Go Go Squid!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Go Go Squid!
Poster Go Go Squid!
GenreKomedi romantis
eSport
BerdasarkanStewed Squid with Honey oleh Mo Bao Fei Bao
Ditulis olehMo Bao Fei Bao
SutradaraLi Jingrong
Xiang Xujing
PemeranYang Zi
Li Xian
Lagu pembuka"Wu Ming Zhi Bei" (无名之辈, Seseorang Tanpa Nama) oleh Chen Xueran
Lagu penutup"Niu Nai Mian Bao" (牛奶面包, Roti Susu) oleh Yang Zi
Negara asalTiongkok
Bahasa asliMandarin
Jmlh. musim1
Jmlh. episode41 (daftar episode)
Produksi
Lokasi produksiShanghai, Sanya
Durasi45 menit
Rumah produksiShanghai GCOO entertainment Co. Ltd.
Rilis asli
JaringanDragon TV
Zhejiang TV
Rilis9 Juli (2019-07-09) –
31 Juli 2019 (2019-07-31)

Go Go Squid! (Hanzi: 亲爱的,热爱的; Pinyin: Qin Ai De, Re Ai De) adalah sebuah serial televisi Tiongkok yang ditayangkan pada tahun 2019.[1] Serial ini diangkat dari novel Stewed Squid with Honey (Hanzi: 蜜汁炖鱿鱼; Pinyin: Mi Zhi Dun You Yu) karya Mo Bao Fei Bao dan dibintangi oleh Yang Zi dan Li Xian.[2][3] Mulai ditayangkan tanggal 9 Juli hingga 31 Juli 2019 di Dragon TV dan Zhejiang TV[4] serta situs streaming Tencent Video dan iQiyi.

Serial ini menceritakan tentang Tong Nian, mahasiswa berbakat jurusan komputer yang juga seorang penyanyi online populer dan Han Shangyan, seorang pemain profesional keamanan siber yang saling mencintai, mendukung satu sama lain dan berjuang untuk meraih gelar juara di kompetisi internasional keamanan siber.[5] Serial ini paling banyak ditonton pada tahun 2019,[6] dan berdasarkan data statistik dari Daftar serial TV Indeks Penyiaran Yien, Go Go Squid! merupakan serial TV nasional terbaik tahun 2019.[7]

Alur[sunting | sunting sumber]

Tong Nian mahasiswa cerdas bertemu Han Shangyan, seorang pemuda yang penuh gairah, yang sangat berdedikasi dalam meraih impiannya dan penuh tanggung jawab terhadap tim-nya yang dipenuhi oleh anak-anak muda. Han Shangyan selalu berusaha mewujudkan cita-cita membawa timnya berjuang di kejuaraan internasional demi mengharumkan nama bangsa. Tak hanya selalu memberi Han Shangyan dukungan dan pengertian, namun Tong Nian tetap mewujudkan cita-citanya mendapatkan gelar S3 dengan dukungan Han Shanyang. Keduanya saling mendukung dan mendorong dalam perjalanan menuju impian juara, dan juga menjadi motivator bagi satu sama lain untuk mengejar impian mereka. Perjuangan tiada henti yang ditunjukkan keduanya dalam membanggakan bangsa diperlihatkan oleh keduanya dalam proses mengejar impian mereka, memperlihatkan rasa patriotisme yang kuat dari kaum muda jaman sekarang.[8]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Yang Zi Tong Nian Seorang mahasiswi jurusan IT jenius, masuk universitas di usia 15 tahun dan tengah menempuh S2 di Universitas terkemuka Tiongkok. Dia terkenal di dunia maya dberkat kesukaannya mengupload lagu cover di situs musik Tiongkok. Tong Nian dikenal memiliki kepribadian riang dan apa adanya. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama pada Han Shangyan dan melakukan banyak hal untuk mendukungnya, seperti membuat game, program untuk meningkatkan kecepatan klik per detik tim K&K, bahkan membuatkan website. Meski mencintai Han Shangyan namun dia tetap mengejar impiannya melanjutkan studi hingga S3.
Li Xian Han Shangyan (Gun) Pemain CTF Legendaris Tiongkok yang bercita-cita membawa Tiongkok menjadi juara dunia CTF. Sejak awal pilihan kariernya mendapat tantangan dari keluarga dan orang di sekitarnya. Demi cita-citanya dia meninggalkan Norwegia, dan memilih kewarganegaraan Tiongkok. Bersama Tim Solo memulai karier profesionalnya, namun karena konflik internal dia memilih pensiun di puncak karier. Untuk mewujudkan cita-citanya dia membentuk tim CTF Profesional K&K. Oleh timnya dia dikenal dingin, pemarah, disiplin, tegas namun berwibawa sehingga meski ditakuti namun juga sangat dihormati dan dicintai. Sebenarnya Han Shang Yan sangat perhatian, hanya saja dia tidak suka menampilkan sisi baiknya tersebut. Sampai dia bertemu Tong Nian yang memahami perasaannya dan perlahan membantunya menjadi lebih baik. Berkat kegigihannya akhirnya dia mampu mewujudkan impiannya membawa tim CTF Tiongkok menjadi juara dunia.

