Gnaeus Domitius Corbulo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Yang disebut "Pseudo-Corbulo", pernah dianggap sebagai potret Gnaeus Domitius Corbulo, sebenarnya adalah potret seorang tokoh tak dikenal dari abad ke-1 SM. marmer parian. (Museum Capitolini, Roma)
Patung Corbulo di Voorburg, Belanda

Gnaeus Domitius Corbulo (Peltuinum skt. 7 – 67 M) merupakan serorang jenderal Romawi yang populer, saudara ipar Kaisar Caligula dan ayah mertua Domitianus.[1] Kaisar Nero sangat takut dengan reputasi Corbulo, memerintahkannya untuk bunuh diri, yang dilakukan sang jenderal dengan patuh, berseru "Axios", yang berarti "Saya layak", dan tewas dengan pedangnya sendiri.

Corbulo lahir di suatu tempat di semenanjung Italia dalam keluarga senator. Ayahandanya, yang bernama sama, masuk senat sebagai Praetor resmi di bawah Tiberius. Ibundanya Vistilia berasal dari keluarga yang memegang jabatan Praetor.[2]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Warfare History Network (2020). "Roman generals: Gnaeus Domitius Corbulo". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-28. Diakses tanggal 13 March 2021. 
  2. ^ Ronald Syme, "Domitius Corbulo" Diarsipkan 2021-02-13 di Wayback Machine., Journal of Roman Studies, 60 (1970), p. 31.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]