God of War: Betrayal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
God of War: Betrayal
200px
Pengembang
PenerbitSony Pictures Digital
PengarahPhilip Cohen
ProduserPhilip Cohen
PerancangPhilip Cohen, Nathan Leland, Alan Barasch[1]
PenulisMarianne Krawczyk
SeriGod of War
PlatformJava Platform, Micro Edition (Jave ME)
Tanggal rilisJune 20, 2007[2][3]
Genre
ModeSingle-player

God of War: Betrayal (atau dikenal dengan nama God of War Mobile) adalah game ketiga dari seri God of War bertajuk RPG Petualangan-Aksi (RPG Adventure-Action) yang dikembangkan oleh Javaground dan dibuat oleh Sony Pictures Digital Entertainment[4]. God of War: Betrayal pertama kali rilis di telepon genggam pada tanggal 20 Juni 2007 yang menggunakan OS Java dan sebagai game dari seri God of War yang dikeluarkan dan satu-satunya di versi telepon genggam[5]. God of War: Betrayal menceritakan Kratos yang secara tidak sengaja difitnah telah membunuh peliharaan Hera, Argos. Namun, yang membunuh adalah Assassin yang bertujuan menghancurkan reputasi Kratos di hadapan para dewa Olimpus lainnya. Setelah mengetahui siapa yang membunuh Argos, Kratos mengejarnya hingga ke Yunani untuk membunuhnya[6]. Cerita God of War: Betrayal melanjutkan cerita dari seri God of War (2005) dan berusaha mengisi kekosongan cerita diantara God of War (2005) dengan God of War II[7].

Meskipun God of War: Betrayal tidak dikeluarkan di konsol Playstation, God of War: Betrayal tetap mendapatkan pujian dari gameplay, grafik, dan cerita yang ditawarkan. Seperti tetap mengusung Petualangan-Aksi dan Teka-teki seperti seri God of War sebelumnya, banyaknya konten berdarah-darah dan brutal, gaya 16-bit yang khas dari Kratos[8], mudah dimainkan di telepon genggam pada masanya, serta game yang dapat dicerna inti ceritanya dengan mudah[9].

Gameplay[sunting | sunting sumber]

God of War: Betrayal menggunakan perspektif orang ketiga dengan gaya 2D side-scrolling dan hack-and-slash. God of War: Betrayal tidak hanya memiliki petualangan-aksi, tetapi juga memiliki unsur teka-teki sebagai ciri khas dari seri God of War[8]. Cara menggerakan Kratos dengan menggunakan D-pad untuk membuat Kratos berjalan dan tombol "OK" untuk melaksanakan aksi, seperti mengayunkan pedang, mengeluarkan sihir magis, serta memindahkan objek[10]. Dengan sistem side-scrolling, Karakter yang dimainkan (Kratos) harus menghabisi musuh-musuh yang ada di dalam layar permainan sehingga pemain bisa melanjutkan cerita yang ada. Cara menghabisi musuh-musuh yang ada dengan cara melakukan kombo serangan dengan menggunakan senjata Kratos (Athena's Blades atau Artemis Blades). Setelah musuh terluka, maka akan muncul anak panah diatas kepala musuh yang menandakan bahwa Kratos dapat membunuh musuh tersebut dengan gaya spesialnya. Tidak hanya melakukan aksi serangan menghabisi musuh-musuh, pemain juga dapat berinteraksi dengan objek disekitar Kratos, seperti kotak kayu yang bisa dihancurkan dan mendapatkan berbagai item didalamnya. Dan juga, Kratos dapat mengayunkan Athena's Blades diantara kayu bergelantungan untuk melanjutkan cerita[11].

