Gnetaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gnetaceae
Gnetum gnemon
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Subkelas:
Ordo:
Famili:
Gnetaceae

Genus:
Gnetum

Spesies

Lihat teks

Sinonim

Gnetaceae atau Suku melinjo-melinjoan adalah famili tanaman yang memiliki bunga berkelamin kecil dan buah berdaging atau bersayap.[2] Gnetaceae adalah keluarga gymnosperma tropis dalam urutan ordo Gnetales yaitu divisi Gnetophyta.[3] Gnetaceae terdiri dari satu genus yaitu Gnetum yang memiliki lebih dari 30 spesies.[3] Sebagian besar varietas yang ada di Asia adalah tanaman merambat berkayu, kecuali Gnetum gnemon.[3] Family Gnetaceae adalah tumbuhan yang selalu hijau, beberapa spesies berpohon kecil dan semak.[4] Bentuk daun sederhana, luas, dan datar dengan bentuk bulat panjang.[4] Sistem reproduksinya sebagian besar berumah satu atau dioecious.[4] Bunga betina tersusun seperti paku, yang sering dikelompokkan ke dalam lebih perbungaan kompleks.[4] Tipe perbungaan parsial sekitar 3–8 bunga betina, yang membentuk putaran batang dan bercampur dengan berbagai struktur mirip rambut.[4] Bunga betina memiliki perianth tubular.[4] Setelah pembuahan, perianth menjadi berdaging, integumen luar menjadi kayu, dan keseluruhan membentuk buah seperti berbiji.[4] Ovula tersusun melingkar pada sumbu spikelike perbungaan.[4] Jenis penyerbukan kebanyakan anemophilous, tetapi entomophily.[4]

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Bagian Gnetum
Bagian Scandentia

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-06. Diakses tanggal 2023-04-19. 
  2. ^ "Family Gnetaceae". Rhyme Zone. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-06. Diakses tanggal 25 Juni 2014. 
  3. ^ a b c "Gnetaceae". Encyclopedia of Britannica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-01. Diakses tanggal 25 Juni 2014. 
  4. ^ a b c d e f g h i "The Families of Gymnospermae". Delta Intkey. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-05-09. Diakses tanggal 25 Juni 2014.