Pemeran pendukung[sunting | sunting sumber]

Team K&K[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Hu Yitian[9] Wu Bai (DT) Kapten Team K&K yang berposisikan sebagai attacker utama.

Dikenal dengan julukan "Tangan Kiri Tuhan" dan merupakan seorang jenius dalam hitungan. Sepupu dari Han Shangyan. Ia terlihat dingin, namun sebenarnya memiliki kepribadian yang hangat. Ia telah mengagumi Appledog selama 10 tahun dan masuk ke dunia cybersecurity game karena dirinya.

Lee Hong-chi[9] Mi Shaofei (Xiao Mi) Manajer Team K&K. Mantan anggota Team Solo yang berposisikan sebagai defender.
Pada awalnya ia bergabung dengan SP karena bujukan Wang Hao, namun kemudian keluar dan memutuskan untuk pensiun setelah rankingnya jatuh di bawah angka 100. Ia kemudian dibujuk oleh Su Cheng untuk bergabung dengan Team K&K sebagai seorang manajer. Ia jatuh cinta pada Sun Yaya karena ia selalu menemaninya bahkan di saat terendahnya.
Wen Yifan Shen Zhe (Grunt) Wakil kapten Team K&K yang berposisikan sebagai planner.
Ia memiliki mulut yang pedas namun hati yang lembut.
Li Mingde Ling Shan (97) Defender utama Team K&K. Seorang pria yang periang dan cerewet. Ia suka menggoda Demo.
Xu Yuexiao Zhou Yi (One) Defender pendukung Team K&K. Orang tertinggi di team.
Yu Chengen Dai Feng (Demo) Attacker pendukung Team K&K. Anggota termuda di team yang memiliki kepribadian imut dan periang.
Cheng Fangxu Bi Dongran (Buff) Anggota Team K&K.
Mantan ketua dari Team Buff, ia pernah mengalahkan Han Shangyan yang saat itu berada di Team Solo. Setelah kalah dari Team K&K di sebuah kompetisi 5 tahun kemudian, ia dibujuk oleh Han Shangyan untuk bergabung dengan Team K&K.
Wang Lejun Su Cheng Mantan manajer Team K&K. Teman baik Grunt dan mantan istri dari Wang Hao.

Team SP[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Li Zefeng[9] Wang Hao (Solo) Manajer dan perwakilan dari Team SP. Mantan pemimpin dari Team Solo yang berposisikan sebagai seorang planner.
Ia adalah alasan dibalik bubarnya Team Solo yang saat itu sedang berada di puncak kesuksesannya.
Wang Zhen'er Ai Qing (Appledog) Manajer dan perwakilan dari Team SP. Mantan anggota Team Solo yang berposisikan sebagai planner attacker utama.
ia dianggap sebagai "dewi" dalam dunia pergamingan. Ia adalah mantan pacar Wang Hao.
Chen Xijun Ou Qiang (All) Attacker pendukung Team SP. Mantan anggota Team Solo yang berposisikan sebagai attacker pendukung dan defender utama.
Wu Hao Zhou Hua (Hua Ti) Kapten Team SP yang berposisikan sebagai attacker.
Sun Chuhong Lin Yin (Inin) Planner Team SP.
Li Duogen Fu Ying (Bug) Defender Team SP. Ia menggantikan Mi Shaofei setelah pengunduran dirinya dari team.
Chen Yong Fu Yiwen (Following) Anggota Team SP.
Zhou Yuanyuan He Nana Direktur Operasi Global Team SP.