Item yang terdapat didalam God of War: Betrayal terdiri dari Gorgon Eyes, yang digunakan untuk menambah bar nyawa dan Phoenix Feathers, yang digunakan untuk meningkatkan bar mana. Mana dalam God of War: Betrayal digunakan untuk kekuatan magis Kratos. Kekuatan magis Kratos seperti Army of Hades, sebagai mantra yang digunakan untuk memanggil jiwa mayat hidup dan Medusa's Gaze, sebagai mantra untuk membatukan musuh menjadi batu. Ketika dihadapkan dengan petarungan jarak dekat, Kratos memiliki pedang Athena's Blades dan Artemis Blades[12]. Dengan membunuh musuh-musuh yang ada, musuh tersebut kadang dapat menjatuhkan item bola-bola jiwa (Orb), seperti bola-bola jiwa hijau untuk menyembuhkan nyawa, bola-bola jiwa biru untuk meningkatkan mana, dan bola-bola jiwa merah untuk meningkatkan skill[11].

Teka-teki yang terdapat di God of War: Betrayal juga bermacam-macam jenisnya seperti memindahkan peti, melintasi celah perbukitan dan dinding, serta mengayunkan pedang melewati jurang dalam. Teka-teki yang dihadirkan bisa berbentuk vertikal maupun horizontal dan bersifat tidak monoton[8].

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

God of War: Betrayal menceritakan cerita setelah God of War (2005) yakni setelah Kratos berhasil membunuh Ares dan akan mengeklaim takhta Dewa Perang yang baru. Kratos lalu menghimpun pasukan Sparta yang lain untuk melawan Yunani. Selama masa perang tersebut, pasukan sparta dan Kratos melawan berbagai monster-monster dan Argos, Hewan kesayangan Hera untuk menghentikan Kratos melawan Yunani. Kratos berhasil menghalau serangan dan melukai Argos, tetapi Argos dibunuh oleh Assassin yang tidak diketahui identitasnya. Dewa olimpus menganggap bahwa Kratos membunuh Argos dan menganggap perbuatannya tidak terpuji seakan-akan Kratos mau melawan olimpus. Sehingga Kratos mengejar Assassin tersebut dan berusaha membersihkan namanya. Selama perjalanan Kratos, Kratos dihadang-hadangi dan melawan para minion Hades. Zeus yang sudah tak tahan mengirim Ceryx, anak laki-laki Hermes sebagai pengirim pesan untuk Kratos bahwa tindakan yang dilakukan di Yunani sudah keterlaluan. Ceryx bertemu dengan Kratos dan Kratos tidak peduli atas isi pesannya. Kratos akhirnya melawan dan membunuh Ceryx. Setelah membunuh Ceryx, semua prajurit sparta bersorak gembira. Konsekuesi dari perbuatan Kratos adalah Assassin yang dicari Kratos menghilang dan para Dewa olimpus dan Zeus tidak akan tinggal diam atas kelakuan Kratos[12].

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter-karakter dalam God of War: Betrayal terdiri dari karakter utama, karakter musuh, dan karakter bos[12].

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Karakter utama dari God of War: Betrayal antara lain:

  • Kratos: Dewa Perang baru yang memilih untuk memimpin rakyat Spartannya dalam menaklukkan seluruh Yunani.
  • Spartan: Prajurit yang pasukannya dipimpin oleh Kratos.
  • Argos: Binatang raksasa dengan banyak mata yang dikirim oleh para Dewa untuk menghentikan Kratos dan pasukan Spartannya. Argos juga merupakan binatang kesayangan Hera
  • Assassin: Musuh misterius Kratos yang membunuh Argos karena alasan yang tidak diketahui.
  • Ceryx: Utusan Olimpus dan utusan yang dikirim untuk menghambat Kratos menghentikan pengejarannya terhadap Assassin. Dia adalah putra Hermes.

