Gereja Pantekosta Isa Almasih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja Pantekosta Isa Almasih
PenggolonganPantekosta
PemimpinPdt. Dr. Hanna Trijanti Budhi
WilayahIndonesia , Jakarta
Didirikan28 Juli 1952
Jakarta
Situs web resmi[1]

Gereja Pantekosta Isa Almasih atau dikenal sebagai GPIA merupakan suatu kelompok organisasi gereja Kristen Pentakosta di Indonesia. Sinode GPIA berdiri pada tanggal 28 Juli 1952, yang berpusat di Jl. Perniagaan 39 Jakarta Barat - Indonesia.

Sejarah GPIA Isa Almasih di Jakarta, Indonesia[sunting | sunting sumber]

Sejarah Gereja Pantekosta Isa Almasih dimulai dari misionaris Rev. Cornelius E. Groesbeek dan Rev. Richard Cick van Klavern yang menjadi perintis/missionaris bagi gereja-gereja Pantekosta di negara Indonesia pada umumnya.

Pada tanggal 4 Januari 1921 dengan kapal "Suwa Maru" dari Seattle, Amerika Serikat, kedua misionaris Pantekosta ini berangkat ke negara Indonesia.

Loga GPIA

Bulan Maret 1921 mereka tiba di Batavia (Jakarta), kemudian menuju pulau Bali. Satu setengah tahun lamanya mereka melayani dengan mujizat-mujizat Allah.

Pada akhir tahun 1922 kedua missionaris tersebut berangkat menuju kota Surabaya. Setelah beberapa minggu di sana, kemudian Rev. Richard Dick van Klavern menuju Batavia (Jakarta) dan Rev. Cornelius Groesbeek ke Cepu.

Rev. Richard Dick van Klavern membuka kebaktian (pos pekabaran injil) di Jl. Pecenongan No. 54, Jakarta. Pelayanan tersebut berkembang dengan membuka cabang di beberapa tempat antara lain pada tahun 1927 dibuka cabang Gereja di Jl. Patekoan (sekarang Jl. Perniagaan) No. 39, Jakarta.

Untuk pelayanan jemaat di Patekoan, Rev. Richard Dick van Klavern dibantu oleh Br. Klerks dan Zr. Bowerr. Di antara warga jemaat saat itu yang paling menonjol kesungguhan iman dan pengabdiannya ialah Bapak Pdt. Lim Hong Seng. Kemudian mulai tahun 1935 pelayanan jemaat dilanjutkan oleh Bapak Pdt. Lim Hong Seng.

Tahun 1969 rangkaian estafet pelayanan penggembalaan dilanjutkan oleh Bapak Pdt. Samuel Budhi. Setelah Bapak Pdt. Dr. Samuel Budhi wafat pada tanggal 21 Oktober 2001, estafet pelayanan penggembalaan dilanjutkan oleh Ibu Pdt. Dr. Hanna Trijanti Budhi.

Sekretariat[sunting | sunting sumber]

Jl. Perniagaan 39
Jakarta Barat
Indonesia

Pelayanan[sunting | sunting sumber]

Sekolah[sunting | sunting sumber]

Referensi dan Pranala luar[sunting | sunting sumber]