Girijaya, Nagrak, Sukabumi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Girijaya
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSukabumi
KecamatanNagrak
Luas921,93 ha
Jumlah penduduk9.853
Kepadatan1.068

Girijaya adalah desa di kecamatan Nagrak, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

GIRIJAYA

Girijaya adalah desa peduli pendidilan. terbukti ddengan hadirnya lembaga2 pendidikan baik swasta maupun negeri dan berlimpah dengan sejuta pesona alam yang akan mengajak anda bersahabat dengan alam. letak strategis, membebaskan anda dari stress setelah sibuk bekerja. cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Kondisi Geografis Luas Desa Girijaya Kecamatan Nagrak ada 921,93 ha. Yang terdiri dari 291 Ha luas tanah dan 630,93 merupakan tanah darat. Desa Girijaya merupakan salah satu desa yang sebagian besar penduduknya adalah petani dan buruh. Kegiatan pertanian sudah dijadikan pekerjaan turun temurun oleh sesepuh mereka, sehingga masyarakat lebih mengutamakan pekerjaan pertanian sebagai jalan hidup mereka. Masyarakat Desa Girijaya mayoritas berpenghasilan menengah kebawah sehingga banyak diantara mereka

Kondisi Tanah Tanah sawah seluas 291 Ha tersebut dapat diklasifikasikan dalam kategori Irigasi Teknis, Irigasi setengah teknis dan Tadah Hujan. Terkait administrasi pemerintahan, wilayah Desa Girijaya terbagi ke dalam 4 wilayah dusun, 11 RW dan 49 RT

Struktur Organisasi Pemerintahan Desa Girijaya Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi menggunakan Sistem kelembagaan Pemerintahan Desa dengan pola optimal dari mulai Kepala Desa yang didampingi oleh BPD dan LPMD, kemudian Sekretaris Desa yang didampingi oleh tiga kepala urusan, selanjutnya Kasi 1 sampai dengan Kasi 3, dan pada bagian terakhir Kepala Dusun yang ada di Desa Girijaya mulai dari Dusun Cireundeu, Darmaga, Bojongkawung dan Kebon Kai.

Sumber Daya Manusia PendudukDesa Girijaya terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Dari tahun 2013 sebanyak 9.798 jiwa mengalami pertumbuhan sebesar 0,6% sampai dengan tahun 2017 menjadi 9.853 jiwa. Data tersebut menunjukan bahwa jumlah penduduk Desa Girijaya selama 4 tahun terjadi penambahan 55 jiwa dengan pertumbuhan rata-rata 0,15% pertahun.

Dengan luas wilayah 9,21 KM2, kepadatan penduduk Desa Girijaya pada tahun 2013 sebesar 1.066/ KM2 . angka tersebut pada akhir tahun 2016 mengalami kenaikan menjadi sebesar 1.068/ KM2. Sedangkan sex ratio penduduk Desa Girijaya tahun 2013 sampai dengan tahun 2016 sebesar 0,6%, yang berarti setiap 29 jiwa penduduk perempuan terdapat 26 jiwa penduduk laki-laki.

Jenis Pekerjaan Penduduk usia kerja adalah penduduk usia 15 tahun keatas. Jenis pekerjaan di Desa Girijaya tahun 2013 sampai dengan tahun 2016 mayoritas mata pencahariannya adalah Buruh Tani.

Sumber Daya Alam Desa Girijaya merupakan salah satu desa yang tiang penyangga ekonominya berada pada sektor pertanian. Melihat kondisi seperti ini, maka jenis tanaman yang cukup produktif untuk dikembangkan adalah padi. Desa Girijaya dialiri tiga sungai, satu diantaranya sungai terbesar bernama sungai Cikahuripan. Sesuai dengan iklimnya yaitu iklim tropis dengan suhu rata-rata 290C dengan suhu minimum 200C dan suhu maksimum sekitar 360C, Desa Girijaya sering terjadi kekeringan yang cukup tinggi pada musim kemarau, ketika datang musim penghujan beberapa wilayah berpotensi erosi.

Lahan pertanian Desa Girijaya terdiri dari tanah sawah sebesar 291 Ha atau 68,4% dari luas desa.

Kegiatan-kegiatan kemasyarakatan itu dapat dibedakan secara kelompok umur dan tujuannya antara lain adalah sebagai berikut: a. Perkumpulan Ibu-ibu PKK. memiliki fungsi untuk meningkatkan kemampuan dan peran serta yang positif bagi ibu-ibu dalam keluarga. b. Perkumpulan Ibu-ibu Kader Pos Yandu memiliki fungsi untuk berpartisipasi aktif dalam menangani permasalahan kesehatan ibu dan anak membantu proses persalinan dengan melibatkan bidan paraji serta membantu proses perujukan perawatan bagi ibu hamil yang hendak melakukan persalinan. c. Perkumpulan remaja yang ada di setiap RT/RW dan kelurahan. Perkumpulan remaja merupakan pertemuan yang dibentuk dan diadakan bagi kalangan remaja seperti Remaja Mesjid dan Karang Taruna.

Karang Taruna Girilaya merupakan Nama Organisasi Karang Taruna yang ada pada Desa Girijaya.