Golongan Si Raja Batak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

[1]Golongan Si Raja Batak adalah organisasi yang didirikan oleh Muria Sitompul dan sekarang ini dipimpin oleh Raja Darwis Sibarani di Laguboti, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. raja Darwis merupakan Ketua Wilayah (uluan)


Tujuan Organisasi[sunting | sunting sumber]

  1. Membina Budi Luhur
  2. Mengusahakan ketentraman lahir batin kesemournaan hidup di dunia dan akhirat,
  3. Manunggal dalam kenyataan tuhan karena diyakini bahwa Tuhan yang Mahasa Esa senantiasa mendampingi manusia

Struktur Organisasi[sunting | sunting sumber]

Pimpinan umum (Raja Junjungan) : Bapak Raja Darwis Sibarani Laguboti

Ketua : Saut Sibarani

Sekretaris : A. Halasan Marpaung

Bendahara : Ompu Tating Boru Tampubolon

Sejarah dan Ajaran[sunting | sunting sumber]

Pada awal berdirinya organisasi ini ketuai oleh Muria Sitompul. Pusat organisasi golongan si Raja Barak berada di Laguboti, kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, dengan cabang yang terbesar di Kotamadya Medan, Kabupaten Asahan, Kabupaten Asahan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Simalungun. Kotamadya Pematang Siantar. Ajaran organisasi ini yaitu menghayati hidup Makro Kosmos karena keyakinanya berdasarkan kepercayan adanya Tuhan yang maha esa sebagai sumber segala-galanya dan sumber hidup tuhan yang maha esa itu senantiasa berada di sisi manusia. Di organisasi ini usaka batak yang mengatur segala segi kehidupan para penghayatnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ensiklopedi kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Indonesia. Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. [Jakarta]: Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. 2006. ISBN 9789791607117. OCLC 424338489.