Glosarium permainan video

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel berikut merupakan glosarium yang memuat sekumpulan istilah-istilah yang dipakai dalam dunia permainan video maupun industrinya.

0–9[sunting | sunting sumber]

1-up
Objek yang memberi pemain nyawa ekstra (atau mencoba) dalam permainan di mana pemain memiliki peluang terbatas untuk menyelesaikan permainan atau level.
8-bit
Deskriptor untuk perangkat keras atau perangkat lunak yang muncul selama konsol permainan video generasi ketiga, yang menargetkan arsitektur komputer 8-bit.
16-bit
Deskriptor untuk perangkat keras atau perangkat lunak yang muncul selama konsol permainan video generasi keempat, yang menargetkan arsitektur komputer 16-bit.
32-bit
Deskriptor untuk perangkat keras atau perangkat lunak yang muncul selama konsol permainan video generasi kelima, yang menargetkan arsitektur komputer 32-bit.
64-bit
Deskriptor untuk perangkat keras atau perangkat lunak yang muncul selama konsol permainan video generasi kelima, yang menargetkan arsitektur komputer 64-bit.

A[sunting | sunting sumber]

AAA
Sebutan untuk permainan video dengan anggaran triliunan rupiah yang diterbitkan oleh penerbit besar.
AFK
(Jauh Dari Papan Ketik)
Singkatan untuk away from keyboard. Secara umum, dikatakan melalui fungsi obrolan di permainan pemain jamak daring ketika seorang pemain berniat untuk tidak tersedia untuk sementara.
alur permainan
(gameplay)
Interaksi pemain dengan permainan video, ditentukan melalui aturan permainan, antarmuka pemain-permainan, tantangan, alur, dan hubungan pemain dengan permainan.
any%
Cara pemain mencapai tujuan akhir permainan secepat mungkin tanpa melalui langkah normal.
antarmuka
(interface)
Menu atau kawasan layar tempat barang yang dikumpulkan oleh karakter pemain selama permainan dapat dipilih. Antarmuka ini memungkinkan pemain untuk mengambil barang sekali pakai untuk efek instan atau untuk melengkapi karakter pemain dengan barang tersebut.

B[sunting | sunting sumber]

B-hopping
(loncat-B)
Terus-terusan menekan tombol lompat ketika bergerak yang bisa mempercepat gerak karakter. Sebagian besar gamer banyak yang sering memanfaatkan ini.
bait
(umpan)
Memancing atau menjadikan diri sebagai umpan supaya lawan keluar dan bisa terlihat dalam peta.[1]
bos
(boss)
Karakter bukan pemain lawan dalam permainan video yang biasanya jauh lebih sulit dikalahkan dibandingkan musuh biasa, sering kali di akhir level atau permainan. Terkadang disebut raja.
buff
(perkuat)
Peningkatan status atau pemberian efek tertentu yang bisa menguntungkan pemain.[1]

C[sunting | sunting sumber]

cekal
(ban)

Juga palu cekal.

Dalam permainan daring, ini adalah tindakan kicking (menendang) pemain dari server dan mencoba mencegah pemain tersebut kembali lagi. Ini biasanya dilakukan dengan menggunakan daftar hitam dalam server.
cheat
(curangan)
Kode permainan yang memungkinkan pemain untuk mengalahkan permainan atau memperoleh keuntungan tanpa menghasilkannya. Dengan kata lain, untuk memainkan permainan dengan tidak adil; memberikan keuntungan yang tidak adil melalui cara yang tidak sah. Cheat juga digunakan oleh perancang untuk menguji permainan selama pengembangan dan terkadang tertinggal dalam versi rilis.
checkpoint
(titik lanjut)
Kawasan di level tempat pemain akan memulai level dari waktu berikutnya mereka mati, daripada harus memulai level dari awal. Pos pemeriksaan biasanya tetap ada sampai pemain menyelesaikan level atau menyelesaikan Game Over.
cit
Lihat cheat.

D[sunting | sunting sumber]

darah
(health)
Status yang terdapat dalam karakter yang dimainkan.
darah putih
(armor bar)
status yang mirip seperti darah, tetapi menunjukkan status baju zirah yang dipakai oleh seorang karakter.

E[sunting | sunting sumber]

efek jangkauan
(area of effect, atau AoE)
Efek yang mempengaruhi banyak target di dalam jangkauan yang sudah ditentukan.

F[sunting | sunting sumber]

FPS
(penembak sudut pertama)
Sudut pandang tembak-menembak orang pertama dalam permainan video. FPS merupakan singkatan dari first-person shooter.

