Giacomo Radini-Tedeschi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mgr. Giacomo Radini-Tedeschi
Gereja Gereja Katolik Roma
Takhta Keuskupan Bergamo
Ditunjuk 20 Januari 1905
Jabatan lain
Tahbisan
Ditahbiskan 1879
Konsekrasi 20 Januari 1905[1]
Data Diri
Nama lahir Giacomo Radini-Tedeschi
Lahir 12 Jul 1857[1]
Piacenza
Wafat 22 Agustus 1914
Kewarganegaraan  Italia
Denominasi Katolik Roma
Kediaman Keuskupan Bergamo
Di sebelah kiri terlihat gambar Uskup Radini Tedeschi (ketiga di baris kedua) terdapat Angelo Giuseppe Roncalli yang di kemudian hari menjadi Paus Yohanes XXIII.

Giacomo Maria Radini-Tedeschi (lahir di Piacenza, Italia, 12 Juli 1857 – meninggal di Bergamo, 22 Agustus 1914 pada umur 57 tahun)[1] adalah seorang uskup Katolik Italia. Ia adalah uskup dari Bergamo dari 1905 sampai wafatnya tahun 1914.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Radini-Tedeschi lahir di Piacenza, putra seorang keluarga kaya dan terhormat. Ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1879, ia menjadi profesor hukum kanonik di seminari keuskupan Piacenza. Pada tahun 1890 ia bergabung dengan Sekretariat Negara di Vatikan dan terlibat dalam berbagai misi diplomatik. Pada tahun 1905 setelah kematian Paus Leo XIII, ia diangkat menjadi Uskup di Keuskupan Bergamo tepatnya pada tanggal 5 Januari dan ditahbiskan oleh Paus Pius X di Kapel Sistine. Sebagai seorang pendukung kuat dari serikat buruh Katolik, ia membantu, melalui amal dan doa, para pekerja dari pabrik tekstil di Ranica.

Dia jatuh sakit kanker dan meninggal pada tanggal 22 Agustus 1914.

Kata-kata terakhirnya adalah, "Angelo," (merujuk kepada sekretarisnya) "berdoalah bagi perdamaian". Selama pelayanan uskup di Bergamo, ia dibantu oleh seorang imam muda bernama Angelo Giuseppe Roncalli yang kemudian menjadi Paus Yohanes XXIII. Untuk mendiang Paus Yohanes XXIII, Radini-Tedeschi adalah seorang guru yang tidak pernah dilupakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Catholic Hierarchy". Diakses tanggal 23 Januari 2013.