Grace Hudson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Grace Hudson
Lahir(1865-02-21)21 Februari 1865
Potter Valley, California, Amerika Serikat
Meninggal23 Maret 1937(1937-03-23) (umur 72)
Ukiah, California, Amerika Serikat
KebangsaanAmerika
PendidikanSan Francisco Art Institute
Dikenal atasLukisan
Suami/istriWilliam T. Davis,[1] John Hudson
National Thorn, dilukis pada tahun 1891, terbukti sangat populer dan menghasilkan banyak permintaan akan karya serupa
Sun House berisi studio lukisan besar untuk Grace, ruang baca kecil untuk John dan tempat tinggal sederhana untuk mereka berdua

Grace Carpenter Hudson (1865–1937) adalah seorang pelukis Amerika yang tinggal di California Utara. Dia dikenal secara nasional selama hidupnya untuk seri bernomor lebih dari 684 potret penduduk asli Pomo setempat. Dia melukis yang pertama, National Thorn, setelah menikah pada tahun 1891. Pekerjaan terakhirnya selesai pada tahun 1935.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Grace Carpenter lahir pada tanggal 21 Februari 1865 di Potter Valley, California.[2]

Ibunya Helen McCowen adalah salah satu guru sekolah kulit putih pertama yang mendidik anak-anak Pomo dan merupakan fotografer potret komersial di Ukiah, California; ayahnya Aurelius Ormando Carpenter adalah seorang fotografer panorama dan lanskap terampil yang mencatat perusahaan perbatasan Kabupaten Mendocino awal seperti penebangan, pengiriman dan pembangunan rel kereta api.[3][4] Nenek dari pihak ayah adalah Clarina I. H. Nichols.

Pada usia empat belas tahun, Grace dikirim untuk menghadiri Sekolah Desain San Francisco yang baru didirikan, sebuah sekolah seni yang menekankan lukisan dari alam daripada dari ingatan atau dengan menyalin karya yang sudah ada. Pada usia enam belas tahun, dia membuat potret diri seukuran aslinya yang memenangkan penghargaan dengan krayon. Saat berada di San Francisco, dia bertemu dan kawin lari dengan William Davis, seorang pria lima belas tahun lebih tua darinya. Tindakan ini mengecewakan orang tuanya dan mengakhiri studi formalnya. Pernikahan itu hanya bertahan setahun.

Dari tahun 1885 hingga 1890, Grace Carpenter Davis tinggal bersama orang tuanya di Ukiah melukis, mengajar dan membuat ilustrasi untuk majalah seperti Cosmopolitan dan Overland Monthly. Karyanya saat itu tidak memiliki fokus khusus dan memasukkan genre, lanskap, potret, dan benda mati di semua media. Kemudian dalam karirnya dia akan terus menerima tugas ilustrasi majalah sesekali, termasuk untuk Sunset.

Menikahi John Hudson[sunting | sunting sumber]

Greenie dengan dua anak anjing kuning, 1896

Pada tahun 1890, Grace menikah dengan John Wilz Napier Hudson, M.D. (1857–1936). Dia datang ke California dari Nashville, Tennessee, pada tahun 1889 untuk melayani sebagai dokter di Jalan kereta api San Francisco dan Pasifik Utara. Pengantin baru berbagi minat dalam melestarikan dan merekam budaya penduduk asli Amerika.

Kesuksesan profesional[sunting | sunting sumber]

Grace Carpenter Hudson melukis National Thorn pada tahun 1891; itu dipilih untuk ditampilkan di pameran Asosiasi Seni Minneapolis, yang terbukti sangat populer. Lukisannya Little Mendocino (potret bayi Pomo lainnya) dipamerkan di California State Building pada tahun 1893 Chicago World's Fair.[5] Lukisan itu mendapat banyak perhatian dan mendapat sebutan terhormat. Pada tahun 1894, Little Mendocino digantung di Midwinter Fair di San Francisco, sehingga Hudson mendapatkan komisi lebih lanjut untuk pekerjaan serupa.[6]

