Kesemek kering

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Gotgam)
Gotgam

Kesemek kering adalah jenis makanan ringan khas kawasan Asia Timur (terutama Tiongkok, Korea dan Jepang) yang terbuat dari buah kesemek yang dikeringkan.[1] Kesemek kering memiliki tekstur yang lembut dan warna coklat terang.[2]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Penjemuran buah kesemek dengan latar Gunung Fuji di Fujinomiya, Shizuoka, Jepang
Buah kesemek yang diikat dengan batangnya, dijemur udara di Kōshū, Jepang.

Buah kesemek kering dibuat dari berbagai varietas persimmon Oriental. ketika matang sepenuhnya, kesemek memiliki kulit tipis, daging yang lembut, dan rasa manis. Kesemek yang digunakan untuk membuat kesemek kering dipanen saat masih belum matang sepenuhnya, berdaging keras, sepat dan pahit.[3]

Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Di Tiongkok, ada banyak varietas kesemek kering yang berbeda. Cara tradisional mengeringkan kesemek adalah dengan memilih buah yang sudah matang sepenuhnya. Setelah kesemek dikupas dan bercak dihilangkan, rak pengering setinggi 0,8-1m yang dilapisi dengan foil ditempatkan di area dengan cahaya yang cukup, sirkulasi udara, dan kebersihan yang memadai. Kesemek kemudian diletakkan dengan batang menghadap ke atas di atas rak dan ditutup untuk mencegah kontak dengan hujan atau debu lingkungan lainnya. Proses pengeringan menyebabkan dagingnya mengerut dan lapisan berembun terbentuk di permukaannya. Selain itu, ada metode pengeringan buatan, metode ini menghasilkan kesemek berwarna lebih cerah. Setiap wilayah di Tiongkok memiliki metode produksi yang berbeda dan karakteristik buah kering yang berbeda, di antaranya kesemek kering Xi'an yang lebih terkenal.

Jepang[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, buah kesemek dikupas dan kemudian diikat dengan tali dari batangnya.[4] Mereka dipijat setiap hari setelah mulai mengering.[5] Ini menghasilkan kesemek kering dari Jepang bentuk dan tekstur yang khas yang berbeda dari kesemek Tiongkok dan Korea.[6] Anpo-gaki adalah variasi kesemek kering Jepang di mana kesemek dikeringkan dengan diasapi menggunakan belerang, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan mengandung air.[7]

Korea[sunting | sunting sumber]

Di Korea, kesemek kering dinamakan gotgam (곶감). Untuk membuat gotgam, pertama-tama kesemek dikupas dan dikeringkan, diikat dengan saekki (tali jerami beras) dan digantungkan di tempat yang terkena sinar matahari dan memiliki ventilasi yang baik, misalnya di atap rumah.[8][9] Ketika warnanya berubah menjadi cokelat dan bagian luar mengeras, bijinya dihilangkan dan kesemek ditutup kembali dan dilipat rata.[10] Setelah sekitar tiga minggu, ketika buah mencapai 75% dari berat aslinya, mereka dilapisi dengan jerami beras kering dan disimpan dalam kotak di tempat yang sejuk hingga proses pengeringan selesai,[11] dan lapisan serbuk gula kesemek membentuk kerak putih di bagian luarnya.[12] Sangju di Provinsi Gyeongsang Utara terkenal dengan kesemek keringnya.[13][14]

Biasanya, penganan ini dibuat khusus pada musim gugur, pada saat buah-buah kesemek ranum.[2] Buah kesemek keras dipilih untuk membuat kesemek kering. Setelah kulitnya dikupas, kesemek digantung dengan tali di lumbung atau di bawah atap di halaman rumah.[2] Karena mendapat sinar matahari, buah kesemek akan menciut dan menghasilkan bubuk-bubuk putih.

Gotgam bisa disimpan cukup lama. Seringkali juga disajikan saat acara-acara khusus seperti festival atau jesa.

Karena rasanya yang manis, digunakan pula untuk bahan minuman ringan yang dinamakan sujeonggwa.[2]

Gotgam dapat dimakan bersama kenari, yang dinamakan gotgamssam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Indonesia)Gojongsi Diarsipkan 2010-11-23 di Wayback Machine., kbs. Diakses pada 9 Juni 2010.
  2. ^ a b c d An Illustrated Guide to Korean Culture - 233 traditional key words. Seoul: Hakgojae Publishing Co. 2002. hlm. 109-111. ISBN 89-8546-98-1 Periksa nilai: length |isbn= (bantuan). 
  3. ^ "gotgam" 곶감 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 3 June 2017. 
  4. ^ Wan Yan Ling. "Grocery Ninja: Dried Persimmons Are a Taste of Honeyed Sunshine". www.seriouseats.com (dalam bahasa Inggris). Serious Eats. Diakses tanggal 15 May 2018. 
  5. ^ "How To Make Hoshigaki (Dried Persimmons)". Root Simple. 13 November 2012. Diakses tanggal 15 May 2018. 
  6. ^ Mucci, Kristy (November 15, 2016). "This is the Kobe Beef of Dried Fruit". SAVEUR (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 May 2018. 
  7. ^ "Go Go Tohoku". www.facebook.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-09-01. 
  8. ^ Organisasi Pariwisata Korea (5 October 2016). "Seasonal foods to eat this fall". Stripes. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 August 2017. Diakses tanggal 3 June 2017. 
  9. ^ "First lady to treat Trump couple with personally made refreshments". Yonhap (dalam bahasa Inggris). 7 November 2017. Diakses tanggal 20 May 2018. 
  10. ^ 이, 효지. "gotgam" 곶감 (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal 3 June 2017. 
  11. ^ Korean Overseas Information Service, Kim. "vườn hồng treo gió đà lạt". Diakses tanggal 2022-02-08. 
  12. ^ Means, Becky (2 August 2010). "Dried Persimmon". Houston Press. Diakses tanggal 3 June 2017. 
  13. ^ Chung, Kyung-a (October 2014). "Season of Beauty, Season of Plenty". KOREA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 August 2017. Diakses tanggal 3 June 2017. 
  14. ^ Kim, Sun-mi; Kim, Sarah (20 August 2015). "Taste of a fruit is the only trace of a happy youth". Korea JoongAng Daily. Diakses tanggal 3 June 2017.