G[sunting | sunting sumber]

game over
Istilah game over mengartikan akhir dari permainan yang ditampilkan ke layar saat permainan kalah. Istilah ini sering kali digunakan ketika kalah atau selesai sebelum menamatkan permainan, ketika pemain kalah di tengah level, atau kalah pada permainan yang tidak ada tamatnya seperti di permainan dingdong atau beberapa permainan lain.
gendong
(carry)
Suatu kondisi ketika pemain yang secara tidak proposional di dalam tim berkontribusi pada kemajuan timnya. Biasanya terjadi di dalam permainan video berbasis tim. 'Gendong' juga bisa menjadi metode yang digunakan pemain yang berpengalaman untuk memenangkan ronde di saat anggota timnya kurang berpengalaman atau kurang efisien dalam menyelesaikan tugas. Pemain yang menggendong dapat memanfaatkan rekan timnya sebagai pengalih perhatian demi memenangkan ronde.
god mode
(mode dewa)
Cheat yang membuat karakter pemain menjadi kebal. Terkadang menambah tak terkalahkan, di mana pemain dapat melukai musuh dengan menyentuhnya (mis. Star di Super Mario). Efeknya bisa sementara atau terus.
GOTY
(Permainan Tahun Ini)
Singkatan dari Game Of The Year, penghargaan permainan yang diberikan setiap tahun oleh acara dan publikasi media untuk permainan yang mereka anggap terbaik di tahun tersebut. Penghargaan Game of the Year sering dibagi dalam subkategori dan pemenang keseluruhan.
GOAT
(Terbaik Sepanjang Masa)
GOAT adalah singkatan dari Greatest of all Time, ini adalah akronim yang menggambarkan sesuatu yang terbaik dari yang terbaik. Baik itu seseorang yang hebat dalam bermain permainan, akademisi, atau olahraga, menjadi GOAT merupakan prestasi yang sangat baik di bidangnya masing-masing.

H[sunting | sunting sumber]

headshot
(tembak kepala)
Serangan yang mengenai kepala targetnya, menyebabkan kerusakan ekstra (seringkali fatal).

K[sunting | sunting sumber]

karakter non-pemain
(NPC, singkatan dari non-player character)
Merupakan sebuah karakter yang dikontrol oleh komputer yang tidak bisa dimainkan oleh pemain.
kecurangan
Lihat cheat.
keimbangan
(balance)
Aspek dari permainan pemain jamak agar permainan tetap adil untuk semua pemain. Ini biasanya merujuk kepada keseimbangan antara karakter (yang terjadi saat bertarung) dan opsi (atau pilihan lainnya sebelum lanjut bertarung). Keimbangan antara ketentuan pilihan sebelum bertarung biasanya berarti tidak ada karakter yang akan terlalu didominasi musuh lain, meskipun keimbangan antara opsi biasanya merujuk ke setiap opsi mempunyai balasan yang layak untuk mencegah memburuknya alur permainan dengan satu opsi dengan sedikit ragam.
kesehatan
(health)
Lihat darah.

L[sunting | sunting sumber]

lag
(sendat)
Penundaan yang tidak disengaja atau tidak terduga antara awal dan akhir suatu proses, biasanya berdampak buruk pada alur permainan.
lencana
(badge)
Lihat pencapaian.
Sebuah penanda pencapaian atau keahlian, menunjukkan bahwa pemain telah melakukan upaya tertentu di dalam permainan.
lompat
(jump)
Gerakan dasar di mana pemain melompat secara vertikal.

M[sunting | sunting sumber]

