin Peugeot di dalam ajang Formula Satu, hingga 2023. Jackie Stewart menganggap bahwa balapan ini lebih hebat daripada kemenangan balapannya sendiri. Ini adalah kali terakhir kedua mobil Ferrari gagal mencetak satu poin pun, hingga Grand Prix Brasil 2003.

Performa Gené, dengan keberhasilannya finis di urutan keenam di depan pesaingnya, yaitu Irvine, dianggap oleh banyak orang sebagai faktor penentu di dalam klasemen sementara Kejuaraan Dunia Pembalap, karena sering diyakini bahwa jika Irvine berhasil melewati Gené untuk merebut posisi keenam, maka dia akan memiliki poin ekstra untuk bisa memenangkan gelar juara dunia pembalap (dengan Michael Schumacher yang membiarkan Irvine melewatinya selama Grand Prix Jepang 1999.).

Hasil lomba[sunting | sunting sumber]

Kualifikasi[sunting | sunting sumber]

Pos No Pembalap Konstruktor Lap Jarak
1 8 Jerman Heinz-Harald Frentzen Jordan-Mugen-Honda 1:19.910  
2 2 Britania Raya David Coulthard McLaren-Mercedes 1:20.176 +0.266
3 1 Finlandia Mika Häkkinen McLaren-Mercedes 1:20.376 +0.466
4 6 Jerman Ralf Schumacher Williams-Supertec 1:20.444 +0.534
5 18 Prancis Olivier Panis Prost-Peugeot 1:20.638 +0.728
6 9 Italia Giancarlo Fisichella Benetton-Playlife 1:20.781 +0.871
7 7 Britania Raya Damon Hill Jordan-Mugen-Honda 1:20.818 +0.908
8 22 Kanada Jacques Villeneuve BAR-Supertec 1:20.825 +0.915
9 4 Britania Raya Eddie Irvine Ferrari 1:20.842 +0.932
10 19 Italia Jarno Trulli Prost-Peugeot 1:20.965 +1.055
11 10 Austria Alexander Wurz Benetton-Playlife 1:21.144 +1.234
12 3 Finlandia Mika Salo Ferrari 1:21.314 +1.404
13 12 Brasil Pedro Diniz Sauber-Petronas 1:21.345 +1.435
14 17 Britania Raya Johnny Herbert Stewart-Ford 1:21.379 +1.469
15 16 Brasil Rubens Barrichello Stewart-Ford 1:21.490 +1.580
16 11 Prancis Jean Alesi Sauber-Petronas 1:21.634 +1.724
17 23 Brasil Ricardo Zonta BAR-Supertec 1:22.267 +2.357
18 5 Italia Alessandro Zanardi Williams-Supertec 1:22.284 +2.374
19 20 Italia Luca Badoer Minardi-Ford 1:22.631 +2.721
20 21 Spanyol Marc Gené Minardi-Ford 1:22.760 +2.850
21 15 Jepang Toranosuke Takagi Arrows 1:23.401 +3.491
22 14 Spanyol Pedro de la Rosa Arrows 1:23.698 +3.788
Batas aman 107%: 1:25.504
Sumber: [8]

Lomba[sunting | sunting sumber]

Pos No Pembalap Konstruktor Lap Waktu/Tersingkir Grid Poin
1 17 Britania Raya Johnny Herbert Stewart-Ford 66 1:41:54.314 14 10
2 19 Italia Jarno Trulli Prost-Peugeot 66 + 22.619 10 6
3 16 Brasil Rubens Barrichello Stewart-Ford 66 + 22.866 15 4
4 6 Jerman Ralf Schumacher Williams-Supertec 66 + 39.508 4 3
5 1 Finlandia Mika Häkkinen McLaren-Mercedes 66 + 1:02.950 3 2
6 21 Spanyol Marc Gené Minardi-Ford 66 + 1:05.154 20 1
7 4 Britania Raya Eddie Irvine Ferrari 66 + 1:06.683 9
8 23 Brasil Ricardo Zonta BAR-Supertec 65 + 1 Lap 17
9 18 Prancis Olivier Panis Prost-Peugeot 65 + 1 Lap 5
10 22 Kanada Jacques Villeneuve BAR-Supertec 61 Kopling 8
Ret 20 Italia Luca Badoer Minardi-Ford 53 Girboks 19
Ret 14 Spanyol Pedro de la Rosa Arrows 52 Girboks 22
Ret 9 Italia Giancarlo Fisichella Benetton-Playlife 48 Melintir 6
Ret 3 Finlandia Mika Salo Ferrari 44 Rem 12
Ret 15 Jepang Toranosuke Takagi Arrows 42 Insiden 21
Ret 2 Britania Raya David Coulthard McLaren-Mercedes 37 Melintir 2
Ret 11 Prancis Jean Alesi Sauber-Petronas 35 Halfshaft 16
Ret 8 Jerman Heinz-Harald Frentzen Jordan-Mugen-Honda 32 Elektrik 1
Ret 5 Italia Alessandro Zanardi Williams-Supertec 10 Tabrakan 18
Ret 7 Britania Raya Damon Hill Jordan-Mugen-Honda 0 Elektrik 7
Ret 10 Austria Alexander Wurz Benetton-Playlife 0 Tabrakan 11
Ret 12 Brasil Pedro Diniz Sauber-Petronas 0 Tabrakan 13
Sumber:[9]

Klasemen sementara Kejuaraan Dunia setelah perlombaan[sunting | sunting sumber]

  • Teks tebal menunjukkan siapa yang secara teoritis masih memiliki peluang untuk menjadi Juara Dunia.

  • Catatan: Hanya lima posisi teratas saja yang dimasukkan ke dalam tabel klasemen di atas ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Motor Racing Programme Covers: 1999". The Programme Covers Project. Diakses tanggal 3 February 2018. 
  2. ^ "European". Formula1.com. Diakses tanggal 16 November 2021. 
  3. ^ "This week's testing activity". GrandPrix.com. 20 September 1999. Diakses tanggal 26 May 2014. 
  4. ^ "Johnny Herbert Website: Race News, European GP". The Johnny Herbert Website. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 May 2014. Diakses tanggal 26 May 2014. 
  5. ^ "Frentzen on Pole". Gale Force F1. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 December 2006. Diakses tanggal 26 May 2014. 
  6. ^ Lupini, Michele (25 September 1999). "Hometown Heinz Forces the Door Open". Atlas F1. 
  7. ^ "UNCOVERED: Jordan insider explains real reason Frentzen retired from the '99 European GP". www.formula1.com. Diakses tanggal 29 April 2020. 
  8. ^ F1, STATS. "Europe 1999 - Qualifications • STATS F1". www.statsf1.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-16. Diakses tanggal 14 November 2018. 
  9. ^ "1999 European Grand Prix". formula1.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 January 2015. Diakses tanggal 24 December 2015. 
  10. ^ a b "Europe 1999 - Championship • STATS F1". www.statsf1.com. Diakses tanggal 15 March 2019. 


Seri sebelumnya:
Grand Prix Italia 1999
Kejuaraan Dunia Formula Satu
musim 1999
Seri selanjutnya:
Grand Prix Malaysia 1999
Tahun sebelumnya:
Grand Prix Eropa 1997
Grand Prix Eropa Tahun selanjutnya:
Grand Prix Eropa 2000