Google Lens

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Google Lens
Tipeaplikasi seluler
Versi pertama4 Oktober 2017; 6 tahun lalu (2017-10-04)
Versi stabil
LisensiLisensi proprietarium
Bahasa
Daftar bahasa

Lens can translate text into most Google Translate languages. Lens also can searching images by searching, text, or translate. Shopping results are available in Austria, Australia, Belgium, Brazil, Canada, Chile, Colombia, Czech Republic, Denmark, France, Germany, India, Indonesia, Ireland, Italy, Japan, Malaysia, Mexico, Netherlands, New Zealand, Norway, Philippines, Poland, Portugal, Russia, Singapore, South Africa, South Korea, Spain, Sweden, Switzerland, Turkey, UAE, United Kingdom, and the United States.

Karakteristik teknis
Sistem operasiAndroid, iOS (Google Mobile), Microsoft Windows, macOs (Google Chrome, only for searching images)
PlatformAndroid
Formatunduhan digital
Metode inputlayar sentuh
Informasi pengembang
PengembangGoogle
PenyuntingGoogle
PenerbitGoogle Play
Penilaian
PEGI
enllaç=d:Q14915512
Informasi tambahan
Situs weblens.google
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Google Lens adalah teknologi pengenalan gambar yang dikembangkan oleh Google, yang dirancang untuk memunculkan informasi yang relevan terkait dengan objek yang diidentifikasi menggunakan analisis visual berdasarkan jaringan saraf. Pertama kali diumumkan selama Google I / O 2017, Pertama kali disediakan sebagai aplikasi mandiri, kemudian diintegrasikan ke dalam aplikasi kamera standar Android.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Saat Anda mengarahkan kamera ponsel ke suatu objek, Google Lens mencoba mengidentifikasinya dengan membaca kode batang, kode QR, label, dan teks, serta menampilkan hasil pencarian, halaman web, dan informasi yang selaras. Misalnya, saat mengarahkan kamera perangkat ke label Wi-Fi yang berisi nama jaringan dan kata sandi, kamera akan secara otomatis terhubung ke jaringan Wi-Fi yang dipindai. Lens juga terintegrasi dengan aplikasi Google Foto dan Google Assistant . Layanan ini mirip dengan Google Goggles, aplikasi sebelumnya yang berfungsi sama tetapi dengan kemampuan yang lebih sedikit. Lens menggunakan rutinitas pembelajaran mendalam yang lebih canggih untuk memberdayakan kemampuan deteksi, mirip dengan aplikasi lain seperti Bixby Vision (untuk perangkat Samsung yang dirilis setelah 2016) dan perangkat analisis gambar (tersedia di Google Play ); Selama Google I/O 2019, Google mengumumkan empat fitur baru. Perangkat lunak ini akan dapat mengenali dan merekomendasikan item pada menu. Ini akan memiliki kemampuan untuk juga menghitung tips dan tagihan split, menunjukkan bagaimana mempersiapkan hidangan dari resep dan dapat menggunakan text-To-speech.[2]

Ketersediaan[sunting | sunting sumber]

Google secara resmi meluncurkan Google Lens pada 4 Oktober 2017 dengan pratinjau aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya ke Google Pixel 2. Pada November 2017, Fitur ini mulai diluncurkan ke Asisten Google untuk ponsel Pixel dan Pixel 2. Pratinjau Lens juga telah diterapkan ke aplikasi Google Foto untuk ponsel Piksel. Pada 5 Maret 2018, Google secara resmi merilis Google Lens ke Google Foto di ponsel non-Pixel. Dukungan untuk Lens di Google Foto versi iOS dibuat pada 15 Maret 2018. Mulai Mei 2018, Google Lens tersedia dalam Google Assistant di perangkat OnePlus, serta diintegrasikan ke dalam aplikasi kamera dari berbagai ponsel Android. Aplikasi Google Lens mandiri tersedia di Google Play pada Juni 2018. Dukungan perangkat terbatas, meskipun tidak jelas perangkat mana yang tidak didukung atau mengapa. Hal ini membutuhkan Android Marshmallow (6.0) atau yang lebih baru. Pada 10 Desember 2018, Google meluncurkan fitur pencarian visual Lens ke aplikasi Google untuk iOS. Pada tahun 2022, Google Lens secara bertahap mengganti fungsi pencarian gambar terbalik dari gambar Google, pertama dengan menggantinya di Google Chrome dan kemudian dengan membuatnya tersedia secara resmi sebagai aplikasi web.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Google Lens". Google Lens Homepage. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-06. Diakses tanggal June 24, 2019. 
  2. ^ Villas-Boas, Antonio. "Google just showed off 4 major updates to its futuristic Lens technology that anyone who goes out to restaurants will love". Business Insider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-11. Diakses tanggal 2019-05-11. 
  3. ^ "Google Chrome drops right-click reverse image search in favor of Lens". Android Police. March 21, 2022. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-07-24. Diakses tanggal 2022-09-10. 
  4. ^ Li, Abner (August 10, 2022). "Google Images on the web now uses Google Lens". 9to5Google. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-26. Diakses tanggal August 17, 2022.