Gerakan retrograd dan prograd

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Orbit searah: satelit (merah) mengorbit berlawanan arah dengan rotasi primernya (biru/hitam)

Gerakan retrograd dalam astronomi, pada umumnya, adalah gerakan orbit atau rotasi dari sebuah objek yang arahnya berlawanan dengan rotasi objek primernya, yaitu, objek pusat (gambar kanan). Ini juga dapat menggambarkan gerakan lain seperti presesi atau ulir sumbu maupun rotasi objek.

Prograd atau gerak langsung adalah gerak yang lebih normal dalam arah yang sama dengan putaran primer. Namun, "retrograd" dan "prograd" juga dapat merujuk ke objek selain yang utama jika dijelaskan demikian. Arah rotasi ditentukan oleh kerangka acuan inersia, seperti bintang tetap jauh.

Di Tata Surya, orbit semua planet dan sebagian besar objek lain mengelilingi Matahari, kecuali banyak komet, adalah prograd. Mereka mengorbit mengelilingi Matahari dengan arah yang sama dengan matahari berputar pada porosnya, yang berlawanan arah jarum jam jika diamati dari atas kutub utara Matahari. Kecuali Venus dan Uranus, rotasi planet di sekitar sumbunya juga berprogradasi. Sebagian besar satelit alami memiliki orbit prograd di sekitar planetnya. Prograd satelit orbit Uranus ke arah rotasi Uranus, yang mundur ke Matahari. Hampir semua satelit reguler mengalami penguncian pasang surut dan karenanya memiliki rotasi prograd. Satelit retrograd umumnya kecil dan jauh dari planetnya, kecuali Triton satelit Neptunus, yang besar dan dekat. Semua satelit retrograd diperkirakan terbentuk secara terpisah sebelum ditangkap oleh planet mereka.

Sebagian besar atelit buatan Bumi dengan inklinasi rendah telah ditempatkan di orbit prograd, karena dalam situasi ini lebih sedikit propelan yang diperlukan untuk mencapai orbit.

Pembentukan sistem langit[sunting | sunting sumber]

Saat galaksi atau sistem keplanetan terbentuk, materialnya berbentuk seperti piringan. Sebagian besar materi mengorbit dan berputar dalam satu arah. Keseragaman gerak ini disebabkan oleh runtuhnya awan gas.[1] Sifat keruntuhan dijelaskan oleh kekekalan momentum sudut. Pada tahun 2010, penemuan beberapa Jupiter panas dengan orbit mundur mempertanyakan teori tentang pembentukan sistem planet.[2] Hal ini dapat dijelaskan dengan mencatat bahwa bintang dan planetnya tidak terbentuk secara terpisah melainkan dalam gugus bintang yang mengandung awan molekul. Ketika piringan protoplanet bertabrakan dengan atau mencuri materi dari awan, hal ini dapat mengakibatkan gerakan retrograd piringan dan planet-planet yang dihasilkan.[3][4]

Parameter orbital dan rotasi[sunting | sunting sumber]

Kemiringan orbit

Kecenderungan benda langit menunjukkan apakah orbit benda tersebut prograd atau retrograd. Kecenderungan benda langit adalah geometri antara bidang orbitnya dan kerangka acuan lain seperti bidang ekuator objek utama. Di Tata Surya, inklinasi planet diukur dari bidang ekliptika, yaitu bidang orbit Bumi mengelilingi Matahari.[5] Kecenderungan satelit alami diukur dari ekuator langit planet yang diorbitnya. Sebuah objek dengan kemiringan antara 0 dan 90 derajat mengorbit atau berputar ke arah yang sama dengan putaran primer. Sebuah objek dengan kemiringan tepat 90 derajat memiliki orbit tegak lurus yang tidak prograd atau retrograd. Objek dengan kemiringan antara 90 derajat dan 180 derajat berada dalam orbit retrograd.

Kemiringan aksial

kemiringan aksial atau kemiringan sumbu benda langit menunjukkan apakah rotasi benda tersebut prograd atau retrograd. Kemiringan aksial adalah sudut antara sumbu rotasi objek dan garis tegak lurus terhadap bidang orbitnya yang melewati pusat objek. Sebuah objek dengan kemiringan sumbu hingga 90 derajat berputar ke arah yang sama dengan objek utamanya. Sebuah benda dengan kemiringan sumbu tepat 90 derajat, memiliki rotasi tegak lurus yang tidak prograd atau retrograd. Sebuah benda dengan kemiringan sumbu antara 90 derajat dan 180 derajat berputar berlawanan arah dengan arah orbitnya. Terlepas dari kemiringan atau kemiringan sumbu, kutub utara planet atau bulan mana pun di Tata Surya didefinisikan sebagai kutub yang berada di belahan langit yang sama dengan kutub utara Bumi.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Grossman, Lisa (13 August 2008). "Planet found orbiting its star backwards for first time". New Scientist. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-17. Diakses tanggal 10 October 2009. 
  2. ^ "NAM2010 at the University of Glasgow". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-16. Diakses tanggal 2022-12-02. 
  3. ^ Lisa Grossman (23 August 2011). "Stars that steal give birth to backwards planets". New Scientist. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-25. Diakses tanggal 2022-12-02. 
  4. ^ Ingo Thies, Pavel Kroupa, Simon P. Goodwin, Dimitris Stamatellos, Anthony P. Whitworth, "A natural formation scenario for misaligned and short-period eccentric extrasolar planets" Diarsipkan 2023-06-10 di Wayback Machine., 11 July 2011
  5. ^ McBride, Neil; Bland, Philip A.; Gilmour, Iain (2004). An Introduction to the Solar System. Cambridge University Press. hlm. 248. ISBN 978-0-521-54620-1. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]