Orang-orang di sekitar Han Shangyan[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Paul Chun Kakek dari Han Shangyan dan Wu Bai. Seorang pria tua yang ceria, ramah, dan baik hati. Ia sangat mengkhawatirkan masa depan pernikahan Han Shangyan dan sangat menyukai Tong Nian.
Liang Aiqi Ibu tiri Han Shangyan. Ia memperlakukan Han Shangyan seperti anaknya sendiri.
Sheng Ping Zhou Shan Penggemar setia Han Shangyan. Ia menjadi editor utama majalah CTF untuk Han Shangyan.

Orang-orang di sekitar Tong Nian[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Jiang Peiyao Sun Yaya Teman sekamar dan sahabat dari Tong Nian. Penggemar berat Mi Shaofei yang selalu menemaninya di saat-saat terendahnya. Ia bersama dengan Mi Shaofei pada akhir cerita.
Shi Qingyan Lan Mei Teman dekat Tong Nian. Seorang penyanyi online populer.
Qu Xianping Zheng Hui Senior dari Tong Nian. Ia menyukai Tong Nian.
Chen Shuai Hu Dounan Sepupu dari Tong Nian.
Liu Qianmei Hu Yuejiao Sepupu dari Tong Nian.
Sun Lin Ibu dari Tong Nian.
Wang Ce Ayah dari Tong Nian.
Zheng Xiaowan Bibi dari Tong Nian.
Ding Nan Suami dari Lan Mei. Ia adalah penggemar berat dari Han Shangyan.

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Pemeran Peran Pengenalan karakter
Hua Bobo Nan Wei Suami dari Su Cheng. Partner Han Shangyan dalam K&K.
Zhou Xiaohai Profesor Tong Nian yang juga adalah teman dari Han Shangyan.
Zhang Ming Xiao Ai Putri dari Wang Hao.
Su Yi Xiao You Mantan anggota Team Solo.
Shen Lei Yi Qian Mantan anggota Team Solo.
Sun Lianfeng Bibi Zhao Ibu dari One.
Ren Shuhai Ibu dari Dai Feng.
You Xiaodong Ayah dari Mi Shaofei.
Liu Ailian Nenek dari Mi Shaofei.
Yang Shufang Ibu dari Wang Hao.
Jing Lu Ibu dari Zheng Hui.
Yu Xiaodong Ayah dari Zheng Hui.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Menurut Fang Ying, wakil presiden direktor Huace/Croton Media salah satu yang memproduksi Go Go Squid! serial ini sudah dikonsep sejak tahun 2014. Markas klub K & K dibangun di area seluas 2,000 meter pesegi, menghabiskan waktu 1,5 bulan untuk pembangunannya. Di dalamnya ada fasilitas pelatihan, ruang pertemuan dan berbagai ruangan lainnya. Didukung oleh berbagai peralatan kompetisi profesional serta fasilitas yang menunjang kehidupan sehari-hari, demi menunjukkan lingkungan klub yang nyata. Untuk Untuk menumbuhkan pengetahuan taktis tim dan meningkatkan pemahan pemain akan peran mereka, sebelum syuting, kru melakukan pelatihan keterampilan profesional untuk menampilkan permainan tim yang harmonis. Selain itu untuk menampilkan suasana kompetisi yang nyata, para kru mengambil lebih dari 100 gambar para pemain, tim dan penonton di lokasi pertandingan.[10]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Li sedang syuting di Sword Dynasty di Hengdian, ketika menerima tawaran untuk berperan di serial ini. Dia mengaku menerima tawaran tersebut karena merasa karakter Han Shangyan cocok dengannya yang tekun dalam bekerja dan mengejar impian sama seperti kariernya sebagai aktor.[11] Ketika pertama kali syuting, punggungnya masih cedera, dia tidak bisa berjalan dengan baik sehingga harus dibawa ke dokter oleh para kru.[12] Serial ini mulai syuting pada bulan April 2018 dan berakhir tanggal 28 Juli 2018 di Sanya, dengan total waktu 118 hari.[13]

Desain[sunting | sunting sumber]

Seragam tim K & K dibuat oleh perancang busana. Ada lebih dari 10 model seragam yang dikenakan. Pakaian Han Shangyan dirancang sebagian besar hitam, sederhana namun elegan.[14] Sementara pakaian Tong Nian di desain lebih berwarna didominasi warna pastel untuk memberikan kesan bertolak belakang dengan Han.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Rating televisi[sunting | sunting sumber]

