Georgy Lvov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Georgy Yevgenyevich Lvov[1] atau Georgy Lvov (2 November [Gaya lama 21 Oktober] 1861 – 7/8 Maret 1925) adalah seorang bangsawan dan negarawan Rusia yang menjabat sebagai perdana menteri pertama republik Rusia dari 15 Maret hingga 20 Juli 1917. Ia menjabat sebagai kepala Pemerintahan Sementara Rusia.

Georgy Lvov
Georgy Lvov 1917.jpg
Georgy Lvov pada tahun 1917
Pemimpin Pertama Pemerintahan Sementara Rusia
PendahuluNikolai II
(Tsar Rusia)
PenerusAlexander Kerensky
Lahir(1861-11-02)2 November 1861
Dresden, Saxony, Konfederasi Jerman
Wafat7 Maret 1925(1925-03-07) (umur 63)
Paris, Prancis

Selama Perang Rusia-Jepang Lvov memperoleh ketenaran nasional untuk mengorganisir pekerjaan bantuan di Timur Jauh Rusia, dan pada tahun 1905 bergabung dengan Partai Demokrat Konstitusional liberal.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Georgy Lvov lahir pada 2 November 1861[2] (21 Oktober, Gaya Lama, Kalender Julian) di Dresden, Saxony, yang saat itu merupakan bagian dari Konfederasi Jerman.[3] Keluarga pangeran Lvov termasuk di antara keluarga bangsawan Rusia tertua, menelusuri akar mereka dari pangeran berdaulat dinasti Rurik di Yaroslavl.[4] Ayahnya adalah seorang liberal yang berpikiran reformasi yang menghabiskan hampir semua pendapatannya untuk pendidikan anak-anaknya; Lvov dan kelima saudaranya dikirim ke sekolah paling bergengsi di Moskow. Sepanjang masa mudanya, Georgy tinggal bersama keluarganya di rumah leluhur mereka di Popovka di provinsi Tula, kurang dari 120 mil (190 km) dari Moskow dan hanya beberapa mil jauhnya dari Yasnaya Polyana, rumah penulis Leo Tolstoy. Keluarga Lvov menganggap Tolstoy sebagai salah satu teman terdekat mereka.[5]

Menurut standar kelas bangsawan Rusia, keluarga Lvov menjalani gaya hidup hemat. Kemewahan sangat minim dan perkebunan mereka dianggap kecil hanya seluas 1.000 acre (400 ha).[5] Keluarga Lvov menghasilkan utang besar lebih dari sekitar 150.000 rubel pada akhir tahun 1870-an. Dengan penghapusan perbudakan, mereka jatuh ke dalam kategori pemilik tanah yang tidak memiliki sarana untuk hidup dengan cara yang biasa dilakukan oleh banyak bangsawan Rusia lainnya. Untuk melunasi tunggakan mereka, keluarga itu terpaksa menjual tanah milik mereka yang lain, tempat pembuatan bir di Briansk, dan flat mereka di Moskow.[5] Meskipun demikian, mereka tetap terlilit hutang dan dihadapkan pada prospek harus menjual Popovka atau mengubahnya menjadi pertanian yang menguntungkan. Keluarga Lvov memilih yang terakhir, dengan Georgy kemudian mengingat: "Gagasan menyerahkan rumah nenek moyang kita tidak terpikirkan".[6] Pertanian di Popovka telah menjadi sangat bobrok setelah puluhan tahun diabaikan sehingga membutuhkan kerja keras untuk memulihkannya. Pada saat ini ayahnya terlalu sakit untuk bekerja, meninggalkan empat kakak laki-laki dan satu-satunya saudara perempuan Georgy untuk mengambil alih pertanian sementara dia belajar hukum di Universitas Moskow. Keluarga tersebut memberhentikan semua pelayan mereka dan hidup seperti petani Lvov kemudian akan mengingat saat ini sebagai sumber emansipasinya sendiri: "Ini memisahkan kita dari lapisan atas dan membuat kita demokratis". Sebagai hasil dari kerja keras mereka, semua hutang dilunasi pada akhir tahun 1880-an dan rumah leluhur mereka diselamatkan.[6]

Pada tahun 1899, Pangeran Lvov menikah dengan seorang pelukis potret kelahiran Hongaria, Vilma Lwoff-Parlaghy di Praha; mereka segera bercerai, meskipun Vilma terus menyebut dirinya "Putri Lwoff-Parlaghy" menggunakan nama artisnya dengan izin dari Pangeran Lvov. Pangeran juga terus memberinya tunjangan tahunan permanen.

