Gereja Tiberias Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gereja Tiberias Indonesia / Tiberias Ministry
Klasifikasi Protestan
Orientasi Pentakosta, Karismatik
Moderator Pdt. DR. Yesaya Pariadji
Pendiri Pdt. DR. Yesaya Pariadji
Didirikan 17 Agustus 1990
Jakarta
Pecahan/pemekaran dari Gereja Bethel Indonesia
Memisahkan diri GBI Glow, Grace of Christ Community Church,REHOBOT,JKI Holy Grace, GBI Pluit Mas
Situs web tiberias.or.id


Gereja Tiberias Indonesia (GTI), atau Tiberias Ministry adalah salah satu sinode gereja Kristen Protestan di Indonesia. Salah satu ciri khas dari pelayanan GTI adalah pelayanan Kesembuhan Ilahi melalui Perjamuan Kudus dan Minyak Urapan.


Gereja Tiberias Indonesia merupakan gereja pewahyuan yang diperintahkan oleh Tuhan Yesus kepada Pdt. DR. Yesaya Pariadji. Tugas Gereja Tiberias adalah untuk membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan Allah yang Maha Kuasa dibuktikan melalui mujizat-mujizatNya; bahwa Firman Allah bukan terdiri atas kata-kata, tetapi kuasa; bahwa Firman Allah lebih dari seluruh ilmu pengetahuan manusia; bahwa manusia harus hidup dalam pertobatan, harus hidup dalam kekudusan agar layak berdiri di hadapanNya dan pesta di Kerajaan Sorga.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum berdiri sendiri sebagai sebuah sinode, Tiberias merupakan salah satu jemaat yang tergabung dalam wadah sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI), sehingga disebut sebagai GBI Tiberias.

Gereja Tiberias Indonesia sendiri berdiri pada 17 Agustus 1990. Gembalanya, Pdt. DR. Yesaya Pariadji menjual aset-aset berharganya untuk kemudian mendirikan Gereja Bethel Indonesia Jemaat Tiberias.

Setelah adanya keputusan dari sinode GBI, bahwa nama-nama jemaat seperti Tiberias ini harus dihilangkan, kemudian Pdt. DR. Yesaya Pariadji, sebagai gembala sidang GBI Tiberias, memisahkan diri dan membentuk sinode sendiri (Gereja Tiberias Indonesia). Gereja Tiberias Indonesia mempunyai wadah pelayanan untuk kaum muda dengan nama "Boanerges Youth Ministry", berpusat di GTI cabang Balai Sarbini, Jakarta.

Dan kini GTI memiliki cabang di beberapa kota, antara lain Jakarta, Manado, Bandung, Surabaya, Batam, Bali, Makassar, Semarang, Medan, Pontianak. Gereja Tiberias juga sudah memiliki cabang di luar negeri, yaitu di Singapura[1] dan Australia.[2]

Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Gereja Tiberias mempunyai beberapa lembaga yang dibawahi oleh gereja seperti STT Tiberias (Roxy) dan Sekolah Alkitab Tiberias. Gereja Tiberias mengadakan ibadah setiap harinya dari hari Senin - Minggu yang terbagi dalam Ibadah Minggu Raya dan Acara Ibadah Tengah Minggu yang jadwalnya semua tertulis secara lengkap dalam Buletin Tiberias (Warta Mingguan).

Pelayanan ibadah Gereja Tiberias meliputi:

  1. Ibadah Anak Beloved Kids (Sekolah Minggu)
  2. Ibadah Boanerges Youth Ministry (Kaum Muda)
  3. KKR Kesembuhan Ilahi & Perjamuan Kudus
  4. Konseling dan Doa Pelepasan
  5. Pendalaman Alkitab Pria
  6. Pendalaman Alkitab Wanita
  7. Pelepasan Resesi Ekonomi
  8. Pembinaan Iman
  9. Pujian & Penyembahan
  10. KKR Doa Syafaat

9 Agustus 2008, bertempat di Dome World Harvest Center, Lippo Karawaci Tangerang, Gembala Sidang Gereja Tiberias Indonesia, Pdt. DR. Yesaya Pariadji, diwisuda mendapatkan gelar Doctor of Ministry in Leadership and Transformation, dari Harvest International Theologial Seminary (HITS). Disertasi yang ditulis oleh Pdt. DR. Yesaya Pariadji untuk melengkapi persyaratan akademik di beri judul "Tinjauan Historis Pendirian & Perkembangan Gereja Tiberias Indonesia".

Sakramen[sunting | sunting sumber]

Gereja ini mengakui lima Sakramen, yaitu Baptisan Selam, Perjamuan Kudus, Minyak Urapan, Penyerahan Anak, dan Pernikahan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]