Rating Nasional CSM[a]
Dragon TV [15]
Episode pertama Episode terakhir Puncak Rata-rata
0.41
9 Juli 2019
0.96
31 Juli 2019
0.96
31 Juli 2019
0.62
Zhejiang TV
0.46
9 Juli 2019
1.5
31 Juli 2019
1.5
31 Juli 2019
0.99

Serial ini memperoleh kesuksesan secara komersial dan berhasil memuncaki rating televisi di jam tayangnya. Serial ini telah ditonton sebanyak lebih dari 9,6 juta kali, serta menciptakan dampak besar di dunia maya dibuktikan dengan hashtag resminya yang telah dilihat sebanyak lebih dari 12 miliar kali di Sina Weibo.[16][17] Serial ini dipuji karena alurnya yang mengajarkan hal-hal positif seperti untuk mengejar mimpi dan rasa cinta pada tanah air.[18]

Seri ini mendominasi data media pada daftar seri TV Guduo, daftar seri TV data Cat's Eye, daftar seri TV Yien Broadcasting Index, daftar popularitas seri Yunhe Data, daftar seri TV Weibo, dll.[19] Selama peluncuran "Go Go Squid!", Cateye Media Matrix merilis lebih dari 200 video pendek serial ini di Tik Tok, ditonton lebih dari 500 juta kali, dengan tagar resmi dilihat lebih dari 12 miliar kali di Sina Weibo.[20] Berdasarkan data dari micro-hotspot (wrd.cn), yang menggunakan statistik serial TV yang pertama kali tayang bulan Juli 2019 di stasiun TV dan platform online. Index populariti transmisi jaringan serial TV, pemeran utama (Li Xian and Yang Zi), dan karakter utama (Han Shangyan and Tong Nian) dari 1 Juli sampai 31 Juli, Go Go Squid! berada di posisi pertama.[21] Serial ini juga memenangkan poling serial TV Tiongkok terpopuler di The Beijing News. Serial ini merupakan acara paling populer kedua setelah Story of Yanxi Palace di iQiyi.[22]

Pada tahun 2019 data dari Cat Eyes menunjukkan kata kunci terkait serial ini berada di posisi pertama pencarian Baidu, Weibo dan WeChat.[23] Go Go Squid! merupakan serial yang paling banyak ditonton di platform streaming iQiyi, Tencent Video dan Youku,[24] dan menjadi serial lokal terbaik tahun 2019.[25]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Go Go Squid! mendapat rating 6,6/10 di Douban, dan 7,8/10 di iMDb. Diawal-awal penayangannya serial ini mendapatkan protes karena perubahan jenis esport dari novel aslinya, banyak yang merasa sulit menerima CTF, belum lagi cara menggambarkannya dianggap tidak profesional; ada pula yang memprotes alur ceritanya, Bahkan Li pun menerima protes karena suaranya dianggap terlalu rendah dan dialognya terlalu singkat.[26] Namun Liu Wei, dari The Beijing News malah memuji alur cerita serial ini karena dianggap berbeda dengan drama komedi romantis remaja sebelumnya. Menurutnya kisah cinta yang ditunjukkan di Go Go Squid! memberikan emosi yang halus dan nyata, menyampaikan kesan ceria dan menggebu-gebu khas anak muda, selain itu tidak ada cerita melanklolis pada pengaturan alurnya. Tidak ada peran jahat, tidak ada laki-laki atau perempuan lain yang diam-diam berusaha merebut salah satu pihak, tidak ada cerita kecelakan, amnesia ataupun calon mertua jahat yang berusaha memisahkan pasangan yang ada.[27]

