Gerakan pemukiman (Israel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Gerakan pemukiman (bahasa Ibrani: תנועת התיישבות) adalah istilah yang digunakan di Israel untuk menggambarkan payung organisasi nasional untuk kibbutzim, moshavim, moshavim shitufiim, dan pemukiman masyarakat. Hal ini tidak terkait dengan istilah permukiman Israel, yang menunjukkan pemukiman di luar Garis Hijau.

Kebanyakan kibbutzim adalah anggota Gerakan Kibbutz ataupun Gerakan Kibbutz Religius, sementara kebanyakan moshavim dan pemukiman masyarakat terbagi antara Gerakan Moshavim, Mishkei Herut Beitar, Agricultural Union dan HaOved HaTzioni. Banyak agama moshavim berafiliasi dengan gerakan Hapoel HaMizrachi atau Poalei Agudat Yisrael. Moshavim yang didirikan setelah tahun 1967 di Tepi Barat, di luar Green Line, biasanya berafiliasi dengan Amana.

Di masa lalu ada beberapa organisasi lain; Gerakan Kibbutz dibentuk oleh penggabungan dari United Kibbutz Movement dan Artzi Kibbutz pada tahun 1999, sebelumnya juga dibentuk oleh penggabungan dari HaKibbutz HaMeuhad dan Ihud HaKvutzot veHaKibbutzim pada tahun 1981. Sebagian besar mantan organisasi memiliki afiliasi politik; HaKibbutz HaMeuhad merapat kepada Ahdut HaAvoda dan Ihud HaKvutzot veHaKibbutzim dengan Mapai dan Labour.

Sejauh kibbutzim, moshavim, dan moshavim shitufiim berupa koperasi pertanian berbasis keanggotaan individu, gerakan pemukiman nasional di Israel dipandang sebagai koperasi sekunder atau koperasi federasi, yang anggotanya adalah koperasi primer bertingkat lebih rendah.