Gille Coemgáin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gilla Coemgáin atau Gillecomgan merupakan seorang Raja atau Mormaer di Moray, kerajaan semi-otonom yang berpusat di Inverness yang membentang di Skotlandia utara. Tidak seperti dua pendahulunya, ia tidak disebut Raja Skotlandia di pemberitahuan kematiannya, tetapi hanya Mormaer. Hal ini telah menyebabkan beberapa spekulasi bahwa ia tidak pernah menjadi penguasa Moray yang sesungguhnya, melainkan hanya bawahan Mac Bethad mac Findláich (Macbeth). (Hudson hal. 136).

Pada tahun 1020, ia berpartisipasi di dalam pembunuhan pamandanya, Findláech. Babad Ulster (s.a. 1032) melaporkan bahwa Gille Coemgáin dibakar sampai mati, bersama dengan 50 orang anak buahnya. Pelakunya tidak disebutkan di dalam sumber-sumber. Dari situasi pada saat itu, ada dua orang terdakwa yang memimpin tindakan kejam tersebut: Máel Coluim III atau sepupu Gille Coemgáin, Mac Bethad, yang kemudian menjadi penguasa tunggal Moray. Mac Bethad dikabarkan menikahi janda Gille Coemgáin, Gruoch - baik sebagai janda musuh yang ditaklukkan atau janda dari sekutu dan kerabat, tergantung pada siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan itu. Kedua skenario yang sepenuhnya kredibel, dipandang dari adat di abad pertengahan kuno - tidak ada yang membuktikan kebenarannya yang dapat disimpulkan dari pernikahan tersebut, sedangkan adopsi anak tiri mungkin indikasinya lebih berat.

Gille Coemgáin adalah ayah Lughlagh, calon Raja Skotlandia, yang dibina oleh Mac Bethad, yang digantikannya.

Di dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Di dalam serial animasi Gargoyle, Gille Coemgáin disebut sebagai Gillecomgain. Sebagai seorang anak laki-laki, Gille Coemgáin terkejut Demona berkeliaran pada suatu malam di lumbung keluarga, dan segera disayat oleh gargoyle betina, yang menciptakan garis generasi "pemburu" yang bertekad menghancurkan semua gargoyle.[1] Sebagai pria dewasa, seperti di abad pertengahan, Gille Coemgáin membunuh pamandanya Findlaech dari Moray, disini di bawah perintah Donnchadh I dari Skotlandia. Donnchadh menghadiahkan Gillecomgain dengan menjadikannya Pelayan Agung Moray dan menjodohkannya dengan Gruoch.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Hudson, Benjamin T., Kings of Celtic Scotland, (Westport, 1994)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-05-29. Diakses tanggal 2017-04-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Máel Coluim mac Máil Brigti
Mormaer Moray
1029–1032
Diteruskan oleh:
Macbeth