Pada tahun 1895, kesuksesan Grace Hudson yang semakin meningkat sebagai artis populer menghasilkan lebih dari cukup uang bagi pasangan itu untuk hidup dalam kenyamanan yang sederhana. Suaminya, John, meninggalkan praktik medisnya untuk mempelajari orang Pomo dan mengikuti minatnya yang mendalam pada arkeologi dan etnografi. Koleksi keranjang Indian California dan artefak penduduk asli Amerika lainnya disimpan di Institusi Smithsonian, Museum Sejarah Alam Field di Chicago, Museum Brooklyn, dan Museum Grace Hudson di Ukiah. Koleksi penelitian yang terakhir didasarkan pada manuskrip dan korespondensi John Hudson.

Sepotong San Francisco Call tahun 1895 tentang Grace Hudson dicetak ulang pada tanggal 5 November 1895, terbitan The New York Times, berjudul "Sangat Sulit Membuat Orang Papos Berpose." Di dalamnya, dia merinci caranya memotret atau melukis bayi Pomo tanpa sepengetahuan ibunya melalui tipu daya. Hudson mengatakan bahwa karena kepercayaan penduduk asli bahwa membuat sketsa atau difoto akan menghasilkan hasil yang negatif, dia harus menggunakan tipu muslihat yang rumit untuk membuat potret pribadi bayi tersebut.[7]

Sejak saat itu, Hudson dengan cermat memotret dan mendokumentasikan setiap karyanya; dia khawatir banyak salinan palsu yang diproduksi. Catatannya dimaksudkan untuk menetapkan hak ciptanya. Setiap karyanya diberi nomor secara berurutan. Dia sering menggunakan kamera sebagai dasar awal untuk potret minyaknya, karena memungkinkan subjek manusia ditangkap dengan cepat. Dia bersusah payah menyembunyikan kenyamanan praktis ini dari dunia seni, karena dianggap sebagai metode yang lebih rendah pada saat itu.[8]

Pada 1900-1901, Grace Hudson kelelahan karena memenuhi permintaan akan lukisan-lukisannya yang populer; dia berlibur sendirian di Teritori Hawaii, untuk bersantai dan menyegarkan diri. Selama di sana, ia menyelesaikan 26 lukisan pemandangan pulau dan orang-orang etnis Jepang, Cina, dan Hawaii. Saat dia pergi, John Hudson menjadi etnolog Pantai Pasifik untuk Museum Sejarah Alam Ciel. Dia mendokumentasikan aktivitas penduduk asli California Utara, dan melakukan studi ekstensif tentang metode penangkapan ikan penduduk asli.[9]

Kembali ke daratan, Grace bergabung kembali dengan suaminya dan melanjutkan pekerjaan memasok potret Pomo yang sentimental kepada pembeli yang bersemangat. Dia menemani John di sebagian besar pekerjaan lapangannya. Pada tahun 1902, dia melukis potret seorang anak laki-laki Pawnee; suaminya telah mendokumentasikan Pawnee yang ditugaskan di Museum Sejarah Alam Field.

Pada tahun 1904, Grace Hudson menerima komisi dari Field Columbian Museum untuk pergi ke Wilayah Oklahoma untuk waktu yang lama dan melukis gambar tambahan dari Pawnee. Orang-orang ini menderita kematian yang tinggi setelah wabah penyakit Eropa dan kekacauan masyarakat mereka. Di sana dia membuat potret terutama dari kepala suku dan tetua, diawetkan dalam negatif fotografi dan kanvas.[10] Saat keluarga Hudson masih di Oklahoma, beberapa artefak yang mereka kumpulkan dan lukisan Hudson hancur dalam kebakaran hebat di San Francisco setelah gempa bumi tahun 1906.

