Gereja Baptis Denmark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gabungan Gereja Baptis Denmark
Baptistkirken i Danmark
PenggolonganProtestan
OrientasiBaptis
Kitab suciAlkitab Protestan
TeologiBaptis
Bentuk
pemerintahan
Kongregasional
Badan
pemerintahan
Kongregasional
PresidenBent Hylleberg
Sekretaris JenderalLone Moller-Hansen
Perhimpunan
WilayahKerajaan Denmark
BahasaDenmark
LiturgiBaptis
Kantor pusatLærdalsgade 7, st.tv.
2300 København S (Kopenhagen), Denmark
Didirikan1849
Umat5.183 (0,09%, 2017)[1]
Tempat ibadat53
Organisasi kemanusiaanFolkekirkens Nødhjælp
Situs web resmiSitus resmi (Denmark)
Gereja Baptis di Tølløse

Gabungan Gereja Baptis Denmark atau Gereja Baptis Denmark (bahasa Denmark: Baptistkirken i Danmark) adalah lembaga gereja dari Gereja Baptis di Denmark yang melakukan kerja sama di bidang misi pelayanan, amal, dan pendidikan. Karya pertama misi Baptis di Denmark dimulai pada tahun 1839 ketika Julius Köbner, orang Yahudi Denmark, mengunjungi Hamburg, Jerman dan bertemu dengan beberapa orang yang beraliran Baptis. Ia adalah rekan kerja dari Johann Gerhard Oncken (1800–1884), Bapak Kaum Baptis Eropa. Johann Ocken membaptis orang-orang Denmark dan mendirikan sebuah gereja Baptis di Kopenhagen pada tahun tersebut. Hingga tahun 1849, Kaum Baptis dikenakan denda, dipenjara, dan bayi-bayi mereka dibaptiskan secara paksa dalam Gereja Denmark. Kaum Baptis sangat berperan dalam memperoleh kebebasan beragama di Denmark.

Gabungan Gereja Baptis dibentuk pada tahun 1849, dan menjadi bagian dari Gabungan Gereja Baptis Jerman hingga tahun 1888. Pada tahun tersebut, lembaga gereja tersebut dibentuk kembali dengan pengaruh dari emigrasi orang-orang Baptis Denmark ke Amerika Serikat dan kembalinya orang-orang Baptis Amerika ke Denmark. Pengakuan Iman New Hampshire diadopsi sebagai pengganti Pengakuan Iman Jerman 1847. Sejumlah pendeta Denmark di Morgan Park Seminary di Chicago, Illinois. Pada tahun 1918, Gereja Baptis mendirikan seminarinya sendiri.

Secara doktrin, Kaum Baptis Denmark telah berevolusi dari tradisi Baptis Calvinistik tertutup menjadi badan ekumenis yang lebih Arminian. Komuni terbuka telah dipraktikkan sejak tahun 1930-an, dan hari ini mereka terkadang menerima anggota dari penganut tradisi baptisan anak. Kaum Baptis juga telah berubah dari keanggotaan yang sebagian besar adalah petani dan buruh menjadi keanggotaan menengah ke atas.

Gabungan Gereja Baptis Denmark adalah anggota dari Federasi Baptis Eropa, Aliansi Baptis se-Dunia, dan Dewan Gereja-gereja se-Dunia. Berdasarkan Aliansi Baptis se-Dunia, Gereja Baptis Denmark memiliki jumlah anggota sebanyak 5.183 anggota (per 2017) di 53 gereja yang tersebar di seluruh Denmark.[1] Kantor pusat berlokasi di Kopenhagen, Denmark, sedangkan seminari teologinya berlokasi di Tølløse. Kaum Baptis merupakan bagian kecil dari penganut agama Kristen di Denmark, yang sebagian besar adalah Lutheran Injili (agama negara).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Baptist World Alliance - Statistics". www.bwanet.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-18. Diakses tanggal 2019-07-19.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "bwanet.org" didefinisikan berulang dengan isi berbeda