Gotham (serial TV)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Gotham
Berkas:Gotham Logo.jpg
Genre
Diangkat dariKarakter
oleh DC Comics
PerancangBruno Heller
Pemeran
Penggubah
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Jumlah musim4
Jumlah episode88 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
ProduserScott White
Rebecca Perry Cutter
LokasiKota New York
Sinematografi
Penyunting
  • Daniel Gabbe
  • David Ekstrom
  • Mark C. Baldwin
  • John Ganem
  • Barrie Wise
  • Leland Sexton
  • Sarah C. Reeves
Durasi42–49 minits
Rumah produksi
DistributorWarner Bros. Television Distribution
Rilis
Jaringan penyiarFox
Format visual16:9 (HDTV)
Tanggal rilis22 September 2014 (2014-9-22) – sekarang (sekarang)
Pranala luar
Sitis web resmi
Situs web produksi

Gotham adalah serial televisi drama kriminal Amerika Serikat yang dikembangkan oleh Bruno Heller, berdasarkan karakter yang diterbitkan oleh DC Comics dan muncul dalam waralaba Batman, terutama yang milik James Gordon dan Bruce Wayne. Heller dan Danny Cannon, yang mengarahkan pilot, adalah produser eksekutif. Serial ini dibintangi Ben McKenzie sebagai Gordon muda, dan ditayangkan perdana di Fox pada 22 September 2014. Pada Mei 2018, Fox memperbarui seri untuk musim kelima dan terakhir dari 12 episode, yang akan ditayangkan perdana pada 3 Januari 2019.

Awalnya seri hanya akan bergantung pada hari-hari awal Gordon dengan Departemen Kepolisian Kota Gotham, tetapi seri selanjutnya termasuk karakter Wayne dan kisah asal beberapa penjahat Batman, termasuk Penguin,[4] Riddler,[4] Catwoman,[4] Poison Ivy,[5] Scarecrow,[6] Mr. Freeze,[7] Hugo Strange,[8] dan Solomon Grundy.[9]

Plot[sunting | sunting sumber]

Di musim pertama, James Gordon, rekrutan baru di Departemen Kepolisian Kota Gotham dipasangkan dengan detektif veteran Harvey Bullock untuk menyelesaikan pembunuhan Thomas dan Martha Wayne. Gordon bertemu dengan putra Waynes, Bruce, yang sekarang dirawat oleh kepala pelayan Alfred Pennyworth. Selain itu, ia juga bertemu dengan anggota geng Oswald Cobblepot, pekerja forensik Edward Nygma, anak jalanan yatim piatu Selina Kyle dan Pamela "Ivy" Pepper, asisten jaksa wilayah Harvey Dent, dan dokter medis Leslie Thompkins. Gordon menjadi terlibat dengan keluarga kejahatan Gotham termasuk gangster Fish Mooney dan penguasa kejahatan Carmine Falcone dan Salvatore Maroni.

Di musim kedua, Gordon berurusan dengan serangkaian acara yang sedang diatur oleh Theo Galavan dan saudara perempuannya Tabitha sebagai bagian dari rencana untuk mengambil alih Gotham sebagai Walikota baru Kota Gotham dan membalas dendam terhadap Keluarga Wayne. Setelah Galavan dibunuh dalam pencalonannya sebagai walikota, Departemen Kepolisian Kota Gotham berurusan dengan tindakan Victor Fries. Hugo Strange yang misterius dan asistennya Ethel Peabody melakukan serangkaian eksperimen aneh di bawah Arkham Asylum di fasilitas bawah tanah Indian Hill yang secara diam-diam dimiliki oleh Wayne Enterprises dan diawasi oleh Court of Owls. Salah satu eksperimennya membuatnya secara singkat menghidupkan kembali Theo Galavan sebagai Azrael.