Lvov juga menikah dengan Julia Alexeievna Bobrinskaya, cicit dari Grigory Orlov dan Yekatarina yang Agung, tanpa keturunan. Mereka bertemu saat Lvov bekerja di dapur umum di provinsi Tambov selama kelaparan Rusia tahun 1891-1892.[7]

Georgy Lvov pada sekitar 1919

Setelah Revolusi Oktober ia menetap di Tyumen. Pada musim dingin 1917 ia ditangkap dan dipindahkan ke Ekaterinburg. Tiga bulan kemudian, Lvov dan dua tahanan lainnya dibebaskan di hadapan pengadilan dengan janji tertulis untuk tidak meninggalkan tempat itu. Komisaris perang lokal, Filipp Goloshchekin, bermaksud untuk mengeksekusi Lvov dan para tahanan lainnya, tetapi diperintahkan untuk tidak melakukannya oleh Isaac Steinberg, Komisaris Rakyat untuk Keadilan, seorang Revolusioner Sosialis Kiri saat mereka masih berkoalisi dengan Bolshevik. Lvov segera meninggalkan Ekaterinburg, menuju Omsk, diduduki oleh Legiun Cekoslowakia yang anti-Bolshevik. Pemerintah Siberia Sementara, dipimpin oleh Pyotr Vologodsky, dibentuk di Omsk dan menginstruksikan Lvov untuk pergi ke Amerika Serikat (karena diyakini bahwa negara ini mampu memberikan bantuan tercepat dan paling efektif untuk pasukan anti-Bolshevik) untuk bertemu dengan Presiden Woodrow Wilson dan negarawan lainnya untuk menginformasikan mereka tentang tujuan pasukan anti-Soviet dan menerima bantuan dari bekas sekutu Rusia dalam Perang Dunia Pertama. Pada bulan Oktober 1918 ia melakukan perjalanan ke Amerika Serikat tetapi terlambat pada bulan November tahun yang sama Perang Dunia Pertama berakhir dan persiapan dimulai untuk konferensi perdamaian di Paris, di mana pusat politik dunia pindah.

Setelah gagal mencapai hasil praktis apa pun di Amerika Serikat, Lvov berangkat ke Prancis, di mana pada 1918–1920 ia memimpin pertemuan politik Rusia di Paris. Dia berada di sumber sistem pertukaran tenaga kerja untuk membantu para emigran Rusia, mentransfer ke pembuangan mereka dana Zemgor, yang disimpan di Bank Nasional Amerika Serikat. Kemudian dia meninggalkan politik, hidup di Paris dalam kemiskinan, bekerja di kerajinan tangan dan menulis memoarnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rusia: Гео́ргий Евге́ньевич Львов
  2. ^ Porter, Thomas Earl (16 Januari 2015). "Prince Georgii E. Lvov: The Zemstvo, and the failure of Russian liberalism". Greensboro: North Carolina Agricultural and Technical State University. 
  3. ^ Tucker, Spencer (2014). World War I: The Definitive Encyclopedia and Document Collection. Santa Barbara: ABC-CLIO. hlm. 1003-1004. ISBN 978-1851099641. 
  4. ^ Porter, Thomas Earl (1997). "Prince Georgii Evgenevich Lvov: A Russian public servant". Greensboro. hlm. 375. 
  5. ^ a b c Figes, Orlando (2017). A People's Tragedy: the Russian Revolution. London: Bodley Head. hlm. 49. ISBN 9781847924513. 
  6. ^ a b Figes, Orlando (2017). A People's Tragedy: the Russian Revolution. London: Bodley Head. hlm. 50. ISBN 9781847924513. 
  7. ^ Figes, Orlando (2017). A People's Tragedy: the Russian Revolution. London: Bodley Head. hlm. 159. ISBN 9781847924513.