Jia Miao dari Oriental Network juga memuji energi positif yang ada pada serial ini. Dia memuji cara penulis menceritakan kehidupan anak muda dengan cara yang sederhana dan damai, demikian pula rincian-rincian kecil yang membuat pemirsa merasa tersentuh. Dia bahkan berharap makin banyak serial televisi positif seperti Go Go Squid![28] Masih dari Oriental Network, Lili Pang juga memuji penampilan para pemain serial ini karena dianggap telah menggambarkan karakternya secara nyata, dia bahkan secara khusus memuji penampilan Li yang dianggap luar biasa meskipun karena perannya dalam drama ini dia tidak memiliki adegan yang hebat dan luar biasa. Secara pribadi dia menganggap Li pasti bisa memerankan peran yang lebih rumit dan kuat."[29] Secara umum People's Daily memberikan pujian kepada penulis atas pengaturan karakter yang berbeda dari drama-drama anak muda lainnya. Demikian pula dengan garis besar cerita yang tepat dan deskripsi yang sangat teliti yang menunjukkan kondisi kehidupan, sudut pandang dan hal-hal yang menjadi perhatian bagi anak muda saat ini.[30]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Tahun Kategori Nominasi Hasil Ref.
Baidu Fudian Awards 2019 10 Serial Televisi Teratas Go Go Squid! Menang [31]
Huading Awards Penulis naskah terbaik Mobao Feibao Nominasi [32]
Aktor pendatang baru terbaik Li Xian Nominasi [33]
Aktris terbaik (Drama moderen) Yang Zi Menang [32]
China College Students Television Festival The Nameless Generation
(Lagu tema pembuka)
OST Drama TV terbaik Menang
China Entertainment Industry Summit
(Golden Pufferfish Awards)
Pemasaran terbaik Go Go Squid Nominasi [34]
China New Entertainment New Consumer Annual Summit Drama tahun ini Go Go Squid! Menang [35]
Film and TV Role Model Annual Ranking Aktor terpopuler Li Xian Menang [36]
Aktris terpopuler Yang Zi Menang
Esquire Man At His Best Awards Aktor paling menjanjikan tahun ini Li Xian Menang [37]
Golden Bud - Network Film And Television Festival Aktor terbaik Li Xian Nominasi [38]
Aktris terbaik Yang Zi Nominasi
GQ Men of the Year Tiongkok Aktor populer tahun ini Li Xian Menang [39]
iQiyi All-Star Carnival Drama tahun ini Go Go Squid! Menang [40]
Raja teriakan Li Xian Menang
Ratu teriakan Yang Zi Menang
Artis paling menjanjikan Jiang Peiyao Menang
Sina Film & TV Award Ceremony 10 serial televisi terbaik Go Go Squid! placed [41]
Sir Movie Cultural And Entertainment Industry Award Aktris terbaik (Drama) Yang Zi Nominasi [42]
Pasangan terbaik Yang Zi dan Li Xian Nominasi
Sohu Fashion Awards Drama nasional tahun ini Go Go Squid! Nominasi [43]
Bintang pria nasional tahun ini Li Xian Nominasi
Tencent Video All Star Award Aktor berkualitas tahun ini Li Xian Menang [44]
Serial televisi tahun ini Go Go Squid! Menang
The Actors of China Award Aktor terbaik (Kategori hijau) Li Xian Nominasi [45]
Aktris terbaik (Kategori hijau) Yang Zi Nominasi
Weibo TV Series Awards 10 Serial Televisi terpopuler Go Go Squid! Placed
10 Aktor terpopuler Li Xian TOP 8
Aktris terpopuler Yang Zi Menang
Weibo Awards Ceremony 2020 Drama terpopuler tahun ini Go Go Squid! Menang [46]
Aktor populer tahun ini Li Xian Menang [47]
Aktris populer tahun ini Yang Zi Menang

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Juli 2019, seluruh episode dari serial ini telah bocor di dunia maya.[48]

Serial ini juga terlibat dalam sebuah kontroversi setelah sebuah peta yang tampak di episode 39 tidak memasukkan pulau merdeka Taiwan dan Hainan selatan, serta menunjukkan batas India-Tibet, yaitu Laut China Selatan dan daerah Kashmir, yang salah. Menurut kementrian, kesalahan dalam peta yang digunakan dalam serial ini juga termasuk penggambaran yang salah batas antara area selatan daerah otonom Tibet, warna Taiwan dan pulau Hainan yang berbeda dengan China; dan garis putus-putus yang menunjukkan bahwa pulau-pulau China di Laut China Selatan tidak ada. Hal tersebut telah diselidiki oleh Kementrian Sumber Daya Alam China.[49][50] Sebagai hasil dari kontroversi tersebut, pada tanggal 12 Agustus, perusahaan produksi dari serial ini dikenai denda sebesar 100.000 RMB (Sekitar 200 juta rupiah) oleh Biro Perencanaan Kota dan Sumber Daya Alam Shanghai.[51]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