matchmaking
Proses pencocokan pemain untuk bermain bersama dalam suatu sesi permainan agar sesuai dengan tingkat keterampilan atau kriteria tertentu.
mesin permainan
(game engine atau hanya engine)
Perangkat lunak yang digunakan sebagai dasar dalam membuat permainan video.
mob
Karakter bukan pemain yang digerakkan komputer. Biasanya diprogram sebagai karakter musuh (hostile mob). Singkatan dari mobile object, sesuatu yang mudah bergerak.
mod
(modifikasi)
Penambahan atau perubahan pihak ketiga pada permainan. Mod dapat berupa skin karakter baru, mekanisme permainan yang diubah, atau pembuatan cerita baru atau dunia permainan yang sama sekali baru. Beberapa permainan (seperti Minecraft (dikenal sebagai add-on) dan Skyrim) menyediakan alat untuk membuat mod permainan, sedangkan permainan lain yang tidak secara resmi mendukung modifikasi permainan dapat diubah atau diperluas dengan menggunakan alat pihak ketiga. Istilah ini merupakan singkatan dari modification.
mode bertahan hidup
(survival mode)
Jenis mode permainan dalam permainan cooperative multiplayer. Pemain bekerja sama untuk mempertahankan satu atau lebih tujuan atau hanya untuk memiliki setidaknya satu orang bertahan saat mereka bertarung melalui gelombang musuh yang terpisah, dengan setiap gelombang berikutnya menampilkan musuh yang lebih banyak dan kuat. Mode seperti itu sering menyertakan unsur permainan pertahanan menara di mana pemain dapat menggunakan alat pertahanan seperti menara atau jebakan untuk melukai atau memperlambat musuh. Permainan mungkin menawarkan periode singkat di antara gelombang di mana pemain dapat membelanjakan mata uang dalam permainan atau poin serupa untuk meningkatkan pertahanan, peralatan, atau peningkatan serupa. Mode gerombolan dapat didasarkan pada jumlah gelombang tetap atau dalam mode tanpa akhir di mana pemain berusaha bertahan selama mungkin.
mode cerita
(story mode)
Lihat mode kampanye.
mode kampanye
(campaign mode)
Serangkaian level permainn yang dimaksudkan untuk menceritakan kisah linier; beberapa kampanye menampilkan beberapa 'jalur', dengan tindakan pemain menentukan jalur mana yang akan diikuti oleh cerita dan memengaruhi pilihan mana yang tersedia untuk pemain di kemudian hari.
mode tantangan
(challenge mode)
Mode permainan yang ditawarkan di luar mode permainan normal yang menugaskan pemain untuk memutar ulang bagian dari permainan atau level khusus dalam kondisi tertentu yang biasanya tidak ada atau diperlukan dalam permainan utama, seperti menyelesaikan level dalam waktu tertentu, atau hanya menggunakan satu jenis senjata. Jika permainan tidak menampilkan 'mode tantangan', pemain akan sering membuat tantangan yang dipaksakan sendiri dengan melarang atau membatasi penggunaan mekanisme permainan tertentu.

N[sunting | sunting sumber]

ngendok
(camping)
Saat pemain diam atau jongkok tanpa berpindah tempat dalam waktu yang lama dan menunggu pemain lain untuk disergap.

P[sunting | sunting sumber]

pencapaian
(achievement)

Juga lencana, prestasi

Pencapaian adalah tujuan meta yang ditentukan parameter di luar permainan.
permainan aksi
(action game)
Genre permainan yang menekankan tantangan fisik, koordinasi tangan-mata, dan refleks. Ini termasuk permainan pertarungan, penembak, dan platformer.
permainan bermain peran aksi
(action role-playing game)
Genre permainan video bermain peran di mana aksi pertempuran dilakukan secara waktu-nyata, bukan mekanik yang berdasar giliran.
permainan mini
(minigame)
Merupakan game-within-a-game (permainan dalam permainan), sering kali disediakan sebagai pengalihan dari alur dalam permainan. Permainan mini biasanya merupakan permainan satu layar dengan manfaat replay terbatas, walaupun ada beberapa yang merilis secara komersial keseluruhan permainan sebagai minigame dari dunia permainan utamanya.
permainan petualangan
(adventure game)
Genre permainan yang menekankan penjelajahan dan pemecahan teka-teki.
permainan telah berakhir
Lihat game over.
pemain jamak
(multiplayer)
Permainan yang memungkinkan banyak pemain untuk bermain sekaligus.
pemain tunggal
(single-player)
Permainan yang dimainkan oleh satu orang pemain. Ini melibatkan bermain melawan dan/atau dengan karakter yang dikendalikan komputer (AI).
penembak
(shooter, shoot'em up)
Genre permainan video yang melibatkan penggunaan senjata jarak jauh.
penerbit
(publisher)
Perusahaan yang menerbitkan, mendistribusikan, dan memasarkan permainan video.
pengembang
(developer)
Orang atau kelompok yang mengembangkan perangkat lunak permainan video.
power-up
(kekuatan tambah)
Barang dalam permainan video yang memberikan karakter pemain kemampuan untuk melakukan sesuatu. Power-up dapat ditemukan di banyak permainan video.

