GPIB Maranatha Banjarmasin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gereja GPIB Maranatha
Gereja Maranatha
Peta
Informasi umum
LokasiBanjarmasin, Indonesia
AlamatJl. A.S. Musyaffa No.2, Kelurahan Antasan Besar, Banjarmasin, Kalsel 70114

Gereja GPIB Maranatha Banjarmasin adalah sebuah gereja dari sinode Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) yang terletak di Kelurahan Antasan Besar, kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kebanyakan jemaatnya adalah keturunan Ambon dari Maluku, Minahasa, Batak, serta Jawa yang lahir dan menetap di kota ini.

Gereja ini adalah salah satu bangunan peninggalan Belanda. Arsitekturnya berciri-khas dengan pintu dan jendela yang besar dan kokoh. Setelah direnovasi menjadi bangunan yang menyerupai rumah adat Kalimantan Selatan, hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa hormat kepada budaya Kalimantan Selatan. Keunikan gereja ini adalah gaya bangunannya yang memakai konsep arsitektur tradisional Banjar, yang merupakan wujud adaptasi dan toleransi terhadap kebudayaan daerah setempat yaitu budaya suku Banjar yang rata-rata merupakan penganut agama Islam. Letak gereja ini juga berdampingan dengan Masjid Sabilal yang juga adalah masjid kebanggaan masyarakat Kalsel.

Di depan gereja ini juga terdapat Taman Maskot, yang mana setiap hari minggu sore ramai dikunjungi masyarakat yang ingin bersantai bersama keluarga.