Google Cloud Datastore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Google Cloud Datastore Logo

Google Cloud Datastore (Cloud Datastore) adalah layanan database NoSQL yang dibuat untuk penskalaan otomatis, kinerja tinggi, dan kemudahan pengembangan aplikasi, dikelola sepenuhnya, dan ditawarkan oleh Google di Google Cloud Platform.[1] Cloud Datastore dibangun di atas teknologi bigtable dan Megastore milik Google.[2]

sejarah singkat[sunting | sunting sumber]

dirilis secara ketat sebagai fitur di Google App Engine pada tahun 2008,Cloud Datastore diumumkan sebagai produk mandiri pada tahun 2013 selama Google I/O.

Ikhtisar Cloud Datastore[sunting | sunting sumber]

Google Cloud Datastore adalah basis data dokumen NoSQL . Fitur Cloud Datastore meliputi:

  • Cloud Datastore dapat menjalankan serangkaian operasi di mana semua berhasil.
  • Cloud Datastore berjalan di pusat data Google, yang menggunakan redundansi untuk meminimalkan dampak dari titik kegagalan.
  • Penyimpanan dan kueri data yang fleksibel.
  • keseimbangan konsistensi yang kuat
  • Enkripsi
  • Sepenuhnya dikelola tanpa downtime yang direncanakan

Perbandingan dengan basis data tradisional[sunting | sunting sumber]

Meskipun antarmuka Cloud Datastore memiliki banyak fitur yang sama dengan basis data tradisional,bukan berarti meraka sama melainkan basis data NoSQL berbeda dengan mereka dalam cara menggambarkan hubungan antara objek data. Berikut adalah perbandingan Cloud Datastore dan konsep basis data relasional:

Konsep Cloud Datastore Cloud Firestore Relational database
Kategori objek

Kind/jenis

Kelompok koleksi

tabel

Satu objek

Entity/kesatuan

Dokumen

row/baris

Data individu untuk suatu objek

Property

Field

Kolom

ID unik untuk suatu objek

Key/kunci

ID Dokumen

Primary key

Tidak seperti baris dalam tabel basis data relasional, entitas Cloud Datastore dari jenis yang sama dapat memiliki properti yang berbeda, dan entitas yang berbeda dapat memiliki properti dengan nama yang sama tetapi jenis nilai yang berbeda. Karakteristik unik ini menyiratkan cara yang berbeda dalam mendesain dan mengelola data untuk memanfaatkan kemampuan untuk mengukur secara otomatis. Secara khusus, Cloud Datastore berbeda dari basis data relasional tradisional dengan beberapa cara penting berikut:

  • Cloud Datastore dirancang untuk secara otomatis menskala ke kumpulan data yang sangat besar, memungkinkan aplikasi untuk mempertahankan kinerja tinggi karena mereka menerima lebih banyak lalu lintas:
    • Cloud Datastore menulis skala dengan mendistribusikan data secara otomatis seperlunya.
    • Cloud Datastore membaca skala karena satu-satunya kueri yang didukung adalah skala yang kinerjanya dengan ukuran kumpulan hasil (sebagai lawan dari kumpulan data).
  • Karena semua kueri dilayani oleh indeks yang dibuat sebelumnya, jenis kueri yang dapat dijalankan lebih ketat daripada yang diizinkan pada basis data relasional dengan SQL. Secara khusus, Cloud Datastore tidak menyertakan dukungan untuk operasi gabungan, penyaringan ketidaksetaraan di beberapa properti, atau memfilter data berdasarkan hasil subkueri.
  • Tidak seperti basis data relasional tradisional yang menerapkan skema, Cloud Datastore adalah skema. Tidak perlu entitas yang sama untuk memiliki serangkaian properti yang konsisten (meskipun Anda dapat memilih untuk menegakkan persyaratan seperti itu dalam kode aplikasi Anda sendiri).

Menghubungkan ke Cloud Datastore dengan App Engine[sunting | sunting sumber]

Anda memiliki acuan yang berbeda untuk dipilih, tergantung Anda mau menggunakan Java 8 runtime atau Java 7 runtime di lingkungan standar App Engine, seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut:

java 7 java 8
1.Objectify
2.API Datastore untuk Java
3.Perpustakaan klien Cloud Datastore x
  1. Objectify adalah API open-source yang direkomendasikan oleh Google di Java yang menyediakan API untuk Datastore dengan fitur-fitur mirip ORM.
  2. API Datastore untuk Java adalah API Datastore tingkat rendah yang dibuat di App Engine SDK untuk menyediakan akses langsung ke semua fitur Datastore dan dijelaskan di seluruh dokumentasi Datastore App Engine di Java.
  3. Pustaka Cloud Datastore klien adalah pustaka yang dapat digunakan oleh aplikasi di runtime Java dan runtime App Engine standar, oleh karena itu aplikasi fleksibel di lingkungan App Engine, dan bisa juga selain aplikasi App Engine.
    1. ^ https://cloud.google.com/datastore Google Cloud Datastore
    2. ^ Balancing Strong and Eventual Consistency with Google Cloud Datastore