Museum Grace Hudson dan Rumah Matahari[sunting | sunting sumber]

Kembali ke Ukiah, California, Grace dan John Hudson hidup sesuai dengan gaya hidup sederhana bohemian mengumpulkan, bepergian, kerja lapangan, membaca, menghibur, fotografi, dan melukis. Pada tahun 1911 The Sun House mereka di Ukiah selesai dibangun. Mereka telah mendesain Craftsman-style redwood bungalo California ini. Keluarga Hudson mengadopsi simbol matahari Hopi sebagai simbol keluarga mereka; lambang ditampilkan secara mencolok di pintu depan rumah. John Hudson meninggal di sana pada tahun 1936. Grace Hudson meninggal di sana pada tanggal 24 Maret 1937.[2]

Grace Hudson meninggalkan The Sun House dan tanahnya kepada keponakannya, Mark Carpenter. Carpenter melestarikan rumah dan 30.000 benda yang terkumpul untuk anak cucu, memberikannya ke Kota Ukiah. Ini mengoperasikan rumah dan Museum Grace Hudson yang bersebelahan. Saat ini, Sun House adalah Tempat Bersejarah California #926, dan terdaftar dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional. The Sun House and Museum berada di dalam taman kota Hudson-Carpenter seluas 0,8 hektar.[11] Situs web museum mengatakan tentang Grace Hudson bahwa "... karyanya menikmati minat dan pengakuan baru karena penggambaran penduduk asli yang baik dan simpatik."[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Grace Carpenter Hudson". Grace Hudson Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-02-21. Diakses tanggal 11 June 2017. 
  2. ^ a b Hughes, Dean Milton (1986). Artists in California, 1786-1940 (edisi ke-1st). Hughes Pub. Co. hlm. 225. ISBN 0961611200. 
  3. ^ Darline Bergere (16 March 2015). Legendary Locals of Ukiah. Arcadia Publishing. hlm. 11–. ISBN 978-1-4396-5037-0. 
  4. ^ "Grace Hudson Museum - Events". archive.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-22. 
  5. ^ Nichols, K. L. "Women's Art at the World's Columbian Fair & Exposition, Chicago 1893". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-01. Diakses tanggal 30 January 2019. 
  6. ^ Searles R. Boynton (1978). The painter lady: Grace Carpenter Hudson. Interface California Corporation. ISBN 978-0-915580-04-0. 
  7. ^ "VERY HARD TO GET PAPOOSES TO POSE; A California Woman Artist Describes Her Methods" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-08. Diakses tanggal 2018-04-22. 
  8. ^ Palmquist, Peter E.. "Women Photographers and the American Indian", in An Idaho Photographer in Focus. (Pocatello, Idaho: Idaho State University, 1993), pp. 121-149.
  9. ^ Barter, Eloise Richards (1990). "Achumawi and Atsugewi Fishing Gear", Journal of California and Great Basin Anthropology
  10. ^ Ira Jacknis. (1993) Introduction: Museum Anthropology in California, 1889-1939
  11. ^ "Parks & Facilities - City of Ukiah, CA". cityofukiah.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-11. Diakses tanggal 2023-04-17. 
  12. ^ "Welcome to the Grace Hudson Museum". gracehudsonmuseum.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-20. Diakses tanggal 2023-01-24. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Baird, Joseph Armstrong Jr., Grace Carpenter Hudson (1865-1937): Oil Paintings and Sketches including Works on Loan from C. Frederick Faude, California Historical Society, San Francisco, 1962
  • Holmes, Karen and Sherrie Smith-Ferri, Days of Grace: California Artist Grace Hudson in Hawaii, Grace Hudson Museum, Ukiah, California, 1914 ISBN 9780974030067
  • Hough, Katherine Plake, The Pomo, gifts and visions: Paintings of Pomo Indians by Grace Carpenter Hudson (1865-1937), Palm Springs Desert Museum, 1983
  • Lanson, Lucienne and Patricia Tetzlaff, Grace Hudson: Artist of the Pomo Indians: A Biography, Donning Company Publishers, 2006 ISBN 1578643678
  • Searles R. Boynton D.D.S., The painter lady: Grace Carpenter Hudson, Interface California Corp., Eureka, CA, 1978 ISBN 0915580047
  • Tetzlaff, Patricia, Grace Hudson: Artist of the Pomo Indians (Fine Art Coloring Book), ISBN 1578643929

Pranala luar[sunting | sunting sumber]