No.JudulLirikMusikPenyanyiDurasi
1."Wu Ming Zhi Bei (无名之辈, Seseorang Tanpa Nama)" (Lagu tema pembuka)Tang HanxiaoTang HanxiaoChen Xueran4:23
2."Niu Nai Mian Bao (牛奶面包, Roti Susu)" (Lagu tema penutup)Zheng Guofeng, Zhang PengpengZheng GuofengYang Zi3:28
3."Ai Bu You Wo (爱不由我, Cinta Bukan Terserah Padaku)"Zhang PengpengZheng GuofengYou Zhangjing4:31
4."Gei Wei Lai (给未来, Memberikan Pada Masa Depan)"Zhang PengpengZheng GuofengLi Xian3:57
5."Wo Ke Yi Bu Zai Hu Ni (我可以不在乎你, Aku Dapat Tidak Peduli Padamu)"Sun AiliSun AiliKimberley Chen4:48
6."Couldn't leave"Chen XueranChen XueranDimash Kudaibergen3:14
7."Guang Yao (光耀, Kejayaan)"Lin QiaoZhao QianLara Veronin3:10
8."Yi Qi Zou De Xing Fu (一起走的幸福, Kebahagiaan Dari Berjalan Bersama)"Lin Qiao, Gao YingGao YingDuan Aojuan3:06
9."Hai Kuo Tian Kong (海阔天空, Langit yang Luas)"Huang JiajuHuang Jiaju  

