Ginatri S. Noer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ginatri S. Noer
PekerjaanPenulis Skenario
Tahun aktif2003 - sekarang
Suami/istriSalman Aristo
AnakBiru Langit Fatiha & Akar Randu Furqan
Situs webhttp://ginasnoer.wordpress.com/

Retna Ginatri S. Noer, yang biasa menggunakan nama: Ginatri S. Noer, (lahir di Balikpapan, 24 Agustus 1985; umur 33 tahun) adalah seorang creativepreneur asal Indonesia. Dia adalah co-founder dan editor in chief di PlotPoint Publishing & Workshop dan juga dikenal sebagai penulis skenario film dan televisi. Karier sebagai penulis skenario diawali setelah memenangkan Close Up Movie Competition pada tahun 2004 melalui film pendek Ladies Room. Ia mengawali karier profesionalnya sebagai penulis skenario melalui film independen Foto, Kotak dan Jendela pada tahun 2006, yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko.

Pada tahun 2008, ia menulis skenario film Ayat-Ayat Cinta bersama suaminya, Salman Aristo. Film tersebut sukses memecahkan rekor jumlah penonton sebanyak 3.5 juta penonton. Pada Festival Film Indonesia 2009 ia mendapat nominasi Skenario Adaptasi Terbaik melalui film Perempuan Berkalung Sorban. Selain sukses secara komersial, film itu juga mengundang kontroversi di kalangan umat Islam seputar isu perempuan dan pesantren. [1]. Pada Festival Film Indonesia 2010 mendapat nominasi untuk Skenario Terbaik bersama Salman Aristo pada film Hari Untuk Amanda.

Pada tahun 2012, dia bersama Ifan Adriansyah Ismail membuat skenario film "Habibie & Ainun" berdasarkan kisah hidup dan cinta mantan presiden Indonesia ketiga, Bacharuddin Jusuf Habibie dan Hasri Ainun Besari. Film ini berhasil memecahkan rekor jumlah penonton 2.000.000 dalam waktu dua minggu penayangan. [2] Film ini mencapai jumlah 4.488.999 penonton.

Pada 7 Desember 2013, Ginatri S. Noer dan Ifan Adriansyah Ismail meraih piala Penulis Skenario Film Terbaik[3] di Festival Film Indonesia 2013 untuk film "Habibie & Ainun".

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Feature Film


FTV

SERIAL

SERIAL (PRODUSER KREATIF)

Short Movies

Short Documenter

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pekerjaan Lain[sunting | sunting sumber]

Selain aktif menulis skenario, Ginatri S. Noer bersama Amelya Oktavia dan Fitria Muthmainnah pada 2009 membuat sebuah workshop penulisan menyeluruh bernama Plotpoint Writings. Peserta workshop ini bisa ikut kelas menulis yang jenisnya banyak sekali: Ada skenario film, novel, kritik film, artikel, puisi, dll. Pada 2012, mereka membuka divisi baru: PlotPoint Publishing[4], sebuah penerbitan buku untuk remaja - dewasa muda, bagian dari kelompok penerbitan ternama Indonesia: Bentang Pustaka. [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]