Gereja GPIB Maranatha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Gereja GPIB ini dibangun pada masa pemerintaha Residen J.E eddie, pada tahun 1927. Pada masa pembangun gereja saat itu juga dibangun menara air di Bukit Mongol. Nama gereja ini telah beberapa kali diubah dari dulunya bernama Kerkeraad der Protestansche Gemeente to Pangkalpinang, kini menjadi Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Maranatha Pangkal pinang. Gereja ini terletak di Kilometer Nol Pangkal Pinanng, Bangka Belitung dan juga merupakan warisan dari negeri Belanda.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ahmad elvian mengatakan "Gereja ini sudah berdiri sejak zaman Belanda yang berhadapan dengan Alun-alun Lapangan Merdeka yang merupakan penanda titik nol pulau Belitung. Ciri bangunan gereja ini terletak pada menara jam yang menjulang 30 meter. Di dalam menara bisa kita temukan lonceng yang dibuat langsung oleh Belanda. Tetapi, Jam ini kini sudah tak berfungsi baik lagi, namun meskipun begitu corak gereja masih sangat terlihat jelas dan di bangunannya di kelilingi jendela yang kondisinya masih bagus.

Gereja ini masih difungsikan sebagai tempat beribadah, biasanya menjelang natal ruangan di dalam gereja mulai dibenahi, kursi-kursi dan meja mulai di tata kembali, ada juga pohon natal, mimbar dan musik yang sudah dipersiapkan untuk para jemaat.

Salmon AJ Bawole mengatakan bahwa "kegiatan ibadah masih dilaksanakan setiap minggunya" selain itu juga ada kegiatan kelompok jemaat yang menggelar latihan menyanyi dan kegiatan sosial.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "GEREJA GPIB MARANATHA PANGKALPINANG". kemdikbud.go.id. Cut Husna.