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shobah, Rita Noor (20 Agustus 2019). "Banjir Pujian, Drama China Romantis Go Go Squid, Cowok Gamers & Cewek Smart, Bikin Gemas dan Melted". Tribunnews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-14. Diakses tanggal 3 April 2020. 
  2. ^ "《蜜汁炖鱿鱼》撒糖造梦 杨紫李现萌妹遇男神一见钟情". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 14 Februari 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-05-15. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  3. ^ "《蜜汁炖鱿鱼》首发先导片 杨紫李现开启甜萌爱情". Sina (dalam bahasa Mandarin). 9 Mei 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-21. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  4. ^ "《亲爱的,热爱的》定档0709 杨紫李现开启热血甜爱". Global Times (dalam bahasa Mandarin). 5 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-06. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama yang
  6. ^ Wei, Du; Xingsheng, Dong (January 14, 2020). "TV drama industry inventory in 2019: the record drama has shrunk by more than 20%, with a total investment of 16.8 billion, record lowest of nearly 5 years". Daily Economic News. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 April 2020. Diakses tanggal April 20, 2020. 
  7. ^ Danyang, Shen (21 Januari 2020). "2019 of domestic dramas: the market is bleak, the content is splendid". 36kr.com (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-19. Diakses tanggal 20 April 2020. 
  8. ^ "Go Go Squid! di Tencent Video". Tencent Video. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-03. Diakses tanggal 20 April 2020. 
  9. ^ a b c "《蜜汁炖鱿鱼》胡一天特别出演 李鸿其李泽锋为梦而战". ifeng (dalam bahasa Mandarin). 19 Maret 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-21. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  10. ^ "Go Go Squid! Yang Zi Li Xian goes hand in hand to build a dream". People's Daily (dalam bahasa Tionghoa). July 31, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 22, 2020. Diakses tanggal April 22, 2020. 
  11. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Information Times
  12. ^ Na, Zheng. "Li Xian: Acting as an Actor Who Left Good Works" (dalam bahasa Tionghoa) (December 13, 2019). People's Daily. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 16, 2020. Diakses tanggal April 16, 2020. 
  13. ^ "《蜜汁炖鱿鱼》燃梦杀青 杨紫李现携手筑梦前行". Netease (dalam bahasa Tionghoa). 31 Juli 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-21. Diakses tanggal 2019-12-28. 
  14. ^ "《蜜汁炖鱿鱼》杀青 杨紫李现携手筑梦前行". World Wide Web Synthesis (dalam bahasa Tionghoa). July 31, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-04. Diakses tanggal April 22, 2020. 
  15. ^ "百度百科——全球最大中文百科全书". baike.baidu.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-27. Diakses tanggal April 9, 2020. 
  16. ^ "'Cinderella stories' hold staying power in modern age". China Daily (dalam bahasa Inggris). 2 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-20. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  17. ^ "Who is Li Xian, rising star of China's Go Go Squid! hit television show?". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). 4 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-19. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  18. ^ "青春剧不应局限于"撒糖" 更要找到现实着眼点". Sina (dalam bahasa Mandarin). 16 Juli 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-08-28. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  19. ^ Business, Phoenix (July 19, 2019). "Ten days after iQiyi launched Go Go Squid!, the content popularity has exceeded 9,000". Phoenix Business (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal April 20, 2020. Diakses tanggal April 20, 2020. 
  20. ^ Victoria, Zhang (July 2, 2019). "'Cinderella stories' hold staying power in modern age". China Daily (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 20, 2019. 
  21. ^ WRD, Micro Hotspot (August 9, 2019). "Popularity list for July TV Drama Revealed- "Go Go Squid!" swept all the list". NetEase (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal April 19, 2020. Diakses tanggal April 19, 2020. 
  22. ^ Get to know rising Chinese leading man Li Xian Diarsipkan 2022-01-21 di Wayback Machine. Inkstone. 5 August 2019.
  23. ^ Zijiu, Li (16 Januari 2020). "2019, "Perkembangan" dan "Kemunduran" di pasar drama". Mirror entertainment (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-04-20. Diakses tanggal 20 April 2020. 
  24. ^ Wei, Du; Xingsheng, Dong (January 14, 2020). "Inventori industri drama TV tahun 2019: catatan drama turun lebih dari 20%, dengan total investasi 16.8 miliar, tercatat paling rendah dalam 5 tahun". Daily Economic News. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 20, 2020. Diakses tanggal April 20, 2020. See the chart 
  25. ^ Danyang, Shen (January 21, 2020). "2019 of domestic dramas: the market is bleak, the content is splendid". 36kr.com (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-09-19. Diakses tanggal 20 April 2020. Berdasarkan statistik Yien, dari 2015 ke 2018, drama lokal terbaik berturut-turut adalah "Yueyue Zhuan", "Qingyun Zhi", "Chuo Qiao Zhuan" dan "Knowing Whether or Not Knowing". Tahun 2019 adalah "Go Go Squid!". 
  26. ^ Network, Oriental (November 3, 2019). "Dear love counterattack, Li Xian averages 6 hot searches every day: Is it the victory of "sweet pet +", or is the theme of e-sports rising?". hb.people.com.cn (dalam bahasa Tionghoa) (People's Daily). Diakses tanggal April 20, 2020. [pranala nonaktif permanen]
  27. ^ Wei, Liu. "杨紫李现好多甜是闹着玩拍出来的_文娱新闻_新京报电子报". The Beijing News (dalam bahasa Tionghoa) (July 28, 2019). hlm. A14. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 22, 2020. 
