Gereja St. Michael (Hildesheim)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gereja St. Michael (Jerman: Michaeliskirche) adalah gereja Romawi kuno di Hildesheim, Jerman. Bangunan ini terletak di tepi barat pusat kota Hildesheim, yang disebut Michaelishügel. Pintu masuk utama Gereja ada di sebelah selatan. Dari selatan dan timur Bukit adalah pusat kota Hildesheim, di sebelah barat adalah Sungai Innerste dan di utara terdapat sekolah Andreanum Gymnasium. Gereja St Michael dibangun antara tahun 1010 M dan 1020 M dengan arsitektur dua apses yang merupakan ciri khas seni Romawi kuno.[1] Gereja ini masuk dalam daftar Warisan Budaya Dunia UNESCO sejak tahun 1985. Gereja St.Michael, adalah sebuah gereja Ottonian, Romawi kuno. Gereja St.Michael merupakan bangunan katedral pertama di kawasan Katedral St.Mary Hildesheim yang dibangun pada awal tahun 872 M.[2] Selain arsitektur nya yang mencolok, bangunan ini juga memikat dengan karya seni yang mengagumkan untuk dilihat. Salah satunya adalah pintu Bernward yang ada sejak tahun 1015 M.[3] Selain itu, dinding eksterior gereja kathedral ini juga memiliki daya tarik, yaitu semak mawar kuno yang diyakini berusia sekitar 1000 tahun. Semak mawar kuno ini merupakan lambang dari kota Hildesheim. Pada masa Perang Dunia ke-II, bangunan-bangunan di kota Hildesheim mengalami kerusakan parah. Begitu pula dengan Gereja St.Michael ini. Setelah perang yang berlangsung pada tahun 1939-1945 ini usai,[4] Gereja ini diperbaiki dan dibangun kembali sesuai dengan desain arsitektur aslinya. Pembangunan ini berlangsung pada tahun 1950-1957.[5] Pada saat orang-orang di kota Hildesheim mulai memeluk agama Protestan tahun 1542, Gereja St.Michael berubah aliran menjadi menjadi Lutheran. Meskipun begitu, para Biarawan dan Biarawati yang bekeja di Gereja masih menggunakan Gereja ini untuk paduan suara dan keperluan lainnya.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Centre, UNESCO World Heritage. "St Mary's Cathedral and St Michael's Church at Hildesheim". whc.unesco.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-14. 
  2. ^ e.V., Deutsche Zentrale für Tourismus. "St. Marys Cathedral and St. Michaels Church in Hildesheim". www.germany.travel. Diakses tanggal 2017-12-14. 
  3. ^ "Michaelskirche - Hildesheim, Germany". www.sacred-destinations.com. Diakses tanggal 2017-12-14. 
  4. ^ https://www.seniberpikir.com/sejarah-terjadinya-perang-dunia-ii/
  5. ^ "Michaelskirche - Hildesheim, Germany". www.sacred-destinations.com. Diakses tanggal 2017-12-14. 
  6. ^ "St. Michael's Church, Hildesheim". OpenBuildings (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-12-14.