Pada musim ketiga yang terjadi enam bulan kemudian, Gordon telah menjadi pemburu hadiah saat ia bekerja untuk melacak eksperimen Indian Hill yang lolos serta Fish Mooney yang dihidupkan kembali. Ketika berencana untuk mendapatkan Leslie Thompkins kembali, ia juga bertemu dengan putra Carmine Falcone Mario Calvi serta penghipnotis Jervis Tetch yang datang untuk mencari saudara perempuannya Alice di mana ia memiliki darah beracun yang membuat banyak orang gila dalam berbagai cara. Sementara itu, Ivy berusia hingga seorang wanita dewasa setelah pertemuan dengan salah satu pengikut Bukit Indian Fish Mooney dan Jerome Valeska dihidupkan kembali untuk melanjutkan dendam sebelumnya terhadap kota. Gordon harus berurusan dengan Pengadilan Burung Hantu yang bekerja atas nama Ra's al Ghul dan League of Shadows, Penguin dan Ivy bekerja sama untuk membentuk pasukan, dan Edward Nygma merangkul identitas barunya sebagai "The Riddler".

Di musim keempat, Bruce Wayne adalah main hakim sendiri bertopeng, berpatroli di jalan-jalan Gotham di malam hari. Cobblepot memulai kampanye untuk mendominasi dunia bawah kota dengan mengambil keuntungan dari kejahatan berlisensi, Nygma menemukan kemampuan mentalnya berkurang sebagai efek samping dari flash-beku, Jonathan Crane terlihat memeluk perannya sebagai orang-orangan sawah, Liga Bayangan memulai mereka plot berikutnya yang melibatkan pisau pembalseman kuno, Ivy Pepper mengambil obat-obatan dari apotek yang mengubah dia lagi, dan Butch Gilzean menjadi Solomon Grundy setelah tubuh koma-nya dibuang ke Rawa Pembantaian. Seorang penjahat baru yang dikenal sebagai Profesor Pyg muncul menempatkan Gotham ke dalam kekacauan sampai terungkap bahwa ia telah bekerja dengan putri Falcone, Sofia, untuk mengalahkan Penguin yang berhasil ia lakukan ketika mengirim Penguin ke Arkham di mana ia bertemu Jerome Valeska. Akhirnya setelah Sofia dijatuhkan oleh Gordon, Jerome Valeska, Jervis Tetch, dan Jonathan Crane melarikan diri dari Arkham bersama dengan yang lain dan bekerja sama dengan Victor Fries, Bridget Pike, Penguin, dan Solomon Grundy untuk menciptakan tim supervillain yang dikenal sebagai Legiun Horribles. untuk membawa kegilaan dan kehancuran ke Gotham yang menyebabkan saudara Jerome Jeremiah Valeska menjalani transformasi kimia. Selain itu, energi yang ditempatkan Ra's al Ghul di Barbara Kean memanggil sisa League of Shadows padanya sebagai anggota wanita yang berjanji kesetiaan mereka kepadanya. Akhirnya, rencana Jeremiah Valeska dan Ra's al Ghul menjerumuskan Kota Gotham ke tanah tak bertuan yang menyebabkannya dievakuasi sementara penjahat yang berbeda mulai mengklaim wilayah mereka di Kota Gotham.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cast & Details". TV Guide. CBS Interactive. Diakses tanggal October 9, 2014. 
  2. ^ McMillan, Graeme (August 5, 2015). "Get a First Look at 'Gotham's' Season 2 Villains". The Hollywood Reporter. Prometheus Global Media. Diakses tanggal August 9, 2015. 
  3. ^ Edidin, Rachel (September 25, 2013). "Gotham: New TV Show Imagines the City Before Batman". Wired. Diakses tanggal March 10, 2016. 
  4. ^ a b c Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama PlotSynopsis
  5. ^ Goldman, Eric (May 5, 2014). "First Trailer for Gotham Revealed". IGN. j2 Global. Diakses tanggal May 6, 2014. 
  6. ^ Vejvoda, Jim (May 13, 2014). "Gotham Featurette Reveals New Footage And Details". IGN. j2 Global. Diakses tanggal May 13, 2014. 
  7. ^ Jeffery, Morgan (July 30, 2014). "Gotham to introduce Mr Freeze: 'The science needs to be real'". Digital Spy. Hearst Magazines UK. Diakses tanggal August 6, 2014. 
  8. ^ Vejvoda, Jim (July 20, 2014). "Gotham Showrunner: Professor Hugo Strange and How Arkham Asylum Came to Be Part of Season One". IGN. j2 Global. Diakses tanggal July 21, 2014. 
  9. ^ "Gotham introduces classic DC villain Solomon Grundy". October 20, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]