Gordang Sambilan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gordang Sambilan di kompleks Bagas Godang Panyabungan Tonga

Gordang Sambilan adalah salah satu kesenian Tradisional suku Batak Mandailing. Gordang artinya gendang atau bedug sedangkan sambilan artinya sembilan, gordang Sambilan terdiri dari sembilan gendang atau bedug yang mempunyai panjang dan diameter yang berbeda sehingga menghasilkan nada yang berbeda pula. Gordang Sambilan biasa dimainkan oleh enam orang dengan nada gendang yang paling kecil 1, 2 sebagai taba-taba, gendang 3 tepe-tepe, gendang 4 kudong-kudong,gendang 5 kudong-kudong nabalik, gendang 6 pasilion, gendang 7, 8, 9 sebagai jangat. Dahulu gordang sambilan hanya dimainkan pada acara-acara yang sakral, seiring dengan berkembangya kultur sosial masyarakat saat ini gordang sambilan sudah sering diperdengarkan baik dalam acara pernikahan, penyambutan tamu, hari besar.[1] Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia Gordang sambilan sudah pernah dimainkan di istana presiden.[2]

DI samping Gordang sambilan ada gondang Tunggu-Tunggu 2 (dua) yang terdiri dari dua buah gendang dengan ukurannya lebih kecil dari gondang sambilan, jika gendang sambilan pemukulnya terbuat dari kayu makan gendang tunggu-tunggu 2 pemukulnya memakai tangan sendiri.

meybi yes meybi no

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Ilustrasi sembilan orang memainkan Gordang Sambilan

Gordang Sambilan berasal dari kata gordang yang memiliki arti gendang atau beduk dan sambilan yang artinya sembila. Makna kata ini bermaksud sembilan gendang yang memiliki ukuran dan bunyi yang berbeda-beda.[3]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Salah satu Instrumen Gordang Sambilan, Koleksi Tropenmuseum, Sebelum tahun 1865

Gordang Sambilan merupakan kebudayaan Suku Mandailing yang diperkirakan telah muncul sejak tahun 1475 di daerah Mandailing Natal saat kepemimpinan Raja Sibaroar dari Kerajaan Nasution. Saat itu alat musik ini digunakan dalam kegiatan pesta pernikahan dan hiburan rakyat. Alasan penggunaan kata sembilan memiliki beragam versi sejarah. Menurut satu versi, kata sambilan berasal dari pemain gendang yang berjumlah sembilan yang terdiri dari naposo bulung atau pemuda, anak boru yaitu saudara perempuan dari keturunan Ayah, kahanggi yaitu saudari laki-laki dari keturunan ayah, serta raja. Versi lain beranggapan bahwa kata sambilan melambangkan sembilan raja yang berkuasa di daerah Mandailing Natal, yaitu Nasution, Pulungan, Rangkuti, Hasibuan, Lubis, Matondang, Parinduri, Daulay, dan Batubara.[4]

Bahan baku dan ukuran[sunting | sunting sumber]

Alat musik ini dibuat dari kayu yang bagian tengahnya dibuang untuk membentuk tabung resonator dengan permukaan yang menutup satu lubang dari bahan kulit sapi. Kulit ini ditarik agar rata dan tegang sehingga menutupi lubang, lalu diikat tali yang terbuat dari rotan.[5]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Sebelum Agama Islam menyebar di daerah Mandailing Natal, permainan alat musik ini digunakan sebagai kegiatan upacara memanggil roh nenek moyang. Upacara ini bernama Paturuan Sibaso yang bertujuan untuk meminta pertolongan roh nenek moyang mengatasi masalah yang dihadapi seperti bencana alam. Selain itu, Gordang sambilan juga digunakan dalam upacara adat memanggil hujan yang dikenal dengan nama Mangido Udan serta menghentikan hujan tersebut bila terlalu lama. Gordang Sambilan juga digunakan dalam acara pribadi, yaitu dalam upacara pernikahan yang bernama Orja Godang Markaroan Boru dan upacara kematian yang bernama Orja Mambulungi. Namun, kegiatan ini harus memenuhi beberapa syarat, yaitu meminta izin kepada pemimpin adat yaitu Namora Natoras dan Raja sebagai kepala pemerintahan dan juga menyembelih satu ekor sapi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-08-26. Diakses tanggal 2015-08-07. 
  2. ^ Pratomo, Yulistyo (17 Agustus 2012). "Gordang Sambilan dan Tari Tor Tor hadir di Istana". merdeka.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-12. Diakses tanggal 10 Oktober 2021. 
  3. ^ "Gordang Sambilan Budaya Mandailing". ksdae.menlhk.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-07. Diakses tanggal 10 Oktober 2021. 
  4. ^ Lubis, Ahmad Husein (20 Juni 2012). "Mengulik Sejarah Gordang Sambilan dari Tanah Mandailing : Okezone Lifestyle". lifestyle.okezone.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-10-10. Diakses tanggal 10 Oktober 2021. 
  5. ^ "Gordang Sambilan, Seni Musik". encyclopedia.jakarta-tourism.go.id. 2 Oktober 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-10. Diakses tanggal 10 Oktober 2021.