Gerakan Pembebasan Gaza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Gerakan Pembebasan Gaza

Free Gaza Movement (Gerakan Pembebasan Gaza) merupakan kelompok yang terdiri dari para aktivis kemanusiaan dan relawan pendukung Palestina. Gerakan ini dibentuk sebagai upaya menembus blokade penjajah Israel di wilayah Jalur Gaza. Gerakan Pembebasan Gaza telah beberapa kali melakukan pelayaran menggunakan kapal untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Sebagai langkah awal bantuan kelompok aktivis kemanusiaan ini telah menerjunkan 70 aktivis kemanusiaan termasuk Tokoh Kristen Desmond Tutu dan seorang tokoh Yahudi Noam Chomsky.[1]

Organisasi-organisasi yang ikut serta dalam Gerakan Pembebasan Gaza terdiri dari berbagai kalangan mulai dari organisasi keagamaan Kristen, Yahudi, Islam, Gerakan Solidaritas Internasional dan organisasi kemanusiaan dunia. Selain diikuti oleh organiasi-organisasi kemanusiaan dunia Gerakan Pembebasan Gaza juga diikuti oleh tokoh-tokoh ternama dunia seperti Jeff Halper, Hedy Epstein, dan Lauren Both. Upaya mereka yaitu menembus blokade Israel dan memberikan bantuan bagi penduduk di Jalur Gaza.

Dipihak lain Israel menganggap bantuan kemanusiaan dari organisasi internasional seperti Gerakan Pembebasan Gaza ini sebagai sebuah ancaman bagi negara Israel. Israel terus berupaya menghadap segala jenis bantuan kemanusiaan yang dikirimkan.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Profile: Free Gaza Movement". BBC. 2010-06-01. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-08-17. Diakses tanggal 8 February 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]