  28. ^ Miao, Jia (July 30, 2019). "亲爱的热爱的导演不会直接告诉你的三个秘密,网友:过于残酷". Oriental Network (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal April 19, 2020. Diakses tanggal April 19, 2020. 
  29. ^ Lili, Pang (July 26, 2019). "Dear Mi Shaofei, retired and joined the KK team? Han Shangyan still did not give up on him". Oriental Network (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal April 19, 2020. Diakses tanggal April 19, 2020. 
  30. ^ "Go Go Squid!:The left hand holds the ideal and the right hand holds the love" 《亲爱的,热爱的》左手抓理想 右手握爱情. People's Daily (dalam bahasa Tionghoa) (July 31. 2019). hlm. C07. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 23, 2020. Diakses tanggal April 22, 2020. 
  31. ^ "百度沸点2019年度十大电视剧发布". Sina (dalam bahasa Tionghoa). December 12, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-18. Diakses tanggal 2019-12-28. 
  32. ^ a b "第26届华鼎奖提名名单:李现肖战获新锐演员提名". Sina (dalam bahasa Tionghoa). November 8, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-11-08. Diakses tanggal 2019-12-28. 
  33. ^ "Li Xian is competing for the Huading Award for Best New Actor. Xiao Zhan Wang Yibo staged "Brother Wall"" 李现易烊千玺华鼎奖争新锐奖.肖战王一博上演“兄弟阋墙”. Sin Chew Daily (dalam bahasa Tionghoa). November 9, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2020. 
  34. ^ "2019金河豚奖入围名单". Sina (dalam bahasa Tionghoa). November 18, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-09. Diakses tanggal 2019-12-28. 
  35. ^ "Sansheng New Entertainment · New Consumer Annual Summit concluded: circle content, e-commerce live broadcast became the winner of the award". people-finance.cn (dalam bahasa Tionghoa). December 20, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-07. Diakses tanggal April 23, 2020. 
  36. ^ "影视榜样·2019年度总评榜暨影视论坛举行". Sohu (dalam bahasa Tionghoa). January 7, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-03-29. Diakses tanggal 2020-04-25. 
  37. ^ Haiyan, Ma (December 19, 2019). "The Sixteenth MAHB Annual Mr. Ceremony Held Jackie Chan Won Double Awards" 第十六届MAHB年度先生盛典举行 成龙获颁双奖项. China News (dalam bahasa Tionghoa). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 19, 2019. Diakses tanggal April 16, 2020. For other individual awards, Li Xian awarded the "Most Promising Actor of the Year",... 
  38. ^ "金骨朵网络影视盛典提名揭晓 王一博肖战杨紫等入围". Ynet (dalam bahasa Tionghoa). November 25, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-24. Diakses tanggal 2019-12-28. 
  39. ^ 原创 李现获GQ年度人气演员奖,演技超强实至名归,是金子总会发光". GQ Men of The Year (dalam bahasa Tionghoa). September 6, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-29. Diakses tanggal 2020-04-25. 
  40. ^ "2020爱奇艺尖叫之夜获奖名单一览". Bendibao (dalam bahasa Tionghoa). December 6, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-06. Diakses tanggal 2019-12-28. 
  41. ^ "新浪2019年度影视综获奖名单". Sina (dalam bahasa Tionghoa). December 19, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-09. Diakses tanggal 2019-12-28. 
  42. ^ "它一曝光,中国电影又要高潮" (dalam bahasa Tionghoa). November 8, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-05-24. Diakses tanggal 2019-12-28. 
  43. ^ "2019 Sohu Fashion Festival nomination list announced, Li Xian, Zhang Ruoyun, Xiao Zhan, Wang Yibo and other finalists". Sina Corp (dalam bahasa Tionghoa). December 12, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 16, 2020. Diakses tanggal April 16, 2020. 
  44. ^ "The left finger wears a ring, gets married? Li Xian: Don't think about it" 手无名指戴戒结婚了?李现:别多想. Sin Chew Daily (dalam bahasa Tionghoa). December 29, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 16, 2020. Diakses tanggal April 16, 2020. That night, he was awarded the "Quality Artist of the Year".That night, he was awarded the "Quality Artist of the Year". When Li Xian came to the stage to receive the award, he hoped that he would bring more quality works and characters to everyone next year, and thank the fans who have always supported him. 
  45. ^ ""The Actors of Cina Award" nomination list: Xiao Zhan, Li Xian, Zhao Liying, Yang Zi and other finalists" “好演员”候选名单:肖战李现赵丽颖杨紫等入围. Sina Corp (dalam bahasa Tionghoa). October 16, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 16, 2019. 
  46. ^ "《十二时辰》《陈情令》《亲热》获微博年度热剧". Sina (dalam bahasa Tionghoa). January 11, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-09. Diakses tanggal 2020-04-25. 
  47. ^ "Li Xian, Wang Yi Bo, Yixian, Qianxi, Xiao Zhan won the Weibo Popular Actor of The Year" 李现王一博易烊千玺肖战获微博年度热度人物. Sina Corp (dalam bahasa Tionghoa). January 11, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 11, 2020. 
  48. ^ "《亲爱的,热爱的》全集泄露 杨紫:希望大家别散播". Netease (dalam bahasa Mandarin). 23 Juli 2019. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  49. ^ Utomo, Ardi Priyatno (6 Agustus 2019). Utomo, Ardi Priyatno, ed. "Tayangkan Peta Tanpa Taiwan, Acara TV di China Diselidiki". Kompas.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 Agustus 2019. Diakses tanggal 2 April 2020. 
  50. ^ "Hit Chinese TV show Go Go Squid! investigated for showing map without Taiwan and Hainan". South China Morning Post (dalam bahasa Inggris). 5 Agustus 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-05. Diakses tanggal 27 Desember 2019. 
  51. ^ 宋宇晟 (22 Oktober 2019). "因登载不合规地图 《亲爱的,热爱的》被罚10万元" (dalam bahasa Mandarin). China News Service. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-08-12. Diakses tanggal 22 Oktober 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "lower-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="lower-alpha"/> yang berkaitan