R[sunting | sunting sumber]

rage quit
Rage quit merujuk pada tindakan seorang pemain yang keluar dari permainan dengan cepat dan tiba-tiba, biasanya disertai dengan reaksi negatif yang kuat, seperti kemarahan atau frustrasi. Hal ini sering terjadi ketika pemain merasa kesal atau kalah secara tidak adil, dan sebagai responsnya, mereka meninggalkan permainan tanpa menyelesaikannya. Rage quit biasanya mencerminkan tingkat frustrasi yang tinggi pada saat bermain game.[2] YouTuber paling diingat dan paling terkenal yang paling sering rage quit ialah iShowSpeed.
rata
Elipsis dari pukul rata atau tembak rata. Sebuah kondisi ketika seorang pemain mengalahkan seluruh lawannya dalam satu ronde atau satu permainan. Dalam permainan tembak-menembak, kondisi ini dicapai dengan membunuh semua lawan sendirian. Kata kerja berimbuhan: meratakan, ratain
rata kanan
Istilah yang merujuk pada seluruh opsi grafis dipilih pada pilihan paling kanan (maksimum). Diambil dari peletakan opsi grafis yang semakin ke kanan, semakin tinggi kualitas grafisnya.[3]
rata kiri
Istilah yang merujuk pada seluruh opsi grafis dipilih pada pilihan paling kiri (minimum). Diambil dari peletakan opsi grafis yang semakin ke kiri, semakin rendah kualitas grafisnya.[3]
rata tengah
Istilah yang merujuk pada seluruh opsi grafis dipilih pada pilihan paling tengah (medium). Diambil dari peletakan opsi grafis yang dletakkan ke tengah.[3]
respawn
(muncul kembali)
Berasal dari 2 suku kata bahasa Inggris yaitu re- dan spawn yang berarti muncul kembali. Istilah ini biasanya sering ditemukan dalam dunia permainan untuk memulai kembali atau muncul kembali ketika tersisihkan atau mati.[4]
rilis alfa
(alpha release)
Versi permainan awal yang tidak lengkap. Versi alfa biasanya dirilis di awal proses pengembangan untuk menguji fungsionalitas paling kritis dan konsep rancangan prototipe permainan.
rilis beta
(beta release)
Rilis awal permainan video, setelah rilis alfa, di mana pengembang permainan mencari masukan balik dari pemain dan penguji untuk menghapus bug sebelum rilis komersial produk. Permainan biasanya hampir selesai pada tahap beta.

S[sunting | sunting sumber]

skin
Opsi penyesuaian untuk avatar atau peralatan dalam permainan pemain yang mengubah tampilannya. Skin ditampilkan sebagai bagian dari drop atau jatuhan jarahan metagame, dengan sebagian besar permainan menghadiahkannya berdasarkan kelangkaan atau dengan memberikan skin untuk menyelesaikan tujuan tertentu atau ditempatkan tinggi dalam mode kompetitif. Ini memungkinkan pemain untuk menampilkan bukti pencapaian langka atau tingkat keterampilan tinggi.
split-screen multiplayer
(pemain jamak bagi-layar)
Permainan yang menghadirkan dua tampilan atau lebih yang dilihat oleh pemain berbeda dalam permainan pemain jamak pada unit tampilan yang sama.

T[sunting | sunting sumber]

tembak angin
Ejekan untuk pemain yang menembakkan senjata otomatis hingga pelurunya habis, tetapi tidak mengenai target.
tombol WASD
Mekanisme kendali yang umum menggunakan keyboard QWERTY biasa, dengan tombol W, A, S, dan D terikat pada kendali gerakan. Ini memungkinkan kendali seperti tombol arah dengan tangan kiri.[5]

W[sunting | sunting sumber]

wallhack
(tembus tembok)
Kode cheat yang dapat membuat tembok menjadi tembus pandang. Cheat ini memungkinkan pemain dapat melihat posisi pemain di balik tembok atau menembak target tanpa terhalang tembok.
WH
Lihat wallhack.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "14 Istilah Game Online yang Paling Sering Digunakan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-25. Diakses tanggal 20 Desember 2022. 
  2. ^ "Apa Itu Rage Quit Bagi Player Free Fire (FF)?". Esportsku. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-22. Diakses tanggal 22 Desember 2022. 
  3. ^ a b c "Istilah Komputer & Game : Apa Maksud Rata Kanan?". RajaTips. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-19. Diakses tanggal 19 Juni 2023. 
  4. ^ "Respawn Artinya dalam Mobile Legends, Ini Penjelasannya". Kumparan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-20. Diakses tanggal 20 Desember 2022. 
  5. ^ "Alasan Para Gamer Gunakan Tombol WASD". Dream. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-08-06. Diakses tanggal 22 Desember 2022.