Gereja Santo Laurensius, Warsawa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Santo Laurensius
Gereja Katolik Paroki Santo Laurensius, Warsawa
bahasa Polandia: kościół św. Wawrzyńca
Gereja Santo Laurensius, Warsaw
LokasiWola, Warsawa
NegaraPolandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusGereja paroki
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Warsawa

Gereja Santo Laurensius (bahasa Polandia: kościół św. Wawrzyńca) adalah sebuah gereja paroki Katolik yang terletak di wilayah Wola di Warsawa, ibu kota Polandia. Sebuah bangunan neoklasik, gereja ini paling dikenal sebagai titik pusat "Keraguan No. 56" Polandia selama pertempuran Warsawa tahun 1831.

Sebuah gereja kayu kecil dibangun di sini pada awal abad ke-14. Gereja ini pertama kali disebutkan secara tertulis dalam sebuah dokumen oleh Anti-Paus Yohanes XXIII bertanggal 1412. Hingga abad ke-17 gereja hanyalah sebuah cabang dari Katedral Santo Yohanes, dan baru pada tahun 1611 sebuah paroki terpisah didirikan di desa Wielka Wola.

Selama Banjir gereja kayu tersebut dihancurkan oleh pasukan Swedia, namun segera dibangun kembali setelahnya. Pada tahun 1695 diakon Pendeta Warsawa Mikołaj Popławski mendirikan gereja baru sebagai gantinya, dengan uang yang disumbangkan oleh Permaisuri Marie Casimire Louise de La Grange d'Arquien. Namun, setelah Raja John III Sobieski meninggal, dana tersebut ditarik dan baru pada tahun 1755 pekerjaan konstruksi akhirnya selesai. Bangunan ini dirancang oleh Joachim Daniel Jauch. Setelah kematiannya, pekerjaan tersebut diawasi oleh Johann Friedrich Knöbel. Selama Pengepungan Warsawa (1794) area sekitar gereja diubah menjadi benteng pasukan Polandia dan gereja mengalami kerusakan berat. Dibangun kembali pada tahun 1807, dan diresmikan kembali pada tahun 1811. Namun, selama pengepungan Rusia di Warsawa pada tahun 1831, kawasan tersebut kembali diubah menjadi benteng dan gereja kembali rusak parah.

Setelah jatuhnya Pemberontakan November gedung gereja disita oleh otoritas Rusia. Sejalan dengan kebijakan resmi Russifikasi, gereja ini diubah menjadi gereja Ortodoks yang didedikasikan untuk Gambar Suci Bunda Maria dari Vladimir, santo pelindung pada hari ketika Warsawa direbut oleh Rusia. Untuk memperingati pertempuran tersebut, 12 barel artileri Rusia dipasang di dinding gereja.

Setelah Retret Besar pada tahun 1915, gereja tersebut dikembalikan kepada umat Katolik. Pada tahun 1923, paroki Santo Laurensius yang baru didirikan di sana. Selama pengepungan Warsawa tahun 1939 gereja hanya mengalami kerusakan ringan. Namun, selama Pemberontakan Warsawa, Jerman mengambil gereja tersebut dan menggunakannya untuk pembunuhan massal warga sipil Warsawa yang mereka tangkap selama pembantaian Wola. Setelah itu gereja dibakar.

Gereja ini dibangun kembali setelah Perang Dunia II, dan sekarang gereja tersebut melayani paroki kecil yang beranggotakan sekitar 1000 orang. Sebagian besar penduduk di dekatnya sekarang dilayani oleh Gereja Gembala yang Baik baru (Kościół Dobrego Pasterza) yang dibangun di dekat Jalan Redutowa.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 52°13′37″N 20°56′39″E / 52.22694°N 20.94417°E / 52.22694; 20.94417