Gerhard Roßbach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gerhard Roßbach (28 Februari 1893 – 30 Agustus 1967), ejaan lainnya Rossbach, adalah seorang pimpinan Freikorps Jerman serta penyusun kelompok nasionalis sejak Perang Dunia I. Ia dikenal sebagai pendesain seragam coklat Partai Nazi setelah mengirimkan kemeja khaki untuk tentara awal Sturmabteilung (SA).

Hidup dan karier[sunting | sunting sumber]

Roßbach lahir di Kehrberg, Pomeranian. Dalam pertarungan di Balkan tahun 1919, Freikorps Roßbach yang ia pimpin bergerak jauh sekali dari Berlin hingga melewati Eropa Timur untuk menyelamatkan Garda Besi (Freikorps lain) yang hampir habis ditaklukkan Tentara Latvia.[1] Organisasi ini kemudian berpartisipasi dalam Kapp Putsch pada tahun 1920, sempat dilarang, namun kemudian berganti bentuk di bawah naungan bermacam-macam organisasi front, yang semuanya turut dilarang.[2] Organisasinya berhasil mendapatkan uang dari Landbund, industri berat, serta penjualan senjata. Di awal tahun 1920an, Roßbach ditangkap karena hendak mengkudeta pemerintah.[3]

Roßbach membantu pendirian Schilljugend, sebuah organisasi pemuda, yang bertujuan untuk menghilangkan "elemen intelektual" gerakan pemuda dan mengisi pemuda dengan ide-ide "nasionalistik, sosialistik, otoritatif, dan militeristik". Roßbach terutama amat memperhatikan cara untuk memperluas keanggotaan.[4] Ia menggelar berbagai festival musik yang menggabungkan musik rakyat dan klasik untuk menekankan kebanggaan nasional dan mendirikan nilai kemasyarakatan yang bersifat nasionalis radikal.[5]

Roßbach juga sempat masuk dalam Partai Nazi, dan sempat menjadi perwakilan Hitler di Berlin. Ia mendirikan berbagai organisasi front ketika kaum Nazi dilarang di Prusia.[2] Ia juga turut dalam Bierkeller Putsch tahun 1923 dan membantu mobilisasi mahasiswa, kadet, serta kandidat tentara Reichswehr. Setelah Putsch yang gagal itu, ia kabur ke Wina dengan paspor palsu. Di sana, ia ditangkap pada bulan Februari 1924, namun dibiarkan tinggal di Austria.[2] Ia direkrut oleh Adolf Hitler untuk membantu pengorganisasian Sturmabteilung (SA).[6] Pada tahun 1928, ia telah membunuh "sejumlah pekerja Mecklenburg dan simpatisan Liga Spartacus".[7] Ia kemudian berpisah dengan Hitler ketika Hitler mulai naik ke takhta kekuasaan; kemudian ditangkap, namun tidak dibunuh, dalam Malam Pisau Panjang pada tahun 1934.[8]

Sejarawan Robert G.L. Waite menggambarkan Roßbach sebagai seorang "pembunuh Fehmgericht yang sadis", serta juga seorang gay yang terkenal dan konon telah mengganggu Ernst Röhm.[9]

Setelah Perang Dunia II, Roßbach menjalankan sebuah perusahaan impor-ekspor dekat Frankfurt, dan menulis memoarnya pada tahun 1950.[8] Beberapa tahun sebelum meninggal, ia sempat memainkan peran besar dalam pagelaran musik Richard Wagner di Bayreuth Festival.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Notes

  1. ^ Waite, p. 131
  2. ^ a b c Friedrich, pp.52-56
  3. ^ Waite, pp. 191-196
  4. ^ Waite, p. 210
  5. ^ Applegate and Potter, p. 136
  6. ^ Waite, p. 196
  7. ^ Waite, hlm. 192, mengutip testimoni Roßbach dalam pengadilan tahun 1928
  8. ^ a b Roßbach, Gerhard. Mein Weg. . .
  9. ^ Waite, hlm. 131, catatan kaki 112. Akan tetapi, Waite tidak memberikan sumber.

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

  • Applegate, Celia and Potter, Pamela Maxine (eds) (2002) Music and German National Identity. University of Chicago Press.
  • Dornberg, John (1982) The Putsch That Failed, Hitler's Rehearsal for Power. Weidenfels & Nicholson.
  • Friedrich, Thomas (2013) Hitler's Berlin: Abused City Spencer, Stewart (trans). Yale University Press. ISBN 978-0-300-16670-5.
  • Jones, Nigel and Burleigh, Michael (1987, 2004) A Brief History of the Birth of the Nazis, How the Freikorps blazed a trail for Hitler. Constable & Robinson Ltd.
  • Roßbach, Gerhard (1950) Mein Weg durch die Zeit: Erinnerungen unt Bekenntnisse ("My Way Across The Era: Recollections And Confessions") Vereinigte Weiburger Buchdruckverein, Weiburg an der Lahn.
  • Snyder, Louis (1998) Encyclopaedia of the Third Reich. Wordsworth Editions Ltd.
  • Waite, Robert G. L. (1969) Vanguard of Nazism. W. W. Norton and Company.