Karakter Musuh[sunting | sunting sumber]

Karakter musuh dari God of War: Betrayal antara lain:

  • Prajurit Yunani: Prajurit yang melindungi kota-kota Yunani dari Kratos yang sedang diporak-porakkannya.
  • Dead Riders: Penunggang kuda mayat hidup yang dikirim oleh Hades untuk mengumpulkan jiwa-jiwa mereka yang sudah lama mati.
  • Minotaur: Monster berbentuk manusia yang berkepala banteng sebagai tanda kekuasaan dari para Dewa.
  • Kerberos: Anjing berkepala tiga yang mampu menyemburkan api. Kerberos merupakan kaki tangan Hades yang mencoba menghentikan Kratos.
  • Mayat Hidup Legiun: Pasukan mayat hidup legiun Hades datang ke Yunani untuk mencoba menghentikan Kratos.

Karakter Bos[sunting | sunting sumber]

Karakter musuh dari God of War: Betrayal antara lain:

  • Argos: Monster peliharaan favorit Hera. Argos mencoba menghentikan kampanye perang Kratos. Kratos melawan Argos selama perjalanannya melalui kota yang dilewati Argos. Setelah melawan Kratos, Argos selalu mundur. Akhirnya, Kratos berhasil melukai dan membuang Argos ke saluran pembuangan air, tetapi Argos dibunuh oleh Assasin.
  • Ceryx: Utusan Olimpus dan utusan yang dikirim untuk menghambat Kratos menghentikan pengejarannya terhadap Assassin. Karena dianggap menganggu pengejarannya. Kratos melawan Ceryx. Pada akhirnya, Ceryx mati, tetapi sebelum mati, Ceryx menyatakan Kratos adalah "Pembunuh Para Dewa" ("God Slayer").

Pengembang[sunting | sunting sumber]

Para pengembang God of War: Betrayal, Javaground menganggap membuat game God of War di telepon genggam yang sebelumnya dari Playstation pada masanya merupakan hal yang susah. seperti mengubah data pemograman ke telepon genggam, menguji data pemograman hingga ratusan kali, menggambar dan memasukkan background dari setiap petarungan dan diubahnya ke satuan kilobytes, serta memaksimalkan gaya pertarungan karakter. Data pemograman tersebut seperti wajah, pergerakan, animasi, dan gaya bertarung karakter, item, Teka-teki, serta jebakan yang ada di God of War: Betrayal. Meskipun begitu, God of War: Betrayal yang dirancang oleh Javaground sejak September 2005 hingga dipublikasikan tetap memenuhi standar Sony Pictures Digital Entertainment sehingga bisa dipublikasikan pada tanggal 20 Juni 2007 dan layak diapresiasi[13].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.mobygames.com/game/j2me/god-of-war-betrayal
  2. ^ "God of War: Betrayal – Wireless". IGN. Ziff Davis Media. Diakses tanggal July 5, 2012. 
  3. ^ Verizon Communications (June 20, 2007). Sony Pictures Television Launches God Of War: Betrayal For Verizon Wireless Subscribers. Siaran pers. Diakses pada May 30, 2013.
  4. ^ "Phil Cohen talks up God of War: Betrayal". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-13. 
  5. ^ "God of War: Betrayal". Codex Gamicus (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-13. 
  6. ^ "Gamebox : God of War: Betrayal". kotakgame (dalam bahasa Indonesia). Diakses tanggal 2020-01-13. 
  7. ^ fauzan (2012-06-14). "God of War: Betrayal, Pengisi Gap Dari Versi Sebelumnya". X-Phones | All About Ponsel (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-13. 
  8. ^ a b c God of War: Betrayal Review - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-01-13 
  9. ^ "Hands-on: God of War: Betrayal". Destructoid (dalam bahasa english). Diakses tanggal 2020-01-13. 
  10. ^ "Hands on God of War: Betrayal". Siliconera (dalam bahasa Inggris). 2007-05-10. Diakses tanggal 2020-01-13. 
  11. ^ a b "God of War: Betrayal (2007)". MobyGames. Diakses tanggal 2020-01-13. 
  12. ^ a b c "God of War: Betrayal". God of War Wiki (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-13. 
  13. ^ "Phil Cohen talks up God of War: Betrayal". Engadget (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-13.