Giovanni Crescenzio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Wangsa Crescenzi.

Giovanni Crescenzio (bahasa italia: Giovanni Crescenzio) juga John II Crescentius atau Crescentius III (meninggal 1012) merupakan putra Crescenzio muda (Crescentius II). Ia meneruskan gelar konsul ayahandanya dan patrician Roma pada tahun 1002 sampai kematiannya.

pada awal tahun 1001, sebuah pemberontakan terjadi di Roma melawan Kaisar Otto III, yang sekarang tinggal secara permanen di Roma. Kaisar dan Paus Silvester II, paus pertama dari kewarganegaraan Prancis, dipaksa untuk melarikan diri; kemungkinan besar Giovanni Crescenzio adalah penggerak utama pemberontakan tersebut.[1]

Bagaimanapun, setelah ini ia memegang otoritas tertinggi di Roma, dan setelah kematian Kaisar Otto III pada tanggal 24 Januari 1002 mengambil gelar Patricius Romanorum. Silvester diizinkan kembali ke Roma, tapi tidak ada hubungannya dengan pemerintah sementara. Hal yang sama berlaku untuk tiga penggantinya: Yohanes XVII (1003), Yohanes XVIII (1003-09), dan Sergius IV (1009-12), semuanya ditunjuk melalui pengaruh siapa yang ditunjuk melalui pengaruh Giovanni Crescenzio. Tidak ada lagi penobatan Kaisar selama sisa hidupnya. Giovanni Crescenzio meninggal pada bulan Mei 1012,[2] dan bersamanya Crescentii menghilang dari sejarah Roma.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 1913 Catholic Encyclopedia: Wikisource-logo.svg Herbermann, Charles, ed. (1913). "Crescentius". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 
  2. ^ 1913 Catholic Encyclopedia: Wikisource-logo.svg Herbermann, Charles, ed. (1913). "Pope Sergius IV". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton Company. 

Referensi[sunting | sunting sumber]